Apa Arti Hmm di WA Dalam Chat Bahasa Gaul [BURUAN CEK DISINI!]

Advertisements
Arti Hmm di WA Beserta Contoh Singkatan Hmm Dalam Chat
Arti Hmm di WA Beserta Contoh Singkatan Hmm Dalam Chat

Apa Arti Hmm di WA – Hmm yang sering diucapkan sehari-hari mempunyai banyak arti. Biasanya, Anda mungkin sering menggumamkan atau mengucapkan kata ini tanpa sadar saat menanggapi seseorang. Arti hmm di WA bisa berbeda-beda tergantung konteks percakapannya.

Advertisements

Di Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, arti kata hmm ini belum bisa ditemukan secara pasti. Karena memang ada banyak arti yang bisa ditafsirkan ketika seseorang menggunakannya. Misal, mungkin seseorang sedang bosan, atau saat merasakan kekecewaan.

Apa Arti Hmm di WA

Ada beberapa arti kata hmm yang kerap dituliskan seseorang di WA saat mereka sedang chatting dengan Anda. Kadang memang tak bisa dipahami kenapa hmm tersebut dilontarkan. Pasalnya, pesan teks membuat Anda tidak bisa melihat ekspresi dari orang bersangkutan.

Kalau Anda merasa penting memahami arti kata tersebut untuk kehidupan di dunia nyata, maka simak beberapa maksudnya di bawah ini agar tidak terjadi kesalahpahaman antara Anda dan orang sekitar.

Contoh Penggunaan Kata Hmm Dalam Chat dan Artinya

“Hmm … bisakah Anda mengulangnya sekali lagi?” Kata hmm yang berupa permintaan terkadang memiliki intonasi nada yang biasa saja. Tidak rendah, tapi juga tidak tinggi. Dengan contoh kalimat di atas, itu artinya seseorang sedang meminta Anda untuk mengulangi suatu hal yang belum bisa dipahami dengan benar.

“Hmmm … mengapa harus dibuat seperti ini?” Berikutnya adalah kata hmm dengan intonasi yang sedikit lebih panjang dan menyiratkan bahwa seseorang mengucapkannya dengan nada seolah berpikir keras. Hal ini diucapkan ketika mereka tidak paham dengan sesuatu dan biasanya membutuhkan waktu lagi untuk memahaminya dengan baik.

“Hmm … baiklah, saya akan ikut!” Kata hmm yang ini diartikan jika seseorang sedang merasa gembira atau setuju dengan suatu hal. Kerap kali pengucapannya dilakukan dengan nada yang terdengar lebih ceria.

“Hm.” Kata hmm yang satu ini diucapkan dengan nada yang lebih singkat lagi. Kadang artinya adalah ketika seseorang sedang merasa bosan, tidak mood, lelah, atau bahkan saat marah tapi tidak ingin menggunakan banyak kalimat menyakitkan agar tidak membuat orang lain tersinggung. Maka solusinya tentu dengan mengucapkan ‘Hm’ agar orang lain tahu dan peka seberapa enggannya mereka terhadap situasi tersebut.

Mungkin ada lebih banyak lagi arti kata Hmm yang bisa ditafsirkan, karena setiap orang selalu menggunakan kata tersebut untuk mendeskripsikan perasaan mereka. Banyak yang memakainya saat sedang marah, gembira, lelah, tidak mengerti tentang sesuatu hingga saat di mana berpikir keras.

Kata Hmm memang masih belum begitu jelas asal-usulnya dari mana dan semua mengalir begitu saja. Meskipun kata ini memang sudah sering dipakai dalam percakapan sehari-hari baik dengan keluarga, teman, pasangan atau orang di lingkungan sekitar kita. Nyatanya tidak ada yang tahu dari mana ia berasal.

Anatoly Liberman, sebagai seorang ahli di bidang bahasa juga bahkan tidak bisa memberikan jawaban yang tepat tentang asal-usul dan arti Hmm di WA. Bahkan beliau juga belum menemukan penjelasan mengapa justru kata ini sering digunakan dalam obrolan sehari-hari.

Intinya, saat memakai kata Hmm, ada berjuta makna tersembunyi yang ada di dalamnya. Saat melakukan percakapan melalui pesan WhatsApp pun, sepertinya akan sulit dideteksi apa maksud dari orang tersebut. Hal itu karena kita tidak bisa bertemu secara langsung dan melihat bagaimana ekspresi serta intonasinya.

Jadi, mungkin agar tidak terjadi salah paham, jika Anda berniat ingin menggunakan Hmm di WhatsApp, Anda bisa menambahkan emoji di dalamnya. Supaya lawan chatting Anda tahu bahwa arti Hmm di WA yang Anda kirimkan berarti marah, emosi, gembira atau sedih. Sehingga mereka tidak bertanya-tanya. Nah itulah tadi sedikit penjelasan Apa Arti Hmm di WA. Semoga dengan ulasan ini rasa penasaran Anda sedikit banyak bisa terjawab.