Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Siswa Format Excel [GRATIS]

Advertisements
Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Siswa SD, SMP, SMA Format Excel Gratis
Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Sekolah Siswa SD, SMP, SMA Format Excel Gratis

Ujian sekolah tahun 2021/2022 telah terlewati dan ujian sekolah tahun selanjutnya 2022/2023 2023/2024 dst akan terus dilaksanakan oleh setiap lembaga pendidikan di Indonesia. Terdapat banyak persiapan yang perlu dilakukan guru demi kelancaran acara. Salah satunya berkaitan dengan dengan kartu peserta ujian. Anda tidak perlu bingung, karena pada kesempatan ini sudah disediakan aplikasi cetak kartu peserta ujian siswa format Excel.

Dengan bantuan aplikasi Excel ini, tentu membuat Anda selaku seorang guru SD, SMP dan SMA lebih mudah dan cepat mendesain kartu peserta ujian. Tidak perlu melakukan desain dari awal, karena sudah disediakan template. Tinggal memasukkan data siswa dan Anda bisa langsung mencetaknya untuk digunakan.

Tanpa panjang lebar, berikut ulasan lengkap tentang aplikasi cetak kartu peserta ujian siswa format Excel terbaik.

Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian Siswa Format Excel

Sebagai informasi, kisi-kisi soal Ujian Sekolah dirancang oleh guru sesuai Standar Isi kompetensi dasar dengan mengacu kepada kurikulum. Agar bisa segera diselenggarakan, pihak sekolah bertanggungjawab mempersiapkan segala sesuatunya.

Salah satunya adalah kartu peserta ujian yang diperlukan untuk mempermudah pengawas mengenali setiap siswa-siswi.

Kartu peserta adalah atribut penting yang menjadi syarat utama bagi siswa-siswi agar bisa mengikuti ujian sekolah. Pihak panitia ujianlah yang bertanggung jawab menyiapkan kartu peserta sesuai jumlah siswa di sekolah.

Kartu ujian sekolah terdiri dari beberapa data penting seperti Nama Peserta Ujian, Nomor Peserta Ujian, Ruang Ujian dan juga Tempat Tanggal Lahir. Semua informasi tersebut memudahkan pengawas dalam mengawasi setiap peserta ujian.

Baca juga : Aplikasi Membuat Video Pembelajaran di HP

Aplikasi untuk mencetak kartu peserta ujian siswa format Excel diharapkan bisa mempermudah pekerjaan Panitia Ujian Sekolah. Seperti yang diketahui bersama, di sekolah jumlah siswanya mencapai ratusan orang.

Bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana jadinya jika Anda harus membuat kartu peserta ujian secara manual. Yaitu membuat desain sendiri masing-masing peserta. Pekerjaan seperti ini sudah pasti sangat lama dan ribet.

Kabar baiknya saat inia ada aplikasi pencetak kartu peserta ujian berbasis Excel yang sangat mudah dioperasikan, sederhana dan efektif. Tidak akan membuat banyak waktu Anda terbuang percuma. Guru hanya perlu menginput master data, sehingga kartu peserta otomatis siap untuk dicetak.

Ujian sekolah adalah kegiatan yang bertujuan mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Ujian dilakukan oleh setiap Satuan Pendidikan dan mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan. Nantinya, setiap siswa mendapat pengakuan atas prestasi belajar.

Adapun langkah-langkah menggunakan aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah bisa disimak dibawah ini:

  • Pertama, buka sheet Master Data di aplikasi Kartu Peserta Ujian Sekolah
  • Setelah terbuka, edit data sekolah, copy scan tanda tangan kepala sekolah, data stempel, logo sekolah dan cap tiga jari
  • Buka sheet Peserta, kemudian input data peserta ujian yang akan dicetak. Pastikan seluruh data benar, mulai dari nama peserta ujian, tempat dan tanggal lahir, nomor ujian ataupun NISN
  • Buka sheet Foto untuk mengubah foto peserta ujian. Anda perlu menyiapkan foto berwarna dengan format JPG atau PNG berukuran 3 x 4. Untuk menggantinya, klik kanan di foto dan pilih Change Picture. Kemudian cari file foto
  • Buka sheet Kartu dan sekarang siap dicetak. Cara mencetak kartu ujian sebaiknya disesuaikan nomor urut peserta di tombol yang tersedia, lalu klik cetak
  • Selesai

Apabila Anda tertarik untuk download aplikasi cetak kartu peserta ujian ini, silahkan klik disini.

Yang perlu Anda lakukan tinggal mengedit data siswa dan mengubah foto. Kemudian bisa langsung mencetaknya dengan mudah. Sangatlah menghemat waktu pekerjaan.

Itu tadi adalah sedikit pembahasan tentang aplikasi cetak kartu peserta ujian siswa format Excel baik untuk SD, SMP maupun SMA. Langkah-langkah pemakaiannya dirasa tidaklah sulit, sehingga siapapun bisa memakainya dengan mudah dan simpel. Selamat mencoba.

Baca juga : Aplikasi SKP PNS Excel Terbaru GRATIS