Aplikasi Desain Rumah Android

Aplikasi Desain Rumah Android Gratis
Aplikasi Desain Rumah Android Gratis

Mendesain rumah sendiri tentu menyenangkan. Sudahkah Anda tahu bila kini ada aplikasi arsitek Android yang bisa dipakai secara gratis?

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian banyak orang. Akan sangat menyenangkan bila hal tersebut bisa terwujud. Terlebih jika pembangunan rumah ini dengan campur tangan Anda sendiri. Sehingga rumah tersebut dibangun benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk membuat model rumah impian, Anda bisa menggunakan jasa desainer rumah. Namun sebenarnya Anda juga bisa mendesainnya sendiri menggunakan aplikasi desain rumah milik Anda.

Tidak perlu menjadi seorang arsitek yang piawai dalam menggunakan software di PC. Perkembangan zaman yang kian modern kini memihak pada Anda untuk terus melakukan inovasi baru.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi kini dapat membuat Anda membuat desain rumah sendiri hanya dengan menggunakan Android. Cara yang harus dilakukan juga sangat sederhana.

Aplikasi Desain Rumah Android Gratis

Anda dapat membangun rumah impian dengan membuat desain rumah terlebih dahulu. Nah, aplikasi desain rumah di smartphone memiliki fitur yang lengkap dengan cara yang juga mudah dimengerti.

Dengan begitu, orang yang awam dalam dunia arsitektur juga bisa menggunakan aplikasi tersebut. Bahkan bisa menghasilkan desain yang memuaskan layaknya arsiterk profesional.

Kabar baiknya lagi, aplikasi-aplikasi tersebut dapat diunduh pada Android dengan gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Simak berikut ini daftar aplikasinya.

Apps Design Rumah Planner 5D (Interior Design)

Aplikasi dengan nama Planner 5D – Interior Design ini bisa menampilkan gambar dalam bentuk 2D atau 3D. Desain rumah pun nampak lebih realistik.

Aplikasi Arsitek Android Home Planner 5D
Aplikasi Arsitek Android Home Planner 5D

Fitur katalog yang tersedia juga sudah cukup lengkap, sehingga bisa digunakan untuk mengisi properti dalam desain rumah impian Anda.

Tidak hanya fiturnya yang lengkap, aplikasi ini juga dikenal sangat mudah dan gampang digunakan bagi orang yang tidak menguasai AutoCad.

Hasil desain rumah Anda juga Akan nampak terlihat maksimal, meski hanya berbekal aplikasi sederhana.

Aplikasi Arsitek Android Home Design 3D (FREEMIUM)

Aplikasi ini bisa diunduh menggunakan Android di layanan Google Play Store. Anda bisa merancang desain rumah yang akan dibangun serta merancang ruangan di dalamnya.

Home Design 3D
Home Design 3D

Hasil rancangan desain ini akan nampak sangat canggih. Pasalnya terdapat berbagai fitur lengkap untuk membantu pekerjaan Anda. Fiturnya sebagaimana pada daftar di bawah ini.

  • Fitur editing dasar.
  • Floorplan atau rencana rancangan rumah yang bisa ditampilkan dalam bentuk 2D maupun 3D.
  • Melakukan desain interior maupun outdoor pada rumah yang Anda bangun.
  • Tersedia banyak properti furnitur dan dekorasi untuk ditambahkan dalam desain rumah.
  • Bisa mengubah ketinggian, warna, posisi maupun ukuran tembok.
  • Dapat dipergunakan secara offline.
Home Design 3D
Home Design 3D
Developer: Anuman
Price: Free+

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis. Meski begitu ada beberapa properti dan fitur berbayar untuk hasil yang lebih baik. Anda harus membelinya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

Home Design 3D Outdoor/Garden

Sama seperti aplikasi di atas, home design 3D Outdoor/Garden ini juga dibesut oleh perusahaan Anuman. Bedanya aplikasi ini berfokus pada pembuatan taman atau bagian rumah.

Home Design 3D Outdoor or Garden
Home Design 3D Outdoor or Garden

Anda bisa mendesain tata letak taman, baik bagian depan maupun belakang rumah. Agar tertata dengan apik dan nampak menyenangkan.

Terdapat banyak fitur yang menyediakan berbagai kelengkapan yang bisa digunakan untuk mengisi taman tersebut.

Home Design 3D Outdoor/Garden
Home Design 3D Outdoor/Garden
Developer: Anuman
Price: Free+

Aplikasi ini juga dapat diinstal secara gratis melalui Google Play Store. Anda pun dapat mendesain taman sesuai dengan keinginan.

Aplikasi Desain Rumah Android Gratis AutoCAD 360

Aplikasi AutoCAD 360 bukan hal baru bagi para mahasiswa atau arsitek yang telah terbiasa melayani permintaan desain rumah. Biasanya aplikasi ini hanya bisa digunakan melalui komputer, laptop atau PC.

AutoCAD 360
AutoCAD 360

Namun pihak pengembang membuat terobosan baru, yakni dengan menghadirkan AutoCAD versi Android. Dengan begitu aplikasi ini bisa diunduh pada smartphone Anda.

AutoCAD terbagi menjadi dua versi, yakni versi gratis dan versi pro. Untuk AutoCAD 360 versi pro, Anda harus membayar untuk mendapatkan beberapa fitur terbaik.

AutoCAD – DWG-Editor
AutoCAD – DWG-Editor
Developer: Autodesk Inc.
Price: Free+

Anda tidak perlu ragu menggunakan versi berbayar. Pasalnya fitur yang disediakan mampu membuat desain rumah Anda nampak canggih seperti buatan arsitek ternama.

Aplikasi Desain Rumah di HP Android Kitchen Planner 3D

Bagian dapur seringkali luput dari perencanaan. Namun Anda bisa mendesain bagian ini dengan menggunakan Kitchen Planner 3D. Tentunya lengkap dengan berbagai properti dapur.

Meine Küche: 3D Planer
Meine Küche: 3D Planer

Aplikasi Home Design MagicPlan

Bila Anda tidak sempat membuat gambar sketsa terlebih dulu, maka aplikasi MagicPlan yang paling tepat. Pasalnya aplikasi ini menyediakan pembuatan rancangan desain rumah tanpa harus menggambar lagi. Anda tinggal menambahkan fitur berupa objek atau properti yang diinginkan.

Aplikasi Desain Rumah Android Gratis MagicPlan
Aplikasi Desain Rumah Android Gratis MagicPlan

MagicPlan sangat cocok bagi pemula atau arsitek berpengalaman. Pembuatan desain rumah dapat dilakukan dalam waktu singkat dengan hasil sempurna.

magicplan
magicplan
Developer: Sensopia Inc
Price: Free+

Banyak pujian yang diberikan pada aplikasi ini. Penggunanya mengaku puas, sebab hasil desain mereka nampak maksimal meski dilakukan dalam tempo singkat.

Home Interior & Floorplan Design 3D

Aplikasi ini menggunakan penyimpanan yang cukup besar, mengingat ukurannya mencapai 400 MB. Berbagai properti yang disediakan akan cukup familiar karena semuanya merupakan produk IKEA.

Aplikasi Desain Rumah Android Terbaik – Floor Plan Creator

Aplikasi ini dibuat khusus untuk Anda yang berminat untuk mendesain rumah sendiri. Orang yang awam sekalipun dapat menggunakan aplikasi ini dalam merancang desain rumah.

Floor Plan Creator
Floor Plan Creator

Tools yang disediakan cukup lengkap. Hanya dibutuhkan waktu yang tidak lama hingga pengguna terbiasa dalam memakainya.

Fitur yang tersedia juga dapat dipakai untuk melengkapi pembuatan denah rumah agar nampak lebih menarik.

Floor Plan Creator
Floor Plan Creator
Developer: Marcin Lewandowski
Price: Free+

Ada juga fitur tambahan berbayar yang bisa digunakan bila Anda ingin menyimpan hasil desain tanpa watermark.

HomeAdvisor (Contractors for Home Improvement)

Aplikasi ini bisa juga dipergunakan untuk memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun sebuah rumah. Selain itu bisa pula digunakan untuk memesan seorang arsitek berpengalaman untuk berkonsultasi.

Angi Pro Leads
Angi Pro Leads
Developer: Angi Inc.
Price: To be announced

Houzz Interior Design Ideas

Aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi lain di atasnya. Bila aplikasi lain menawarkan kesempatan untuk mendesain rumah sendiri. Maka aplikasi ini menyediakan ide atau inspirasi.

Houzz Interior Design Ideas
Houzz Interior Design Ideas

Ada banyak desain foto dengan resolusi tinggi yang bisa disimpan. Foto berjumlah hampir 11 juta tersebut menampilkan desain rumah untuk disimpan dan dibagikan.

Tersedia juga fitur “Sketch” untuk menggambar langsung pada foto yang telah disiapkan oleh Houzz. Ada juga properti rumah yang bisa dibeli untuk melengkapi rumah Anda.

Nah, itulah beberapa apps desain rumah di Android yang dapat Anda coba gunakan. Aplikasi mana saja yang pernah Anda coba? Semua aplikasi ini bisa diunduh secara gratis. Hanya saja pastikan bahwa smartphone Android Anda memiliki RAM yang cukup besar. Selamat mendesain.