Cara Live Streaming di TikTok & Syarat Melakukan Siaran Langsung

Bagaimana Cara Live Streaming di TikTok
Bagaimana Cara Live Streaming di TikTok

Siapa yang tidak kenal dengan TikTok sekarang ini? Bisa dikatakan tidak ada yang tidak mengenal aplikasi tersebut. Meskipun begitu ternyata belum semuanya paham cara live streaming di TikTok.

TikTok menjadi media sosial paling populer sejak beberapa tahun lalu. Walau telah rilis pada tahun 2017, namun aplikasi ini baru mulai terkenal di tahun 2019. Hal ini disebabkan karena adanya pembaruan terus menerus untuk meningkatkan performanya.

TikTok sempat mengalami pemblokiran selama 2 minggu di Indonesia. Setelah melakukan perjanjian ulang dengan Kementerian, barulah larangan tersebut dicabut.

Salah satu istilah gaul di TikTok yang paling terkenal pada tahun-tahun awal peluncurannya adalah Bowo. Namun kini semakin banyak CEO yang bermunculan dengan bakat hebat mereka. Baik dalam bakat tari, akting, atau lainnya.

Untuk memanjakan para pengguna, perusahaan dari China ini memutuskan untuk membuat fitur baru. Yakni fitur live streaming atau siaran langsung. Anda tertarik juga untuk memanfaatkanya?

Syarat dan Cara Live Streaming di TikTok

Tidak semua akun bisa menggunakan fitur ini karena ada syarat yang harus dipenuhi. Adapun syaratnya adalah harus memiliki followers sebanyak 1.000 orang terlebih dulu.

Jika syarat tersebut sudah digenapi, maka fitur siarang langsung akan muncul dengan otomatis. Nah berikut ini adalah beberapa langkah bagaimana cara live streaming di TikTok.

  • Buka aplikasi TikTok.
  • Masuk menggunakan akun Anda.
  • Klik icon + pada menu utama.
  • Tunggu layar terbuka.
  • Klik live di sebelah tombol rekam.
  • Beri judul yang unik.
  • Fungsinya untuk menarik perhatian penonton.
  • Tekan Go live untuk memulai video langsung.
  • Selesai.

Cara yang perlu dilakukan untuk mengadakan siaran langsung ini sangat mudah. Namun ada sebagian orang yang kesulitan menemukan fitur go live tersebut.

Ada beberapa hal yang membuat fitur tersebut tidak muncul pada laman utama tersebut. Mungkin penjelasan di bawah ini bisa membantu jika hal tersebut terjadi.

  • Fitur go live masih dalam masa pengujian. Jadi hanya tersedia pada versi terbaru pada TikTok. Versi lama belum menyediakan fitur tambahan ini.
  • Ada kata-kata terlarang yang membuat fitur tersebut tidak ditemukan. Sekarang ini TikTok sangat membatasi penggunaan beberapa kata untuk menjaga keamanan. Kata tersebut adalah donasi, bff, ratu drama dan kata-kata lain.
  • Harus memiliki follower dalam jumlah tertentu. Untuk Indonesia minimal 1000 orang, namun berbeda dengan negara lain. Jumlahnya bervariasi.
  • Mungkin sedang melakukan perekaman audio. Perekaman audio membuat icon untuk memulai live menghilang dulu dalam beberapa saat. Jadi pastikan Anda tidak sedang merekam suara.

Fitur Terbaru Dalam TikTok

TikTok selalu menghadirkan hal baru dalam aplikasinya. Hampir dalam setiap minggu terjadi pembaruan agar pengguna semakin merasa puas.

Fitur Tanya Jawab

Fitur Tanya Jawab ini hadir tidak lama setelah fitur live muncul. Fungsi dari fitur ini sebagai pelengkap fitur go live. Hadir untuk melengkapi go live supaya siaran langsung menjadi lebih seru.

Penonton bisa ikut berpartisipasi dalam acara tanya jawab ini. Pertanyaan bisa dalam bentuk teks, bisa juga dalam versi video. Pihak TikTok optimis ini akan menarik perhatian banyak orang.

Dengan begitu semakin banyak yang menggunakan aplikasi media sosial yang satu ini untuk berinteraksi. Tanpa harus keluar rumah namun Anda tetap bisa melakukan siaran langsung dan tanya jawab.

Fitur Edit Video

Agar pengguna tidak lagi repot mengedit video dengan menggunakan aplikasi tambahan, maka ada fitur edit video. Jadi Anda tidak perlu lagi memakai aplikasi edit video yang lain.

Meskipun merupakan fitur bawaan, hasil edit video ini sudah cukup bagus. Bahkan hasil editingnya bisa dikatakan tidak kalah dengan aplikasi lain yang biasa digunakan pada Android.

Ada beberapa aspek ratio yang dapat dipakai dalam mengedit video. Sedang tambahan lain berupa musik dan objek yang bisa dihapus. Ada juga efek visual transisi, crop, multi video, split audio yang telah ditambahkan pada fitur ini.

Agar video tidak dicuri oleh orang lain, ada pula watermark pada video. Pemberian watermark ini menjamin video yang dibuat tidak akan disalahgunakan oleh pihak lain.

Untuk memperoleh fitur-fitur baru ini, harus melalui TikTok ads manager. Namun belum diketahui pasti, apa saja syarat yang harus dipenuhi agar bisa memilikinya.

Demikian ulasan kami tentang cara live streaming di TikTok dengan menggunakan fitur go live. Dan juga sedikit informasi mengenai fitur-fitur terbaru dari TikTok. Anda yang sudah memiliki follower 1000 orang dapat segera mempraktekannya. Selamat mencoba untuk melakukan siaran langsung.