Cara Aktivasi Windows 7 Permanen [DIJAMIN BERHASIL]

Bagaimana cara aktivasi Windows 7 Ultimate agar Genuine dengan product key? Simak berbagai cara aktivasi Windows 7 Original di artikel ini. Anda bisa aktivasi Windows 7 dengan Windows Loader maupun cmd. Baik online maupun offline.

Cara Aktivasi Windows 7 Ultimate 64 bit Dan 32 bit

Cara Aktivasi Windows 7 Ultimate 64 bit Dan 32 bit

Walaupun Microsoft terus mengeluarkan versi terbaru dari sistem operasi Windows, tapi tetap ada yang masih menggunakan sistem operasi Windows 7. Hal tersebut tidak mengherankan, karena Windows 7, khususnya Windows 7 Ultimate memang lebih populer dibanding versi Windows yang lain.

Masih banyaknya orang yang menggunakan OS Windows 7 mungkin juga disebabkan beberapa hal. Diantaranya karena Windows 7 lebih kompatibel dengan banyak software. Windows 7 juga memiliki tampilan antar muka (user interface) yang sederhana dan mudah dipahami. Selain itu Windows 7 baik versi 32 bit atau 64 bit dianggap merupakan sistem operasi yang stabil dan lengkap dalam hal multimedia.

Nah jadi akan sangat rugi jika Windows 7 yang Anda miliki belum di aktivasi. Padahal cara aktifkan Windows 7 ini sangat mudah. Namun sebelum masuk pada pembahasan utama tentang cara aktivasi Windows 7, mari kita lihat alasan kenapa Anda harus melakukan aktivasi Windows 7 di laptop atau komputer.

Kenapa Perlu Aktivasi Windows 7?

Saat Anda menginstall Windows 7 tanpa mengisikan Windows Product Key, maka Anda akan masuk ke dalam masa percobaan. Windows 7 tersebut dapat digunakan dengan lancar hanya dalam waktu 30 hari sejak pertama kali di install. Setelah itu, Anda wajib mengisi serial key dan melakukan aktivasi Windows.

Belum pernah install Windows 7? Mau tau cara install Windows 7? Kami sudah buatkan ulasan lengkapnya untuk Anda. Dijamin mudah dipahami dan diikuti.

Bagaimana jika Windows 7 tidak di aktivasi? Anda akan mengalami beberapa masalah, diantaranya ialah akan selalu muncul jendela Windows Activation setiap kali Anda menyalakan laptop. Wallpaper desktop di PC atau laptop Anda juga akan berubah menjadi hitam serta muncul pesan “This copy of Windows is not genuine” di pojok kanan bawah.

Anda akan selalu menjumpai kedua hal tersebut sampai Anda melakukan aktivasi Windows 7. Selain hal tersebut, sebagian fitur dari Windows 7 tidak bisa Anda pergunakan jika tidak segera melakukan aktivasi.

Lalu apa keuntungannya jika Anda melakukan aktivasi Windows 7? Tentunya semua masalah diatas akan hilang. Anda dapat memakai seluruh fitur Windows 7 dengan lancar secara permanen. Melakukan aktivasi dengan membeli lisensi Windows yang asli tentu merupakan kebanggaan tersendiri, karena Anda memakai produk Windows 7 Original bukan bajakan.

Cara Aktivasi Windows 7 Tanpa Software

Windows 7 dapat diaktivasi jika Anda memiliki Windows 7 Product Key License. Bagaimana cara mendapatkannya? Anda harus membeli produk Windows 7 yang asli. Bisa dibilang ini merupakan cara aktivasi Windows 7 original. Anda dapat membeli Windows 7 asli di web resmi miliki Microsoft ataupun di marketplace seperti Tokopedia, dll.

Setelah melakukan pembelian, Anda akan mendapatkan email yang berisi License Key. Dengan menggunakan license key tersebut Anda dapat melakukan aktivasi Windows 7. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik “Start” di pojok kiri bawah desktop Anda.
  2. Klik kanan pada “Computer”.
  3. Pilih “Properties”.
  4. Muncul jendela, didalamnya ada informasi yang meminta Anda melakukan aktivasi.
  5. Klik “Active Windows Now”.
  6. Tunggu ke proses selanjutnya.
  7. Anda akan diminta memasukkan license key Windows 7.
  8. Masukkan license key/product key/serial key/serial number yang ada di email.
  9. Klik “Next”.
  10. Tunggu proses verifikasi product key windows 7 selesai.
  11. Akan muncul keterangan “Active Success”.
  12. Selesai.

Aktivasi Windows 7 Ultimate Permanen

Nah jika diatas Anda sudah mengetahui cara mengaktifkan Windows 7 tanpa software tambahan. Namun bila cara tersebut gagal, Anda masih dapat mencoba cara berikut ini. Namun cara dibawah ini membutuhkan software atau aplikasi pendukung.

Aktivasi Windows 7 Dengan Windows Loader

Untuk dapat melakukan aktivasi Windows 7 dengan Windows Loader, Anda harus memiliki software Windows Loader. Bagi yang belum punya, Anda dapat download Windows Loader terlebih dahulu. Setelah selesai melakukan download, ikuti langkah berikut ini.

  1. Matikan koneksi internet ke PC Anda.
  2. Matikan seluruh antivirus pada komputer Anda.
  3. Nonaktifkan seluruh Windows Defender.
  4. Nonaktifkan pula Windows Firewall.
  5. Klik “Start”. Pilih “Control Panel”. Pilih “System and Security”. Pilih “Windows Firewall”. Pilih “Turn Windows Firewall On or Off”. Centang “Turn Off Windows Firewall”. Lalu klik “OK”.

    Matikan Sistem Keamanan Windows Sebelum Membuka Windows Loader

    Matikan Sistem Keamanan Windows Sebelum Membuka Windows Loader

  6. Pastikan semua sudah dimatikan atau dinonaktifkan.
  7. Buka file Windows Loader yang sudah Anda download.
  8. Bisa dengan extract file RAR Windows Loader.
  9. Bisa dengan klik kanan pada Windows Loader lalu pilih “Run as Adminstrator”.

    Gunakan Windows Loader Untuk Mengaktifkan Windows 7

    Gunakan Windows Loader Untuk Mengaktifkan Windows 7

  10. Akan muncul jendela Windows Loader.
  11. Pilih “Install” yang ada disebelah kiri.
  12. Tunggu hingga selesai.

    Install Windows Loader Dan Tunggu Prosesnya Hingga Selesai

    Install Windows Loader Dan Tunggu Prosesnya Hingga Selesai

  13. Akan muncul jendela “Installation Complete” yang berisi informasi “The certified and serial were successfully installed”.
  14. Pilih “OK”.
  15. Tutup atau close aplikasi Windows Loader.
  16. Restart PC atau laptop Anda. Sekarang kita cek apakah cara aktivasi Windows 7 Ultimate agar Genuine dengan product key ini berhasil.
  17. Tunggu hingga proses restart selesai.
  18. Klik “Start” di pojok kiri bawah.
  19. Klik kanan pada “Computer”.
  20. Pilih “Properties”.
  21. Muncul jendela, jika didalamnya ada keterangan Genuine maka proses aktivasi telah selesai.
  22. Hidupkan antivirus di PC Anda. Aktifkan pula Windows Defender dan Windows Firewall. Koneksi internet sudah boleh dinyalakan kembali.
  23. Selesai.

Perhatian!

Anda dapat menggunakan cara aktifkan Windows 7 dengan Windows Loader ini pada sistem operasi Windows 7 Ultimate 64 bit maupun 32 bit. Cara aktivasi windows 7 professional juga sama seperti cara diatas yaitu menggunakan Windows Loader.

Cara Aktifkan Windows 7 Dengan CMD

Selain kedua cara diatas, Anda juga dapat melakukan aktivasi Windows 7 dengan CMD atau Command Prompt. Cara aktivasi Windows 7 dengan CMD ini mengharuskan Anda terkoneksi dengan internet (online). Oleh karena itu banyak yang menyebutnya cara aktivasi Windows 7 online.

Sebelum melakukan aktivasi, Anda harus menyiapkan dulu product key Windows 7. Jika semua sudah siap, langsung saja ikuti langkah dibawah ini.

  1. Klik “Start” dipojok kiri bawah desktop Anda.
  2. Klik “All Programs”.
  3. Klik folder “Accessories”.
  4. Cari “Command Prompt”.
  5. Klik kanan pada “Command Prompt”.
  6. Pilih “Run as Adminstrator”.
  7. Setelah jendela Command Prompt muncul, ketik “slmgr.vbs /ipk product key Anda”.

    Aktifkan Windows 7 Dengan Mudah Menggunakan CMD

    Aktifkan Windows 7 Dengan Mudah Menggunakan CMD

  8. Tekan “Enter”.
  9. Akan muncul pemberitahuan proses aktivasi dengan product key telah berhasil.
  10. Ketik “slmgr.vbs /ato”.

    Pastikan Kode Yang Anda Ketik Di Command Prompt Benar

    Pastikan Kode Yang Anda Ketik Di Command Prompt Benar

  11. Tekan “Enter”.
  12. Selesai.

Demikianlah tadi ulasan cara aktivasi Windows 7 dengan mudah. Sekali lagi cara diatas dapat digunakan untuk aktivasi Windows 7 Ultimate 64 bit dan 32 bit. Selain itu juga bisa digunakan untuk aktivasi Windows 7 Professional 64 bit dan 32 bit serta beberapa versi dari Windows 7 yang lain.

Dengan melakukan aktivasi Windows 7 pada laptop, PC atau komputer, maka Anda dapat memakai seluruh fitur didalam sistem operasi Windows dengan bebas dan permanen tanpa khawatir terkena masalah Windows kadaluwarsa. Selamat mencoba ya. Jika ada pertanyaan, tanyakan dikolom komentar ya.

Leave a Reply