Aplikasi Test Hardware Android

Aplikasi Test Hardware Android Terbaik dan Gratis
Aplikasi Test Hardware Android Terbaik dan Gratis

Kita semua pasti sudah paham, bahwa dalam smartphone terdapat hardware atau perangkat keras yang tertanam. Fungsi perangkat keras ini tentu saja sebagai penggerak dari ponsel itu sendiri. Untuk mengetahui jenis dari perangkat keras yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi test perangkat keras Android.

Aplikasi Android terbaik untuk mengecek hardware memungkin Anda mengetahui setiap jenis perangkat yang terdapat dalam ponsel Anda. Penggunaan aplikasi ini membuat Anda tak perlu repot-repot membongkar smartphone hanya untuk mengetahui hardware yang dimiliki.

Aplikasi Test Hardware Android

Melakukan pengecekan hardware HP dimaksudkan untuk mengetahui perangkat apa saja yang tertanam di dalamnya. Bisa juga untuk menyamakan dengan deskripsi yang ditawarkan oleh ponsel tersebut dengan isi yang tertanam di sana.

Biasanya mereka yang ingin melakukan pengecekan hardware ingin mendapat informasi mengenai processor, RAM, memory, sensor dan masih banyak lagi.

Pengencekan ini juga biasanya dilakukan untuk mengetahui performa dari perangkat yang ada. Apakah masih bisa berjalan dengan baik atau sebaliknya. Adapun beberapa aplikasi untuk mengecek hardware HP Android yang bisa Anda gunakan, antara lain:

Cek Hardware Android Pakai Phone Tester

Phone Teaser merupakan sebuah aplikasi yang mampu melakukan pengecekan komponen yang menyusun sebuah smartphone. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk melakukan pengecekan telephone, GPS, kamera, baterai, test wifi, sensor dan informasi sistem.

Phone Tester Aplikasi Gratis Untuk Mengecek Perangkat Keras Ponsel
Phone Tester Aplikasi Gratis Untuk Mengecek Perangkat Keras Ponsel

Aplikasi ini bisa dengan mudah Anda temukan di Playstore dan pengunduhannya gratis.

AnTuTu Tester Aplikasi Test Hardware Android

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi AnTuTu. Sebelum merambah aplikasi Android, AnTuTu sudah terkenal terlebih dahulu sebagai aplikasi untuk melakukan pengecekan sistem PC atau laptop.

Kian berkembangnya aplikasi smartphone, developer AnTuTu pun membuat sebuah aplikasi yang mampu melakukan pengecekan hardware Android.

AnTuTu Untuk Tes Kualitas Hardware Smartphone Android Anda
AnTuTu Untuk Tes Kualitas Hardware Smartphone Android Anda

Seperti halnya PC atau laptop, aplikasi AnTuTu Tester ini juga mampu menguji kemampuan sebuah smartphone. Anda akan dihadapkan pada hasil smartphone berupa nilai skor atas kemampuan ponsel Anda.

Sistem yang mampu diuji aplikasi ini seperti RAM, CPU, UX dan masih banyak lagi.

Aplikasi Untuk Mengetahui Hardware Android Terbaik CPU-Z

Bagi pengguna komputer, CPU-Z sudah cukup dikenal untuk melakukan pengujian kemampuan hardware. Kini pengembang dari CPU-Z juga melakukan terobosan dengan membuat sebuah aplikasi untuk mendeteksi kemampuan ponsel Android.

Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan pada 13 Juni 2012 dan selalu mengalami pembaharuan untuk mengembangkan fiturnya.

Download CPU Z Untuk Test Hardware HP Android
Download CPU Z Untuk Test Hardware HP Android

Ada banyak pengujian yang bisa Anda lakukan dengan aplikasi ini. Contohnya melakukan pengetesan SoC, Informasi sistem, baterai, sensor dan masih banyak lagi.

Sudah lebih dari 50 juta pengguna mengunduh aplikasi ini. Namun perlu diketahui, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk versi Android 2.2 ke atas.

CPU-Z
CPU-Z
Developer: CPUID
Price: Free+

Device Info: View Device Information

Meski baru dirilis pada tahun 2018, aplikasi ini sudah dipercaya oleh pengguna smartphone Android sebagai aplikasi untuk mengetest perangkat keras Android paling akurat. Aplikasi yang dikembangkan oleh Yasiru Nayanajith ini telah diunduh lebih dari satu juta orang.

Menurut salah satu penggunanya, aplikasi ini bahkan mampu membongkar manipulasi hardware yang sering dilakukan developer HP nakal.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengetesan smartphone untuk mengetahui CPU, RAM, OS, sensor, storage, baterai, SIM, aplikasi, dan lain-lain.

Phone Doctor Plus

Aplikasi yang dikembangkan oleh iDea Mobile Tech Inc ini, menghadirkan 30 macam tes untuk hardware smartphone Anda. Anda tidak hanya disuguhkan kualitas performa handphone Anda, tetapi juga kuantitas yang dimiliki.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2015, aplikasi ini telah diunduh oleh 1 juta lebih orang di seluruh dunia.

Phone Doctor Plus
Phone Doctor Plus
Price: Free

Demikian penjelasan mengenai beberapa aplikasi untuk mengetahui hardware HP Android yang bisa Anda gunakan. Sekarang, Anda tidak perlu pusing lagi untuk mengetahui hardware smartphone Anda, karena aplikasi-aplikasi di atas akan membantu mempermudah pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat.