Aplikasi Kompres Video PC Tanpa Mengurangi Kualitas [Free] TERBAIK

Advertisements
Aplikasi Kompres Video PC, Komputer dan Laptop Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar dan Suara
Aplikasi Kompres Video PC, Komputer dan Laptop Tanpa Mengurangi Kualitas Gambar dan Suara

Sedang mencari aplikasi kompres video PC tanpa mengurangi kualitas video? Ada kok. Selain digunakan di PC, aplikasi tersebut juga bisa dipakai di laptop atau komputer. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, setiap video yang ukurannya besar dapat diperkecil tanpa mengurangi kualitas gambar dan suaranya, sehingga memori penyimpanan akan lebih hemat.

Advertisements

Nyatanya file video dengan kualitas gambar yang bagus (HD) atau high definition biasanya memang memiliki ukuran file yang cukup besar. Oleh karena itu diperlukan aplikasi terbaik untuk mengkompres video tersebut agar ukurannya bisa menjadi lebih kecil.

Aplikasi Kompres Video PC Tanpa Mengurangi Kualitas

Dibawah ini kami sediakan beberapa aplikasi kompres video khususnya untuk laptop, PC dan komputer. Kami juga berikan link yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi tersebut. Jadi jika Anda tertarik dengan salah satu aplikasi yang kami sebutkan, cukup klik link tersebut agar Anda langsung menuju ke aplikasi tersebut.

Aplikasi Kompres Video PC Shotcut

Aplikasi kompres video yang pertama adalah Shotcut. Meskipun aplikasi ini gratis (free), namun Shotcut memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda mengolah video. Selain dapat digunakan untuk kompres video, Shotcut juga bisa digunakan untuk editing gambar dan suara video, dilengkapi dengan banyak efek, dan mendukung banyak format file.

Cara kerja Shotcut dalam melakukan kompres video tanpa mengurangi kualitas adalah dengan menurunkan frame rate video namun tidak sembarangan. Sehingga ukuran video menjadi lebih kecil, namun kualitas gambar dan suara tetap terjaga.

BUKA APLIKASI SHOTCUT DISINI

Aplikasi Kompres Video OpenShot Video Editor

Fungsi utama dari aplikasi OpenShot Video Editor adalah untuk editing video. Namun salah satu fiturnya ialah dapat digunakan untuk kompres video di PC atau laptop. Prinsip kerja OpenShot Video Editor dalam mengurangi ukuran video ialah dengan mengurangi bit rate dan frame rate. Dengan begitu Anda dapat memperoleh video dengan ukuran lebih kecil.

Selain untuk mengkompres video, aplikasi OpenShot Video Editor juga bisa digunakan untuk mengedit video dengan fitur yang mumpuni. Misalnya bisa menambahkan layer dalam jumlah tak terbatas, memiliki banyak efek transisi, mengatur kecepatan video, dan mendukung banyak format audio, visual maupun video.

BUKA APLIKASI OPENSHOT VIDEO EDITOR DISINI

Aplikasi Kompres Video Laptop VLC Media Player

Aplikasi yang satu ini sebenarnya hadir dibanyak platforrm. Pada media PC, komputer dan laptop, VLC Media Player hadir untuk pengguna Linux, Windows, dan MacOS. Sedangkan pada media mobile, VLC Media Player hadir untuk pengguna Android dan iOS (iPhone).

Fungsi utama dari VLC Media Player sebenarnya ialah sebagai media player dengan berbagai fitur. Antara lain adaptive streaming, memutar video dengan 3D audio, menampilkan video dalam format tampilan 360 derajat, mendukung video 4K dan 8K, serta kompres video.

BUKA APLIKASI VLC MEDIA DISINI

Aplikasi Kompres Video Komputer HandBrake

Nah jika Anda mencari aplikasi khusus untuk kompres video, maka HandBrake adalah jawabannya. Jadi fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengurangi ukuran file video melalui berbagai pengaturan. Oleh karena itu tidak heran jika ukuran file video yang telah dikompres bisa menjadi lebih kecil secara signifikan.

Kabar baiknya adalah Anda bisa menggunakan aplikasi HandBrake secara gratis atau free tanpa bayar. Beberapa fitur lain dari HandBrake ialah proses transcode cepat, tampilan sederhana sehingga mudah digunakan, dapat dipakai pada sistem operasi Linux, MacOS maupun Windows. Mendukung banyak format file video termasuk MKV. Cukup lengkap kan?

BUKA APLIKASI HANDBRAKE DISINI

Vidiot

Anda pengguna aplikasi Adobe Premiere Pro? Nah aplikasi Vidiot memiliki tampilan yang mirip. Namun fitur-fiturnya jauh berbeda. Aplikasi Vidiot memiliki fitur-fitur basic yang lebih cocok digunakan untuk pemula. Aplikasi open source ini sebenarnya digunakan untuk mengedit video.

Seperti aplikasi-aplikasi lain, Vidiot dapat mengubah ukuran video menjadi lebih kecil dengan cara mengurangi bit rate dan frame rate dari sebuah video. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Buruan pasang di laptop, komputer atau PC.

BUKA APLIKASI VIDIOT DISINI

Ffmpeg

Aplikasi Ffmpeg memiliki banyak fitur editing yang dapat bermanfaat bagi Anda. Diantaranya adalah ekstrak video tanpa suara, ekstrak audio dari sebuah video, memotong video menjadi potongan klip pendek, menggabungkan potongan video, hingga mengkompres file video. Aplikasi ini dapat berjalan di sistem operasi Windows, MacOS dan Linux.

BUKA APLIKASI FFMPEG DISINI

Format Factory

Aplikasi Format Factory cukup terkenal sebagai aplikasi yang berfungsi untuk mengubah format suatu file menjadi format lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengubah format dari file image, suara, video, dll. Nah fitur lain yang tak kalah penting adalah fitur untuk mengkompres file video. Kegunaannya sangat lengkap kan?

Ada pula fitur pemotong video, fitur cross convertion type, dan batch compression. Aplikasi Format Factory juga dapat mengolah file-file dengan format terkini. Meskipun lengkap, namun aplikasi Format Factory hanya dapat digunakan untuk pengguna sistem operasi Windows 64 bit. Device Anda kompatibel? Langsung saja pakai aplikasi ini.

BUKA APLIKASI FORMAT FACTORY DISINI

QwinFF

Dibekali dengan berbagai macam fitur, membuat aplikasi ini sering digunakan untuk keperluan kompres video. Memiliki tampilan berupa jendela kecil, sehingga para pengguna akan lebih mudah dalam memindahkan video dengan drag and drop ke aplikasi ini.

QwinFF juga memiliki fitur batch conversion yang memungkinkan Anda untuk mengkonversi beberapa video secara sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Saat melakukan konversi, Anda bisa memilih untuk mengubah format filenya maupun tidak mengubahnya.

Ada pula fitur preset yang bisa Anda manfaatkan. Aplikasi ini mendukung banyak format file, diantaranya DV, AVI, FLV, MP4, maupun MOV. Hanya saja aplikasi ini tidak dapat berjalan disemua sistem operasi. Aplikasi QwinFF dapat digunakan pada sistem operasi Windows.

BUKA APLIKASI QWINFF DISINI

Avidemux

Dengan fitur yang cukup lengkap, aplikasi Avidemux layak digunakan untuk melakukan kompres file video. Anda bisa menggabungkan 2 video atau lebih untuk digabung menjadi 1, memotong bagian tertentu pada sebuah video, mengganti track audio, melakukan split video, hingga mengatur detail saat melakukan encode video.

BUKA APLIKASI AVIDEMUX DISINI

FFmpegYAG

Dengan tampilan yang sederhana, membuat aplikasi FFmpegYAG sangat mudah untuk dioperasikan. Aplikasi ini memiliki fitur task dimana Anda dapat melihat video-video yang hendak diolah. Sebelum mengedit atau melakukan kompres, Anda bisa melihat preview video terlebih dahulu. Ada pula fitur crop dan trim yang dapat dipakai untuk berbagai keperluan.

Aplikasi FFmpegYAG dapat digunakan untuk mengedit video dengan format MPEG, MP4, MOV maupun OGG. Agar ukuran video dapat dikompres menjadi lebih kecil, Anda dapat menurunkan angka bit rate pada pengaturan. Ingin mencoba aplikasi ini?

BUKA APLIKASI FFMPEGYAG DISINI

Nah itulah tadi rekomendasi aplikasi kompres video di PC yang bisa Anda jadikan referensi. Sebelum menggunakan aplikasi tersebut, tidak ada salahnya jika Anda mengecek terlebih dahulu spesifikasi PC, laptop atau komputer Anda untuk memastikan agar aplikasi tersebut kompatibel dan dapat berjalan lancar pada device Anda. Selamat mencoba!