Boomerang Instagram Error? Ini Penyebab dan SOLUSINYA!

Cara Mengatasi Boomerang Instagram Error dan Patah Patah di Android dan iPhone

Cara Mengatasi Boomerang Instagram Error dan Patah Patah di Android dan iPhone

Salah satu fitur paling populer di Instagram Story adalah boomerang. Namun ada masalah yang kerap terjadi pada fitur ini, yaitu seringnya boomerang Instagram error.

Masalah boomerang IG yang error ini sering membuat user bingung. Beberapa masalah yang terjadi misalnya terlalu cepat, macet, dll. Padahal boomerang dapat menjadikan postingan Instagram jauh lebih menarik.

Dengan boomerang, Anda dapat membuat video pendek berdurasi beberapa detik dengan alur maju mundur berulang-ulang. Seiring waktu, Instagram juga menambahkan beberepa efek dan fitur tambahan pada boomerang. Sehingga menggunakannya akan semakin asyik.

Namun sebagian user Instagram sering mengeluh karena fitur boomerang yang ingin dimainkan terkadang error. Beberapa masalah lain yang sering dialami boomerang Instagram adalah hasil video patah-patah, mode terlalu cepat, serta jenis masalah lainnya.

Cara Mengatasi Boomerang Instagram Error

Gangguan pada boomerang Instagram biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah aplikasi Instagram Anda yang belum diperbaharui.

Namun jika setelah Instagram Anda diupdate tapi fitur boomerang masih bermasalah juga, jangan khawatir. Berikut ada bebrapa tips untuk mengatasi masalah pada bommerang Anda.

Ada beberapa faktor yang membuat boomerang di instagram patah patah dan tidak berjalan seperti yang semestinya. Kemungkinan terbesar yaitu disebabkan oleh aplikasi instagram yang mengalami error atau perangkat yang Anda gunakan bermasalah.

Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi boomerang Instagram terlalu cepat atau bermasalah di akun IG.

Koneksi Internet

Boomerang instagram yang patah patah seringkali disebabkan oleh koneksi internet yang terganggu. Misalnya saat koneksi sedang lambat, data yang dibatasi, dll. Akibatnya boomerang jadi tidak lancar.

Pastikan jaringan internet sedang dalam kecepatan yang stabil saat ingin menggunakan fitur boomerang. Jika menggunakan wi-fi, sebaiknya Anda jangan terlalu jauh dari router agar jaringannya stabil.

Hapus Cache Instagram Jika Boomerang Instagram Error

Cache aplikasi merupakan file sampah yang tertumpuk di dalam HP Anda. Hal ini terjadi karena aplikasi yang digunakan dalam waktu lama. Data Cache bisa dihapus agar smartphone bekerja lebih ringan.

Hapus Cache Agar Boomerang Instagram Berjalan Normal

Hapus Cache Agar Boomerang Instagram Berjalan Normal

Jika smartphone tidak menyimpan banyak data, aplikasi juga bisa berjalan dengan lancar. Anda bisa menghapus cache dengan menekan tombol di sisi kiri bawah ponsel Anda. Atau dengan menggunakan langkah berikut:

  • Buka menu Setting.
  • Masuk ke Application.
  • Pilih aplikasi yang sering Anda gunakan.
  • Misalnya Instagram.
  • Pilih opsi clear cache yang biasanya berada di bagian bawah layar.
  • Klik clear cache.
  • Cache untuk aplikasi tersebut sudah hilang.
  • Selesai.

Setelah cache atau sampah tadi dihapus, maka Instagram akan kembali ringan dan lancar. Semua masalahnya pun dapat diatasi. Anda tinggal mencoba kembali menggnakan boomerang seperti biasa.

Cara ini dapat diaplikasikan pada HP Android maupun HP iPhone (iOS).

Jaringan Internet

Setiap merek operator internet memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam hal kekuatan dan kecepatan jaringan. Beberapa di antaranya sangat sulit memiliki jaringan stabil pada kondisi tertentu.

Misalnya saat hujan, lokasi Anda jauh dari menara pemancar, dll. Jika kartu SIM Anda sering menunjukkan stabilitas jaringan yang sering terganggu, sebaiknya gantilah dengan operator yang lain.

Selain menggunakan jaringan seluler, Anda juga bisa menggunakan jaringan wifi. Namun pastikan Anda tidak juga terlalu jauh dari sumbe wifi. Karena jaringan yang lambat bisa membuat boomerang menjadi error.

Kalau Boomerang Instagram Terlalu Cepat Coba Logout Instagram

Jika koneksi internet kuat, stabil, namun hasil boomerang masih error, maka Anda bisa melakukan langkah yang lain. Salah satunya yaitu logout dari akun Instagram Anda.

Keluar dari IG Untuk Mengatasi Boomerang Error

Keluar dari IG Untuk Mengatasi Boomerang Error

Setelah logout, Anda bisa login ulang dan kembali mengambil gambar dengan boomerang. Cara ini sangat mudah dan biasanya bisa mengatasi masalah-masalah pada Instagram.

Cara mudah logout dari Instagram adalah:

  • Buka profil Instagram Anda.
  • Buka Menu.
  • Masuk ke Pengaturan.
  • Gulir layar hingga di bagian paling bawah.
  • Klik opsi Logout/Keluar.
  • Selesai.

Mengatasi Boomerang Instagram Error Dengan Update IG

Instagram memperbaharui fitur-fitur dan layanannya secara berkala. Itu sebabnya Anda perlu melakukan update versi terbaru Instagram. Hal ini tentu dilakukan untuk meningkatkan kepuasan penggunanya juga.

Terkadang memakai Instagram versi lama atau yang sudah kadaluarsa mempengaruhi pemakaian fitur di dalam aplikasi Instagram. Biasanya akibat yang ditimbulkan adalah fitur menjadi error, atau bisa jadi malah aplikasinya yang berjalan lambat, loading terus, dll.

Berkaitan dengan boomerang yang gagal, silahkan lihat apakah aplikasi Anda sudah update atau belum. Jika belum, cobalah untuk mengupdate versi terbaru Instagram di Playstore.

Lebih jelasnya tentang update Instagram, Anda dapat menyimak ulasan Cara Update Aplikasi Instagram ke Versi Terbaru di Android & iPhone.

Update Smartphone

Jika jaringan stabil dan kuat, aplikasi Instagram di ponsel sudah di-update, Anda juga sudah mencoba untuk logout dan sudah login kembali, namun boomerang masih tidak smooth, patah-patah, terlalu cepat atau malah terlalu lambat, mungkin masalah ada pada HP Anda.

Pastikan Anda Melakukan Update Instagram dan Update OS Smartphone

Pastikan Anda Melakukan Update Instagram dan Update OS Smartphone

Bisa jadi ponsel pintar Anda sudah tidak memadai untuk mendukung fitur baru Instagram. Jika versi sistem operasi Anda terlalu rendah, memang sulit untuk mengakomodir fitur-fitur baru dari Instagram.

Solusi dari permasalahan ini adalah memperbaharui OS pada smartphone Anda. Sistem operasi di ponsel Anda harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan fitur Instagram.

Mengatasi Masalah Garis Hijau di Boomerang

Selain tidak smooth atau patah-patah, gerakan terlalu cepat atau malah terlalu lambat, masalah lain yang sering muncul pada boomerang adalah garis hijau di bagian samping hasil video. Baik pengguna iPhone maupun Android bisa saja mengalaminya.

Garis hijau ini disebabkan oleh berbedanya ukuran resolusi video. Maksudnya, resolusi video yang Anda ingin edit menggunakan boomerang tidak sesuai dengan ukuran resolusi yang ditetapkan pihak Instagram.

Untuk mengatasinya Anda harus menyesuaikan ukuran video dengan ukuran Instagram Story sesuai ketetapan platform tersebut. Jika ukurannya sudah sesuai, maka garis hijau di bagian samping akan menghilang.

Membuat Instagram Story dengan boomerang memang mengasyikkan. Apalagi jika video tersebut dibuat bersama teman dekat atau keluarga tercinta.

Fitur lain yang terkadang digunakan namun sering mengalami error adalah fitur Super Zoom. Nah jika Anda sedang mengalaminya, segera ikuti panduan Superzoom Instagram Tidak Muncul dengan mudah.

Demikian penjelasan tentang boomerang Instagram error. Dengan mengikuti langkah dan solusi yang kami jabarkan di atas, semoga masalah-masalah pada hasil boomerang Anda tidak lagi terjadi. Selamat mencoba!

Leave a Reply