Aplikasi Matematika Android Terbaik

Advertisements
Aplikasi Matematika Android Terbaik SD SMP SMA dan Perguruan Tinggi Kuliah
Aplikasi Matematika Android Terbaik SD SMP SMA dan Perguruan Tinggi Kuliah

Aplikasi Matematika Android Terbaik – Tidak semua pelajar mampu menguasai mata pelajaran matematika ataupun menghafal seluruh rumusnya. Perhitungan yang rumit dan penyelesaian yang tidak mudah, seringkali membuat para pelajar menyerah mempelajari ilmu ini.

Advertisements

Untunglah perkembangan teknologi juga berimbas pada ilmu dasar ini. Sehingga dikembangkanlah aplikasi matematika Android yang bisa membantu.

Jika Anda memiliki kesulitan dalam hal pelajaran matematika, tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi matematika Android. Sebagai sarana belajar, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengetahui hasil akhir dari suatu soal matematika.

Aplikasi Matematika Android di Playstore

Kami telah menghimpun beberapa aplikasi matematika Android terbaik yang bisa Anda unduh melalui Google Play Store. Adapun beberapa aplikasi tersebut, antara lain:

Math Tricks

Math Trick dikembangkan oleh Antoni Ion dan diluncurkan pertama kali pada 22 Januari 2014. Aplikasi ini termasuk memiliki fitur yang lengkap seperti melakukan pengurangan, penambahan, pembagian, perkalian biasa, bilangan kuadran, persentase dan masih banyak lagi.

Hal menarik dari aplikasi ini, Anda juga disajikan penjelasan dengan begitu detail mengenai penyelesaian soal. Sehingga, Anda bisa belajar untuk menggunakan rumus yang ada untuk kasus berbeda.

Aplikasi ini memiliki besaran file 5,82 MB, sehingga tidak akan mengganggu kapasitas penyimpanan ponsel Android Anda.

Math Helper Lite – Algebra

Jika Anda menginginkan aplikasi matematika Android yang mampu melakukan penyelesaian dengan tingkat lebih lanjut, Math Helper Lite – Algebra adalah jawabannya. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk menyelesaikan soal kalkulus, geometri, vektor dan masih banyak lainnya.

Dikembangkan oleh Mediant, aplikasi ini cocok bagi pelajar dan mahasiswa. Selain itu, terdapat fitur yang bisa membuat Anda mengetahui penjelasan dari penyelesaian sebuah soal. Hanya saja, aplikasi ini tidak didukung bahasa Indonesia. Sehingga dibutuhkan keterampilan berbahasa Inggris untuk lebih mengerti.

Math Games, Mathematics

Sesuai namanya, aplikasi ini menawarkan pembelajaran matematika dengan cara yang lebih menyenangkan. Tampilan layar aplikasi ini juga dibuat lebih berwarna, sehingga tidak membosankan untuk dilihat.

Anda juga akan dilatih untuk menyelesaikan banyak soal dengan berpikir cepat dan mengasah otak. Selain cara konvensional, aplikasi ini juga memberikan tips dan trik untuk melakukan perhitungan cepat dengan cara unik.

Untuk setiap pengerjaan soal di aplikasi ini, terdapat grafik yang menampilkan hasil pembelajaran Anda selama menggunakan aplikasi ini.

MalMath: Step by Step Solver

Jika Anda memiliki soal matematika yang tidak bisa diselesaikan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan MalMath: Step by Step Solver ini.

Tampilan aplikasi ini menyerupai kalkulator dan terlihat begitu sederhana. Meskipun begitu, ternyata aplikasi ini mampu menyelesaikan soal matematika rumit dan tingkat lanjut.

Dalam menyelesaikan sebuah soal, Anda tidak hanya disajikan dengan satu cara penyelesaian saja. Terdapat pilihan penyelesaian yang bisa digunakan, baik cara cepat dan konvensional. Langkah-langkah penyelesaian pun dijelaskan dengan detail di sini.

Photomath – Camera Calculator

Ada lagi aplikasi yang lebih canggih untuk menyelesaikan soal matematika Anda. Yaitu dengan hanya memotretkan soal matematika saja, maka aplikasi ini akan menampilkan jawaban yang dibutuhkan.

Aplikasi ini juga dilengkapi penjelasan mengenai langkah-langkah pengerjaan soal dengan lebih detail. Sehingga sangat mudah untuk dipahami.

Banyak pelajar dan mahasiswa telah menggunakan aplikasi ini, karena fiturnya yang sederhana dan begitu mudah menggunakannya.

Math + Graphing Calculator

Menyesuaikan namanya, aplikasi ini merupakan sebuah kalkulator grafik yang sangat membantu dalam pengerjaan matriks, geometri, aljabar dan lain-lain. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat menarik, dengan keyboard virtual yang memiliki warna berbeda untuk tutsnya.

Sayangnya, untuk penggunaan fitur offline dan lebih rumit lagi, Anda harus melakukan upgrade ke versi pro. Jika ingin menikmati versi gratisan, harus dilakukan dalam keadaan online.

Mathway – Math Problem Solver

Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan banyak penghitungan, bukan hanya rumus matematika saja. Namun, juga bisa untuk perhitungan rumus kimia dan fisika juga.

Penggunaan aplikasi ini untuk menulis soal, bisa menggunakan virtual keyboard dan dengan cara memotret soal. Jawaban akan terpampang pada bagian bawah layar, disertai dengan langkah penyelesaian.

Mathematics

Tampilan aplikasi ini terlihat tidak jauh berbeda dengan kalkulator biasa. Hanya saja, aplikasi ini memang mampu menyelesaikan soal yang lebih rumit.

Untuk penggunaannya sendiri, Anda tinggal memasukan soal yang ada di kolom yang disediakan. Nanti aplikasi ini akan memberikan jawaban beserta langkah-langkahnya.

Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia dalam versi bahasa Indonesia. Mathematics baru mendukung bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Spanyol, Italia dan Portugis saja.

All Math Formula

Aplikasi ini hampir menunjang seluruh penggunaan rumus matematika dari dasar hingga tingkat lebih lanjut. Sangat cocok digunakan untuk Anda yang mempelajari matematika lebih lanjut. Dapat membantu pula bagi Anda yang mudah lupa akan sebuah rumus.

Hal menarik dari aplikasi ini ialah untuk rumus trigonometri atau yang berhubungan dengan perhitungan bangunan, hasilnya bisa diproyeksikan. Baik dengan menggunakan tampilan 2D ataupun 3D. Menarik sekali kan?

Demikian beberapa aplikasi matematika Android yang dapat menunjang proses belajar Anda. Meski memberikan kemudahan dalam menjawab soal, pastikan Anda menggunakannya dengan bijak. Jangan sampai aplikasi-aplikasi di atas justru membuat Anda malas belajar. Itu semua hanya alat bantu untuk memudahkan Anda. Semoga bermanfaat.