Arti Centang WhatsApp [Paling LENGKAP]

Arti Centang WhatsApp Yang Perlu Anda Ketahui

Arti Centang WhatsApp Yang Perlu Anda Ketahui

Walaupun sudah diunduh oleh miliaran orang, ternyata tidak semua pengguna WA mengetahui arti centang WhatsApp. Makanya perlu pemahaman lebih lengkap, soal semua fitur centang di aplikasi komunikasi terpopuler itu.

Sejak diluncurkan tahun 2010 silam, Whatsapp terus melakukan perbaikan dengan menyempurnakan berbagai fiturnya. Salah satu yang paling intens diperbaharui adalah tanda centang yang berhubungan langsung dengan chatting Anda dan seseorang.

Penasaran apa saja arti dari tanda centang yang ada pada aplikasi berlogo telepon dengan background hijau tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Arti Tanda Centang Whatsapp

Ada tiga tanda centang plus satu tanda yang juga berhubungan dengan status chat yang Anda kirim kepada seseorang. Mari kita cek satu persatu!

Arti Tanda Centang WhatsApp : Tanda Centang Satu

Tanda Centang Satu Di WhatsApp

Tanda Centang Satu Di WhatsApp

Artinya adalah pesan yang Anda kirim melalui WhatsApp sudah dikirim oleh server, tapi belum diterima oleh nomor yang dituju. Banyak hal yang menyebabkan pesan belum diterima, diantaranya adalah :

Jaringan Internet Bermasalah

Bisa jadi arti WhatsApp centang 1 ini adalah jaringan internet penerima pesan tidak stabil karena dia sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat. Atau diakibatkan kuota internetnya yang sedang habis.

Selain itu jaringan bermasalah juga bisa disebabkan nomor telepon tersebut tidak bisa menjangkau jaringan yang tersedia saat ini misalnya nomor penerima masih menggunakan jaringan 3G, sedangkan jaringan internet yang tersedia adalah 4G.

Alhasil, pesan Anda baru akan diterima ketika si penerima sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Bisa dalam hari yang sama atau beberapa hari setelah pesan dikirim.

Ponsel Tidak Aktif

Ponsel si penerima sedang tidak aktif, otomatis jaringan internetnya tidak ada sehingga pesan belum bisa diterima oleh nomor tersebut. Penyebabnya bisa saja baterai yang habis atau ponsel yang sengaja dimatikan.

Kalau ini yang terjadi, tentu Anda perlu cara lain untuk mengirim pesan. Atau hubungi saja nomor tersebut melalui jalur telepon biasa sehingga bisa dipastikan apakah benar ponselnya sedang tidak aktif.

Nomor Anda di Blokir

Ketika nomor Anda diblokir, otomatis pesan WhatsApp yang dikirim tidak akan pernah diterima oleh orang tersebut. Sebab, semua akses komunikasi via WhatsApp dari Anda untuk dia sudah tidak tersedia.

Versi Whatsapp Tidak Sinkron

Versi WhatsApp yang berbeda, kadang menyebabkan tidak sinkronnya jalur komunikasi termasuk chat. Inilah yang membuat tanda centang satu pada pesan yang Anda kirim.

Jadi ada baiknya memastikan WhatsApp yang Anda pakai sekarang adalah, versi terbaru yang lebih lengkap dan bisa sinkron dengan semua versi WhatsApp lainnya.

Arti Tanda Centang WhatsApp : Centang Dua Warna Abu-abu

Arti Tanda Centang Dua Warna Abu Abu Di WhatsApp

Arti Tanda Centang Dua Warna Abu Abu Di WhatsApp

Arti centang WhatsApp yang satu ini merupakan tanda bahwa pesan yang Anda kirim sudah diterima, namun belum dibuka atau dibaca oleh si penerima. Beberapa alasan tanda ini muncul adalah :

  • Penerima malas membaca chat dari Anda, sehingga tidak kunjung membuka pesan tersebut.
  • Tidak ada jaringan internet setelah pesan tersebut masuk, sehingga Anda tidak mengetahui update status pesan setelah centang dua abu-abu. Jadi, sekarang coba cek apakah jaringan internet Anda baik-baik saja atau memang sedang bermasalah.
  • Bisa jadi si penerima mematikan fitur readable pada pesan WhatsApp. Oleh karena itu, walaupun pesan sudah dibaca tapi akan terlihat selalu dua centang abu-abu.

Arti Tanda Centang WhatsApp : Centang Dua Warna Biru

Arti Tanda Centang Dua Warna Biru Di WhatsApp

Arti Tanda Centang Dua Warna Biru Di WhatsApp

Arti Centang WhatsApp yang berikutnya yaitu tanda centang dua warna biru. Artinya adalah tanda bahwa pesan WhatsApp yang Anda kirim sudah masuk dan dibaca oleh penerima. Namun tanda ini tidak berlaku dalam grup WhatsApp dan hanya berlaku pada chat personal.

Tanda Jam Pasir

Arti Notifikasi Tanda Jam Pasir

Arti Notifikasi Tanda Jam Pasir

Tanda yang satu ini menjelaskan bahwa pesan yang Anda kirim masih dalam proses menuju server dan belum terkirim ke nomor penerima. Penyebab utamanya adalah jaringan internet Anda sedang tidak bagus atau kuota internet Anda yang sudah habis.

Cara Melihat Kapan Pesan WhatsApp Anda Dibaca

Terkadang menunggu pesan WhatsApp dibaca itu menyebalkan, tapi sebenarnya bisa mengecek sendiri apakah pesan yang sudah Anda kirim sudah di buka oleh penerima. Caranya adalah :

Cara Melihat Kapan Pesan WA Dibaca

Cara Melihat Kapan Pesan WA Dibaca

  • Buka halaman chat orang yang dituju.
  • Tekan agak lama pada pesan yang ingin dicek.
  • Klik pada simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  • Pilih “Info”.
  • Periksa apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum.
  • Selesai.

Biasanya akan terlihat pada dua centang biru dengan tulisan dibaca atau read. Jika sudah dibaca akan muncul jam penerima membaca pesan dari Anda.

Cara Menghilangkan Centang Dua Biru

Mau menghilangkan status pesan dibaca dengan tanda centang dua biru? Anda juga bisa melakukannya, sehingga pesan siapapun yang sudah Anda baca tidak akan terlihat. Begini tipsnya :

  • Buka halaman chat Whatsapp Anda.
  • Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  • Pilih “Setting” atau “Pengaturan”.
  • Pilih “Account”.
  • Pilih “Privacy”.
  • Pilih “Read Receipts”.
  • Pilih aktifkan.
  • Selesai.

Maka kapanpun Anda membaca pesan seseorang, orang tersebut hanya akan melihat status terakhir pada pesan tersebut yaitu centang dua abu-abu.

Itulah hal-hal penting yang bisa menambah wawasan Anda tentang arti centang Whatsapp. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan panduan, agar Ada bisa lebih pintar memanfaatkan aplikasi tersebut. Selamat mencoba.

Berbicara mengenai WhatsApp, terkadang ada beberapa hal yang membuat privasi kita terganggu. Sebut saja informasi mengenai “Last Seen” atau “terakhir dilihat”. Jika Anda merasa tidak nyaman, cukup lakukan Cara Mematikan Last Seen WhatsApp untuk menonaktifkannya.

Selain “Last Seen”, ada pula keterangan status “Online” yang menandakan Anda sedang aktif menggunakan WhatsApp diwaktu tersebut. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan Cara Menghilangkan Status Online Di WhatsApp agar orang lain tidak mengetahui jika Anda sedang aktif menggunakan WA.

Leave a Reply