Cara Cek BPOM Lewat Barcode DIJAMIN Lengkap & Terpercaya

Advertisements
Cara Cek BPOM Lewat Barcode Tanpa Aplikasi dan Pakai Aplikasi Untuk Mengecek Apakah Sudah Terdaftar di BPOM
Cara Cek BPOM Lewat Barcode Tanpa Aplikasi dan Pakai Aplikasi Untuk Mengecek Apakah Sudah Terdaftar di BPOM

Cara cek BPOM lewat barcode diperlukan untuk mengecek informasi sebuah produk. Pasalnya, kelayakan sebuah produk makanan hingga obat-obatan dapat ditentukan melalui adanya izin dari BPOM.

Seperti yang diketahui, BPOM merupakan lembaga yang mengatur perizinan distribusi obat dan makanan di Indonesia. BPOM memiliki fungsi yang serupa seperti badan pengawas obat dan makanan di berbagai belahan dunia.

Karena itu, produk yang akan diedar dan diperjualbelikan, harus melewati izin dari BPOM terlebih dahulu. Untuk dapat mengetahui apakah produk sudah mendapatkan izin BPOM, maka Anda dapat mengeceknya terlebih dahulu.

Cara Mengecek BPOM Melalui Barcode

Ketika sedang membeli suatu produk obat atau makanan, ada sebagian produk yang mencetak barcode pada kemasannya. Barcode pada kemasan ini dapat di scan dengan aplikasi smartphone, agar dapat dilihat informasi BPOM-nya.

Untuk mengecek BPOM melalui barcode kemasan, smartphone perlu aplikasi khusus yaitu BPOM Mobile. Tanpa perlu penjelasan lagi, berikut cara cek BPOM lewat barcode di aplikasi BPOM Mobile.

Pasang Aplikasi BPOM di HP

Langkah pertama, download dan install aplikasi BPOM Mobile untuk Android yang dapat Anda peroleh melalui link ini. Bagi yang memiliki iPhone, jangan khawatir karena BPOM Mobile juga tersedia di iPhone untuk digunakan.

Aplikasi resmi dari BPOM ini, sudah diperbarui dengan tampilan yang baru. Kini, aplikasi BPOM tidak digunakan hanya sebagai alat cek, namun juga sebagai informasi berita terkait produk-produk di Indonesia.

Masuk ke Aplikasi BPOM

Setelah aplikasi BPOM Mobile sudah tersedia di smartphone, maka langkah selanjutnya adalah jalankan aplikasi tersebut. Aplikasi akan meminta Anda untuk mendaftarkan data pribadi agar bisa menggunakan aplikasi.

Untuk mendaftar, caranya cukup mudah. Tinggal daftarkan nama lengkap, nomor HP, email dan password pada kolom yang disediakan. Lakukan proses verifikasi dengan benar, dan aplikasi kini sudah bisa digunakan.

Buka Menu Scan Produk

Pada halaman utama BPOM Mobile, terdapat enam opsi yang dapat digunakan. Karena tujuan kali ini untuk mengecek BPOM, maka ketuk pilihan Scan Produk. Dengan tampilan yang jelas, pilihan tersebut tentunya dapat terlihat dengan jelas.

Sebelum ke tahap selanjutnya, pastikan jika aplikasi sudah mendapat izin untuk mengakses GPS pada smartphone. Pastikan juga izin kamera diberikan pada BPOM Mobile, agar scanning dapat berjalan dengan semestinya.

Arahkan Kamera HP ke Barcode Produk

Setelah itu, kini waktunya untuk melakukan proses scanning barcode. Cara melakukan scanning juga sangat mudah, yaitu tinggal arahkan kamera smartphone pada barcode yang berada pada kemasan produk.

Agar aplikasi dapat mampu membaca barcode dengan baik, pastikan jika arah kamera sejajar dengan arah barcode. Lalu, tunggu hingga proses pemindaian barcode pada aplikasi BPOM Mobile selesai.

Perhatikan Hasil Scan

Terakhir, aplikasi BPOM Mobile akan menunjukkan informasi terkait nomor sertifikasi dan produk yang ingin di cek kelayakannya. Apabila produk tersebut asli, maka aplikasi BPOM Mobile akan dengan mudah memunculkan keterangan produknya.

Sementara itu, apabila aplikasi BPOM Mobile tidak memberi keterangan apapun saat scanning, artinya produk tersebut adalah barang ilegal alias palsu. Tidak hanya itu, produk tersebut tentu belum jelas keamanannya.

Cek BPOM Dengan Cara Lain Tanpa Aplikasi

Apabila smartphone tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk aplikasi, maka ada cara selain cara cek BPOM lewat barcode. BPOM dapat dicek dengan cara konvensional atau melalui web.

Cara Mengecek BPOM Secara Manual Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melihat kemasan dengan cermat. Biasanya, pada kebanyakan kemasan terdapat tulisan yang menandakan jika produk sudah mendapat izin BPOM.

Sayangnya, tulisan BPOM pada sebagian produk cukup sulit untuk dilihat. Karenanya, butuh kecermatan dan ketelitian agar dapat melihat tulisan BPOM pada kemasan. Jika tulisan BPOM tidak ditemukan, maka produk dapat dicek dengan cara selanjutnya.

Cara Cek BPOM Melalui Web Resmi BPOM

Lembaga BPOM memiliki situs resmi yang berisi tentang seluruh produk yang sudah mendaftar sebagai produk berlabel layak digunakan. Siapa saja dapat mengakses situs tersebut untuk mengecek kelayakan sebuah produk.

Proses mengeceknya cukup mudah. Kunjungi situs Cek BPOM, lalu tuliskan nama produk pada kolom Kata Kunci. Hasil pencarian dapat diatur dengan memilih pilihan pada kolom “Cari Berdasarkan”.

Sebagai konsumen, masyarakat dituntut untuk lebih teliti dalam membeli dan memilih produk-produk yang akan dipakai. Jadi jangan lupa cek BPOM lewat barcode jika ingin membeli sebuah produk, entah itu makanan atau produk kecantikan.

Sekian penjelasan mengenai cara cek BPOM lewat barcode yang mudah baik menggunakan aplikasi hingga tanpa aplikasi. Dengan adanya BPOM, masyarakat dapat memilih produk yang berkualitas dan aman digunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.