Cara Agar Layar Android Tetap Menyala

Cara Agar Layar Android Tetap Menyala Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi
Cara Agar Layar Android Tetap Menyala Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

Android biasanya memiliki pengaturan yang mengatur durasi layar. Namun ada cara agar layar tetap menyala meski sedang tidak digunakan.

Pada pengaturan pabrik, umumnya ada pengaturan yang membuat agar layar hanya menyala dalam tempo tertentu. Hingga saat ponsel tersebut tidak digunakan, maka layar akan mati. Meski begitu, ada cara mengatur waktu mati layar tetap menyala.

Biasanya layar diatur agar menyala hanya dalam tempo beberapa detik saja. Mulai dari durasi 10 detik hingga 30 detik. Ini bertujuan agar baterai smartphone tidak cepat habis ketika sedang tidak dipergunakan.

Namun ini juga sering menjadi gangguan keseruan dalam menggunakan HP Android. Terlebih jika sedang bermain game atau menonton video di aplikasi.

Pada kasus lain, terkadang ada pengguna Android yang menambahkan pola saat menggunakan fitur pengamanan. Tujuannya agar ponsel aman dari orang yang tidak berhak menggunakannya.

Sayangnya hal tersebut akan sangat menjengkelkan bila layar mati ketika tengah digunakan. Pasalnya Anda harus membuka pola terdahulu agar bisa digunakan lagi.

Dalam hal lain, ketika sedang menuju tempat baru dengan mengandalkan GPS pada Android, ini juga bisa menimbulkan permasalahan tersendiri. Ponsel harus selalu dalam keadaan menyala hingga sampai tujuan.

Namun pengaturan hidup mati layar dapat menyulitkan Anda. Ketika ingin mencari jalan, dan keadaan layar ponsel mati, maka terpaksa Anda harus meluangkan waktu untuk membuka pola, sehingga layar menyala kembali.

Cara Agar Layar Android Tetap Menyala

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengubah settingan atau pengaturan pada Android. Tujuannya agar layar Android terus menyala. Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya.

Anda bisa mengunduhnya aplikasi baru, namun dapat pula melakukannya tanpa aplikasi tambahan. Yakni dengan mengubah pengaturan bawaan HP Android. Begini caranya.

Cara Agar Layar HP Android Tidak Mati Menggunakan Aplikasi Wakey

Aplikasi dengan nama Wakey: Control your screen sleep and brightness ini berguna untuk mengatur agar durasi layar menyala dapat bertahan lama.

Ada fitur sleep serta pengaturan waktu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing. Ditambah lagi fitur lain yang bisa mengatur kecerahan pada layar.

Bagaimana Cara Supaya Layar HP Tetap Menyala Pakai Aplikasi
Bagaimana Cara Supaya Layar HP Tetap Menyala Pakai Aplikasi

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur lain yang bisa digunakan untuk melengkapi kebutuhan Anda. Adapun cara menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut.

Wakey: Aktiver Bildschirm
Wakey: Aktiver Bildschirm
Developer: Kanetik
Price: Free+
  • Cari aplikasi Wakey: Control your screen sleep and brightness di play store.
  • Lalu unduh aplikasinya.
  • Masuk ke dalam aplikasi tersebut.
  • Klik tombol bulat yang ada pada layar.
  • Tekan hingga lampunya berubah kuning.
  • Atur waktu sleep dengan klik durasi waktu.
  • Letaknya terdapat pada bagian kanan atas.
  • Ada dua pilihan.
  • Yaitu hours dan minute.
  • Pilih sesuai kebutuhan.
  • Apakah Anda ingin menghentikannya?
  • Tinggal klik tombol bulat lagi dalam waktu agak lama.
  • Tunggu hingga lampu berubah warna lagi jadi hijau.
  • Selesai.

Aplikasi ini tidak membutuhkan tempat penyimpanan yang besa,r sehingga tidak akan menghabiskan ruang memori pada ponsel. Jadi Android tetap dapat berfungsi dengan lancar.

Anda juga dapat membuat layar terus terjaga sampai berjam-jam. Jadi Anda tidak lagi harus direpotkan untuk membuka pola agar ponsel terus menyala.

Hal ini membuat kegiatan Anda tidak terganggu lagi oleh layar yang mendadak mati atau masuk ke dalam mode sleep. Cukup dengan mengunduh aplikasi ini yang tersedia di Google Play Store.

Mengatur Waktu Mati Layar HP Android Tanpa Aplikasi

Anda juga bisa menggunakan pengaturan bawaan yang terdapat pada ponsel. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi baru.

Pengaturan yang dilakukan juga sangat mudah, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan pada ponsel Anda.

Hanya saja waktu yang ada pada pengaturan bawaan ini tidak memiliki durasi sepanjang aplikasi Wakey. Waktu yang disediakan tidak mencapai hitungan jam untuk kembali ke mode sleep.

Meski begitu Anda masih bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Mulai dari detik hingga menit yang dibutuhkan agar layar android tetap terjaga.

Caranya terbilang sangat simpel. Yang jelas Anda tidak lagi harus mengunduh aplikasi baru. Cukup melakukan beberapa langkah sederhana seperti di bawah ini.

  • Buka Pengaturan HP Android.
  • Masuk ke Pengaturan Tampilan terlebih dulu.
  • Klik waktu tampilan tunggu layar.
  • Pilih durasi paling lama yang dibutuhkan.
  • Bisa sampai 45 menit.
  • Selesai.

Kedua cara mengatur layar Android tetap menyala dan tidak mati ini dapat segera Anda terapkan pada ponsel Android Anda. Jadi Anda tidak lagi kebingungan saat harus menggunakan Android.

Anda dapat menggunakannya pada HP Android dengan berbagai merk, seperti Vivo, Xiaomi, Samsung, Oppo, Lenovo, Redmi, Realme, Pocho, Sony, Huawei, dll.

Cara yang dipergunakan juga tidak membutuhkan waktu lama. Hanya membutuhkan langkah singkat agar layar terus menyala dan tidak mengganggu aktivitas Anda. Misalnya untuk menonton atau beraktivitas lain, dapat dilakukan tanpa gangguan.