Aplikasi Translate Android Terbaik

Aplikasi Translate Android Terbaik
Aplikasi Translate Android Terbaik

Kita pasti sudah paham, bahwa kemajuan teknologi sudah banyak membantu segi kehidupan manusia. Salah satunya adalah hal menerjemahkan bahasa asing. Jika dulu kita harus membuka kamus terlebih dahulu untuk mengetahui arti dari sebuah kalimat asing, maka sekarang sudah cukup dengan memiliki aplikasi translate Android.

Fitur-fitur di dalam aplikasi translate ini juga kian tahun semakin canggih. Bukan lagi sekedar seperti kamus, tetapi sudah mampu menerjemahkan banyak kalimat dan bahkan menterjemahkan melalui suara.

Fitur menarik lain yang juga ada di dalam aplikasi translate adalah cukup memfoto sebuah kalimat, maka aplikasi ini akan mampu menerjemahkannya. Jadi, tinggalkan menerjemahkan satu per satu kata bahasa asing layaknya kamus, karena saat ini banyak cara mudah untuk melakukan translate.

Aplikasi Translate Android Terbaik

Kali ini kami akan membagikan informasi mengenai daftar aplikasi translate di HP Android yang bisa diunduh di Google Play Store. Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa yang Anda inginkan.

Google Translate

Siapa yang tidak mengetahui aplikasi besutan Google LLC ini. Bukan hanya pengguna Android, mereka yang sering berselancar di internet pun tentu sangat hafal dengan aplikasi ini. Karena kemampuannya untuk menerjemahkan bahasa asing secara dua arah.

Google Translate Aplikasi Translator Terbaik
Google Translate Aplikasi Translator Terbaik

Akan tetapi, kini aplikasi ini juga semakin mengembangkan fitur-fiturnya. Kalau dulu kita perlu mengetikan setiap kalimat saat ingin menerjemahkan, saat ini tidak lagi. Karena terdapat fitur penerjemah kamera. Fitur ini membuat Anda cukup mengarahkan kamera ke gambar yang bertulis bahasa asing, dan terjemahan dari kalimat tersebut akan keluar.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara offline sehingga hemat kuota.

Untuk dukungan terjemahan bahasa asing, ada beberapa kriteria terjemahan yang bisa didapat:

  • Terjemahan teks dengan mengetik: didukung 108 bahasa.
  • Menerjemahkan secara offline: didukung 59 bahasa.
  • Kamera instan: didukung 94 bahasa.
  • Mengimport gambar dengan bahasa asing: didukung 90 bahasa.
  • Menerjemahkan percakapan dua orang: didukung 70 bahasa.
  • Transkripsi: didukung 8 bahasa.

Microsoft Translator

Pada tahun 2015, Microsoft Corporation meluncur sebuah aplikasi Android penerjemah yang diterima cukup baik oleh penggunanya. Aplikasi ini telah didukung oleh 70 lebih bahasa dari seluruh dunia.

Fitur-fitur yang ada di dalamnya pun tak kalah canggih dari Google Translate. Karena selain menerjemahkan teks, aplikasi ini juga dibekali dengan fitur untuk menerjemahkan suara, percakapan, teks dalam foto dan teks tangkapan layar (screenshot).

Microsoft Translator Aplikasi Translate Suara dan Percakapan
Microsoft Translator Aplikasi Translate Suara dan Percakapan

Pada saat bepergian dan smartphone Anda tidak memiliki data untuk mengakses internet, aplikasi ini tetap bisa dijalankan secara offline.

Hal menarik dari aplikasi yang jarang ditemukan di aplikasi lain adalah kemampuan menerjemahkan percakapan lebih dari 100 orang. Sehingga, Anda yang sedang berada di dalam pertemuan yang mengharuskan berbicara dengan bahasa asing, tak perlu ragu menggunakannya.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan frasa dan alternatif kata, serta terjemahan yang cukup akurat.

Easy Language Translator

Aplikasi ini memiliki tampilan sederhana, tetapi memiliki banyak fitur keren di dalamnya. Terdapat fitur menerjemahkan bahasa melalui suara. Serta dilengkapi cara menggunakan kata pada sebuah kalimat.

Aplikasi Translator HP Android Dengan Ukurang Yang Kecil
Aplikasi Translator HP Android Dengan Ukurang Yang Kecil

Aplikasi ini dikembangkan oleh Easy Language Translator dan diluncurkan pada tahun 2019. Memiliki ukuran file kecil yaitu 6,12 MB, sehingga cocok bagi smartphone bermemori kecil.

Voice Translator

Sesuai dengan nama aplikasinya, aplikasi ini menerjemahkan bahasa melalui suara. Telah digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna dan diluncurkan pertama kali pada tahun 2017. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat mudah untuk digunakan dan didukung oleh banyak bahasa.

Download Aplikasi Voice Translator di Google Play Store
Download Aplikasi Voice Translator di Google Play Store

Saat menggunakannya, Anda cukup mengucapkan bahasa dari mana Anda berasal. Lalu, Anda akan diminta untuk memilih ke bahasa mana akan diterjemahkan. Jika ingin mengartikan sebuah bahasa, cukup tekan tombol Play dan ucapkan kalimatnya.

Aplikasi ini juga dibekali dengan fitur multi-language yang sangat akurat dan menyediakan conversation mode.

iTranslate

Ada lebih dari 50 juta pengguna yang telah mengunduh aplikasi ini. Karena itu, aplikasi ini berjejer di deretan aplikasi translator terbaik. Didukung lebih dari 100 bahasa, aplikasi ini bisa dijalankan dalam mode offline.

Aplikasi Translator Offline Untuk Berbagai Bahasa
Aplikasi Translator Offline Untuk Berbagai Bahasa

Fitur canggih di dalamnya benar-benar menarik, seperti:

  • Bisa memilih penerjemah suara, baik perempuan atau pria.
  • Penerjemah suara menggunakan dialek bahasa setempat.
  • Kamus yang dilengkapi dengan sinonim.
  • Terjemahan menggunakan tangkapan kamera.
  • Menerjemahkan percakapan suara.
  • Dilengkapi konjungsi verba dalam kata yang berbeda.

PONS Online Translator

Aplikasi ini mungkin tidak begitu populer jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya dalam hal menerjemahkan. Padahal, aplikasi ini sangat akurat dalam hal menerjemahkan kalimat asing.

Aplikasi Translator Dengan Vocabulary dan Daily Vocab
Aplikasi Translator Dengan Vocabulary dan Daily Vocab

Dilengkapi dengan fitur sederhana dan mudah digunakan, serta didukung oleh 36 bahasa. Disediakan juga fitur frase, vocabulary dengan audio pronoun dan percakapan sehari-hari.

Kamusku Inggris Indonesia

Ingin menggunakan aplikasi terjemahan hasil karya anak bangsa? Gunakan Kamusku Inggris Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan sejak tahun 2021 dan telah digunakan lebih dari 10 juta pengguna.

Aplikasi ini begitu diminati karena mampu bekerja secara offline. Memiliki file memori yang rendah, yakni hanya sebesar 14,87 MB. Selain itu penggunaannya juga begitu sederhana atau mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekalipun.

Ada Banyak Translator Android Dengan HP dan Kamera
Ada Banyak Translator Android Dengan HP dan Kamera

Jika ada kata atau kalimat yang tidak bisa terbaca, fitur aplikasi ini juga terhubung dengan Bing Translator. Oleh karena itu terjemahannya akan tetap bisa terbaca. Hanya saja, untuk melakukan ini Anda perlu menerjemahkannya secara online.

Keterbatasan bahasa kini tidak lagi bisa menjadi penghalang bagi Anda untuk mempelajari bahasa asing ataupun bepergian ke negara lain. Dengan menggunakan aplikasi di atas, akan sangat mudah menerjemahkan bahasa asing dengan bantuan aplikasi translate.

Demikian pembahasan mengenai aplikasi translate Android terbaik yang bisa Anda unduh secara gratis di Play Store. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya!