Aplikasi Saham Syariah Terbaik di Indonesia [Terdaftar di OJK]

Aplikasi Saham Syariah Terbaik
Aplikasi Saham Syariah Terbaik

Aplikasi Saham Syariah Terbaik – Jika biasanya investasi saham harus dilakukan secara offline dan menggunakan jasa pialang, kini tidak lagi. Aplikasi saham syariah telah berkembang dan menjadi salah satu cari aman berinvestasi.

Aplikasi saham ini akan mempermudah Anda mengolah dana investasi. Dengan menanamkan dana khusus pada instrument saham syariah.

Dengan demikian, Anda akan berinvestasi dengan nyaman dan lebih tenang. Serta sesuai dengan tuntunan syariat.

Memilih Aplikasi Saham Syariah Terbaik

Kini paling tidak ada tujuh belas aplikasi saham syariah yang telah diakui secara resmi oleh OJK. Namun sebelum memilih salah satunya, sebaiknya Anda cermati dahulu beberapa hal berikut.

Cek Perizinan Dan Keabsahannya

Untuk aplikasi yang dapat diunduh di ponsel dan laptop (komputer), paling tidak memiliki dua perizinan. Yaitu izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan. Serta izin dari Menkominfo.

Anda dapat mengecek legalitas aplikasi tersebut serta perusahaan penyedianya di situs resmi OJK dan Kominfo.

Lihat Ulasannya Di Playstore Atau Appstore

Ulasan para pengguna di Playstore dan Appstore dapat memberi gambaran tentang aplikasi tersebut. Anda akan melihat sejauh mana kinerja aplikasi. Serta kepuasan para user-nya.

Anda juga bisa mencari ulasan yang lengkap dan independen di media. Sehingga ada banyak sudut pandang yang dapat Anda pertimbangkan.

Cermati Syarat Dan Ketentuan Penggunaannya

Hal ini sangat penting sebelum Anda memutuskan bergabung. Persyaratan yang jelas dan tidak rumit akan mempermudah Anda. Jika perlu, hubungi pusat penyedia informasi untuk bertanya lebih lanjut.

7 Rekomendasi Aplikasi Saham Syariah Terbaik

Di bawah ini adalah 7 aplikasi saham syariah yang memiliki pengguna paling banyak serta ulasan yang cukup baik di Playstore, sehingga dapat direkomendasikan sebagai aplikasi yang pantas Anda gunakan.

IPOT

IPOT merupakan salah satu aplikasi saham yang paling terkenal di Indonesia. Dikembangkan oleh PT. Indo Premiere, saat ini IPOT telah dinduh lebih dari 1 juta kali di Playstore.

Di dalam aplikasi ini Anda dapat memilih, akan bertransaksi secara umum atau syariah.

Jika Anda mendaftar untuk bertransaksi syariah, Anda akan mendapatkan rekening syariah dan sekaligus memiliki rekening umum.

Namun jika Anda mendaftar untuk rekening umum, Anda tidak langsung memiliki rekening syariah.

MNC Motion Trade Syariah

Tidak hanya bergerak di bidang media, MNC Group juga mengembangkan sayap ke ranah investasi dan keuangan. MNC Motion Trade Syariah adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT. MNC Sekuritas.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan versi konvensionalnya yaitu MNC Motion Trade. Jadi saat melakukan pendaftaran, Anda dapat memilih akan bertransaksi konvensional atau syariah.

MNC Motion Trade Syariah mendukung teknologi perintah melalui suara. Anda juga bisa membuka rekening online tanpa dokumen fisik.

MNC Motion Trade sebelumnya bernama MNC Trade New. Aplikasi ini mendapatkan rating 3,5 di Google Playstore. Walau ratingnya tidak terlalu tinggi, namun aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu kali.

Selain itu, nama besar MNC Group di belakangnya bisa menjadi pertimbangan bagi Anda.

Aplikasi Saham Syariah Terbaik POEMS

POEMS adalah singkatan dari Phillip Online Electronic Mart System. Aplikasi trading ini dikembangkan oleh PT Philip Sekuritas sejak tahun 2012.

Seperti halnya MNC Motion Trade, di dalamnya terintegrasi transaksi konvensional dan syariah. Namun Anda bisa memilih untuk bertransaksi syariah saja.

POEMS juga menawarkan investasi dengan dana ringan, mulai Rp50 ribu saja. Cocok untuk Anda yang masih pemula atau tidak berpengahasilan tinggi.

Mendapatkan nilai 4,2 di Playstore, POEMS telah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna. Namun versi terbarunya yang diluncurkan September 2021 ini masih mendapat banyak ulasan negatif.

Aplikasi Saham Syariah CIMB

Sebagai salah satu bank besar di tanah air, CIMB Niaga juga ikut dalam persaingan dunia investasi. Aplikasi saham syariah CIMB masih dipandang ribet dari sisi pendaftaran akun. Namun akurasi laporannya sangat tepat.

Saat ini nilainya di Playstore masih di angka 3 dan telah diunduh 10.000 kali.

Aplikasi Saham Syariah Terbaik E-smart Syariah

Bukan hanya perusahaan sekuritas biasa, salah satu bank terbesar di Indonesia juga ikut dalam kancah sekuritas online.

Adalah Bank BNI melalui PT. BNI Sekuritas yang meluncurkan E-smart Syariah pada tahun 2012. Selain dapat berjual beli saham syariah, Anda juga bisa bertransaksi untuk saham umum.

Aplikasi ini dapat diakses melalui ponsel dan laptop. Jika tidak memiliki aplikasinya, Anda juga bisa mengakses E-smart Syariah melalui peramban di komputer.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini adalah tidak ada biaya bulanan serta keterlambatan penyelesaian. Pengunduhnya sendiri telah mencapai 100.000 user.

Namun di Playstore, E-Smart hanya mendapat rating 3.

HOTS Syariah

PT Mirae Aset Sekuritas adalah salah satu pemain lama di dunia saham dan sekuritas. Pada tahun 2016 perusahaan ini merilis aplikasi HOTS.

Di dalamnya juga terdapat fitur untuk pembuatan akun untuk bertransaksi secara syariah. Untuk penggunaan di ponsel, Anda harus mengunduh versi Neo HOTS Mobile.

Saat ini HOTS baru bisa menerima dana dari empat rekening dana nasabah (RDN) yaitu Bank Mandiri, Bank CIMB Niaga, Bank BCA dan Bank Permata.

D’one Syariah

D’one Syariah (dibaca Diwan Syariah) dibesut oleh PT Danareksa Sekuritas. Perusahaan yang diakuisis BRI pada tahun 2019 ini telah berubah nama menjadi PT. BRI Danareksa Sekuritas.

Uniknya, walau baru beroperasi selama dua tahun, D’one Syariah telah menarik perhatian publik sehingga telah diunduh 50.000 pengguna di Playstore.

Demikian tujuh rekomendasi aplikasi saham syariah keseluruhannya adalah aplikasi resmi dan berada di bawah pengawasan Semua Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Semoga bermanfaat.