Cara Downgrade Instagram ke Versi Sebelumnya di Android & iPhone

Cara Downgrade Instagram di iPhone dan Android ke Versi Lama Old Version
Cara Downgrade Instagram di iPhone dan Android ke Versi Lama Old Version

Sebagai salah satu aplikasi media sosial kekinian, Instagram selalu melakukan upgrade fitur untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna. Tapi, terkadang ada yang malah merindukan fitur lama dari versi lama aplikasi tersebut. Tenang! Ada cara downgrade Instagram yang bisa diterapkan.

Upgrade yang dilakukan Instagram sama dengan aplikasi lainnya, yakni berkala dengan perubahan yang cukup signifikan pada fitur hingga tampilan. Contohnya saja, upgrade tahun 2016 terkait perubahan logo dan fitur tambahan pada kameranya. Ada yang komplain karena logonya terbilang tidak sinkron dengan aplikasi tersebut.

Downgrade menjadi salah satu cara jika Anda ingin bernostalgia dengan fitur-fitur jadul Instagram. Tentunya ada konsekuensinya, namun tak sedikit yang mencoba melakukannya.

Alasan Downgrade Instagram

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa orang ingin menggunakan versi lama dari aplikasi Instagram. Bisa jadi hal tersebut juga merupakan alasan Anda melakukan hal yang sama. Mau tahu?

Ringan

Semakin banyak upgrade yang dilakukan sebuah aplikasi, terkadang akan berdampak pada ukuran aplikasi tersebut. Terutama jika perubahan melibatkan penambahan fitur baru dan tampilan yang lebih jernih.

Sedangkan versi lama pastinya akan lebih ringan ukurannya, apalagi untuk yang punya HP standar dengan memori terbatas. Makanya memilih downgrade adalah solusi supaya bermain Instagram terasa tetap memuaskan.

Fitur Favorit

Setiap upgrade selain ada penambahan fitur, juga sering dilakukan penghapusan fitur lama dan diganti dengan fitur baru yang lebih modern. Padahal terkadang, fitur lama sudah menjadi favorit pengguna. Hal ini juga sering jadi alasan orang memilih Instagram versi lama.

Lebih Familiar Untuk Pemula

Jika Anda adalah pemula dalam memainkan aplikasi Instagram, akan perlu waktu cukup lama untuk mengenali fitur yang tersedia dan melakukan berbagai hal di akun yang sudah Anda buat.

Makanya, untuk pemain Instagram yang baru bergabung akan lebih mudah paham fitur kalau pakai versi lama.

Cara Downgrade Instagram

Tiga langkah berikut ini bisa Anda pakai ketika ingin menurunkan versi Instagram jadi lebih tua, sesuai keinginan Anda. Sebelum mulai, pastikan dulu koneksi internet Anda sudah maksimal dan Anda sudah punya akun Instagram terdaftar sehingga saat membuka IG versi lama, Anda tidak perlu mendaftar lagi.

Hapus Instagram Dari HP

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi Instagram dari HP. Kenapa? Dua versi Instagram yang berbeda tidak akan bisa dibuka bersamaan dalam satu HP. Kalau Anda paksakan maka keinginan untuk punya Instagram jadul tidak akan terwujud. Cara menghapusnya adalah:

  1. Bisa melalui aplikasi Google Play Store atau Apple Store. Anda tinggal masukkan nama Instagram pada kolom pencarian, kemudian akan terlihat dua pilihan di bawah nama aplikasi. Tinggal pilih uninstall, maka Instagram akan terhapus otomatis dari HP.
  2. Untuk cara cepat, di sejumlah HP sudah dilengkapi fast command dimana Anda tinggal memencet ikon Instagram beberapa detik sampai muncul pilihan uninstall. Pilih uninstall, maka ikon IG dan aplikasi Instagram akan segera hilang dan terhapus dari HP Anda.

Jangan Aktifkan Update Secara Otomatis

Setelah aplikasi Instagram dihapus dari HP, selanjutnya Anda perlu menonaktifkan fitur update otomatis pada HP. Hal ini untuk mencegah Instagram terupdate otomatis ketika ada Instagram versi baru yang sudah diluncurkan. Bagaimana caranya?

  • Pilih menu setting pada halaman utama HP Anda.
  • Lanjutkan dengan masuk ke menu manage application.
  • Ada juga HP yang langsung menampilkan pengaturan update aplikasi di menu setting utama.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih update aplikasi.
  • Biasanya tiga cara, melalui jaringan Wifi, paket data dan Wifi, atau notifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan update.
  • Anda tinggal memilih notifikasi terlebih dahulu sebelum update.
  • Jadi ketika Instagram melakukan update maka Anda bisa menyesuaikan.
  • Apakah ingin menggunakan update terbaru yang disarankan atau bertahan dengan versi lama yang sudah Anda downgrade.
  • Selesai.

Jangan pilih pengaturan update menggunakan Wifi atau paket data, karena nantinya secara otomatis Instagram akan hadir dengan versi terbarunya ketika HP terhubung dengan jaringan Wifi atau paket data.

Pakai Aplikasi

Pastikan dua cara di atas sudah Anda lakukan, sebelum lanjut pada cara terakhir ini. Sebab disini Anda akan membutuhkan aplikasi tambahan yang fungsinya untuk mengunduh Instagram versi jadul yang diinginkan. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

  • Unduh aplikasi tambahan, seperti https://www.apkmirror.com/apk/instagram/
  • Bisa juda memakai https://instagram.en.uptodown.com/android/versions
  • Selanjutnya Anda bisa memilih versi Instagram lama yang akan diunduh pada HP.
  • Pastikan Anda sudah mendapatkan versi IG yang diinginkan.
  • Unduh Instagram tersebut dengan menggunakan link versi yang tersedia.
  • Tunggu hingga proses unduh selesai.
  • Lanjutkan dengan proses install.
  • Pastikan versi Instagram tersebut bisa digunakan pada HP Anda.
  • Jika berhasil, Anda akan melihat versi Instagram yang diinginkan.
  • Kemudian klik ikon Instagram pada HP Anda.
  • Aplikasi Instagram versi lama sudah bisa digunakan.
  • Selesai.

Jadi, Anda mau pakai cara downgrade Instagram di atas untuk menggunakan versi Instagram yang mana? Coba cek dulu info tentang fitur Instagram lama yang diinginkan. Setelah itu baru pilih versi Instagramnya supaya Anda bisa memainkan fitur tersebut sepuasnya di HP kesayangan Anda.