Cara Cek Spesifikasi Android

Cara Cek Spesifikasi Android Tanpa Aplikasi dan Pakai Aplikasi

Cara Cek Spesifikasi Android Tanpa Aplikasi dan Pakai Aplikasi

Apakah Anda saat inisedang berburu ponsel? Mungkin ingin membeli HP baru? Atau mau mengganti ponsel lama? Ada baiknya Anda memperhatikan spesifikasinya. Mengecek spesifikasi HP Android ini sebenarnya mudah. Tetapi membutuhkan ketelitian dan pengetahuan sendiri.

Dengan mengetahui spesifikasi sebuah handphone, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Detail sekecil apapun dari sebuah HP, bisa menjadi pertimbangan untuk Anda kedepannya.

Misalnya saja, bagi Anda yang suka fotografi atau berselfie ria, tentu spesifikasi kameranya perlu dipertimbangkan. Begitu juga halnya ponsel untuk pemain game, bisnis, pecinta musik dan sebagainya. Tentu tidak bisa menggunakan sembarang spek HP.

Tentu akan kurang pas jika Anda membutuhkan HP untuk mendukung hobi mengambil foto, tetapi Anda justru membeli smartphone Android dengan ukuran megapixel yang rendah. Hal tersebut tentunya akan merugikan Anda, bukan?

Jadi, sebelum memilih handphone baru, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana mengecek spesifikasi HP Android. Hal ini penting agar Anda tidak menyesal dikemudian hari.

Cara Cek Spesifikasi Android Tanpa Aplikasi & Pakai App

Mengetahui spesifikasi smartphone Android, akan membantu dalam membandingkan dan mempertimbangkan kemana harus menjatuhkan pilihan. Cara melihat spesifikasi Android sendiri ada bagian yang bisa diamati. Baik dengan menggunakan aplikasi ataupun tidak.

Berikut ada beberapa tips untuk melihat spek HP Android yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

Cara Cek Spesifikasi Android Tanpa Aplikasi Lewat Menu About

Cara paling mudah untuk mengetahui spesifikasi handphone Android adalah dengan melakukan pengecekan di About Phone.

Buka Menu Pengaturan di HP Android Lalu Cari About Untuk Menampilkan Spesifikasi HP

Buka Menu Pengaturan di HP Android Lalu Cari About Untuk Menampilkan Spesifikasi HP

Anda hanya perlu masuk ke menu Setting atau Pengaturan. Cari dan pilih menu About Phone. Nanti pada layar akan muncul spesifikasi lengkap mengenai Android yang Anda miliki. Misalnya data tentang versi Android, processor, RAM, kapasitas penyimpanan, dan lain-lain.

Cek Spesifikasi HP Android Melalui Aplikasi CPU-Z

Menggunakan aplikasi CPU-Z akan memberikan Anda informasi mengenai spesifikasi Android dengan lebih detail. Mulai dari kecepatan untuk tiap core, kemampuan prosesor, kelengkapan sensor, informasi hardware hingga baterai.

Gunakan CPU Z Untuk Mengecek Spek HP Android

Gunakan CPU Z Untuk Mengecek Spek HP Android

Aplikasi ini bisa Anda unduh secara gratis melalui Playstore. Bisa digunakan secara online maupun offline.

CPU-Z
CPU-Z
Developer: CPUID
Price: Free+

Cek Spek HP Android di Droid Hardware Info

Droid hardware info pertama kali diluncurkan pada tahun 2013. Membantu Anda dalam melakukan pengecekan spesifikasi handphone dengan lebih detail. Seperti perangkat, sistem, memori, kamera, fitur bawaan, thermal, baterai, dan sensor.

Unduh Aplikasi Droid Hardware Info Lalu Install di HP Android

Unduh Aplikasi Droid Hardware Info Lalu Install di HP Android

Untuk Anda yang ingin mengunduh hasil pengecekan ponsel juga bisa. Di dalam aplikasi ini telah disediakan fitur pengunduhan dalam bentuk PDF. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, silahkan mengunduhnya melalui Playstore secara gratis.

Droid Hardware Info
Droid Hardware Info
Developer: InkWired
Price: Free+

Cara Melihat Spesifikasi HP Dengan AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark sebenarnya sudah sangat terkenal sebagai aplikasi pengecekan spesifikasi Android. Sayangnya, saat artikel ini kami tulis, tidak ada lagi aplikasi ini ditemukan di Playstore.

Aplikasi ini sangat lengkap dalam mengungkap spesifikasi Android Anda. Mulai dari merk, RAM, OS, Processor, kamera, hardware dan lain sebagainya. Serta mampu membandingkan spesifikasi handphone Anda dengan HP lain di pasaran.

Gunakan CPU/RAM/Device Identifier

Aplikasi ini memberikan ranking pada urutan perangkat smartphone dengan membandingkannya dengan smartphone lainnya. Sistem ranking berupa penilaian skor ini mirip dengan yang ada di AnTuTu Benchmark. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur menarik mengenai gambaran komponen yang terpasang pada sebuah handphone.

CPU / RAM / DEVICE Identifier
CPU / RAM / DEVICE Identifier

Mengecek Spesifikasi HP Android DariĀ Dialpad

Dialpad merupakan sebuah kode rahasia yang dimiliki setiap merk smartphone. Penggunaan dialpad ini berbeda-beda antara handphone yang satu dengan lainnya. Bahkan, untuk mengetahui satu jenis spesifikasi pada satu ponsel saja, bisa memiliki kode yang berbeda.

Dialpad
Dialpad
Developer: Dialpad, Inc
Price: Free

Misalkan saja untuk handphone jenis OPPO. Ada beberapa dialpad yang digunakan.

  • Melakukan pengecekan informasi smartphone menggunakan *#*#4636*#*#
  • Melihat informasi software secara detail *#1234#
  • Mengetahui perangkat mesin *#6776#
  • Menguji jaringan *#803#
  • dan masih banyak lagi

Sebagai informasi tambahan, kode-kode di atas yang telah kami bagikan, belum tentu bisa bekerja pada OPPO tipe berbeda. Bahkan kemungkinan kode tersebut hanya bisa digunakan pada satu tipe OPPO saja.

Jadi, melakukan pengecekan spesifikasi dengan cara ini membutuhkan waktu yang cukup banyak dan perlu menghafal atau mencatat kode terlebih dahulu.

Namun jika saat membeli ponsel baru, Anda melakukan pengecekan dengan cara ini, tentu akan sangat merepotkan karena harus memasukkan kode tersebut satu per satu. Dan belum tentu benar. Sebaiknya pilih cara lain agar proses pengecekan spesifikasi bisa lebih efektif.

Dengan mengetahui detail dari setiap informasi di handphone Anda, tentu akan membantu dalam mempertimbangkan pembelian ponsel sesuai kebutuhan. Anda juga tidak akan mudah tertipu saat menjumpai ponsel palsu ataupun ponsel yang dijual dengan spesifikasi yang tidak sesuai.

Cara di atas tentunya dapat digunakan pada berbagai merk dan tipe HP Android yang ada saat ini. Misalnya saja HP Samsung, Oppo, Xiaomi, Redmi, Lenovo, ASUS, Sony, Advan, dll.

Demikian pembahasan kami mengenai cara cek spesifikasi Android. Nah, caranya mudah sekali kan? Sudah siap untuk mempraktekan cara di atas saat membeli ponsel baru? Semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply