Cara Login SISDMK Untuk Mengecek Nama dan Data 2022 Mudah

Advertisements
Cara Login SISDMK Dengan Mudah Untuk Cek Nama dan Update Data Profil
Cara Login SISDMK Dengan Mudah Untuk Cek Nama dan Update Data Profil

Cara login SISDMK penting diketahui oleh setiap tenaga kesehatan supaya mudah jika sewaktu-waktu ada keperluan mendesak. Anda bisa masuk ke akun yang dimiliki dari manapun melalui PC, komputer, laptop atau bahkan ponsel. Di era serba digital seperti saat ini sayang apabila Anda tidak mengikuti perkembangan jaman dan kemudahan yang ditawarkannya. Simak selengkapnya berikut ini.

Selama beberapa tahun terakhir, orang yang terdaftar di SISDMK semakin meningkat. Hal itu menunjukkan bahwa data ini penting bagi tenaga kesehatan. Meskipun begitu, ternyata masih banyak yang belum memahami cara kerja teknologi jaman sekarang.

Salah satunya adalah tentang bagaimana cara masuk SISDMK yang kelihatan sangat mudah. Namun bagi para pemula ternyata hal ini cukup membingungkan. Yuk, simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Apa itu SISDMK?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara masuk ke dalam SISDMK, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa pengertian dari istilah satu ini.

SISDMK adalah kependekan dari Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan. Sistem ini dirancang secara khusus oleh Kemenkes (Kementrian Kesehatan) RI untuk mengelola SDM di bidang kesehatan.

Dalam bidang ini, Kemenkes bekerjasama dengan BPPSDMK (Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehetan).

Tujuan dari dibuatnya SISDMK adalah agar mudah memetakan tenaga kerja di bidang kesehatan sehingga penyebarannya merata. Pemerintah bisa meminimalisir adanya kesenjangan ketersediaan tenaga kesehatan di satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Selain untuk memudahkan dalam memetakan tenaga kesehatan, SISDMK juga dibuat agar mereka bisa memperbaharui informasi di profil dengan mudah dan cepat. Memperbaharui profil dengan pengalaman terkini berguna untuk membantu karier agar lebih baik.

Selain itu, dengan adanya SISDMK tentu akan lebih mudah dalam memberi umpan balik kepada Kemenkes RI serta mendapat informasi penting terbaru.

Cara Login SISDMK Untuk Pemula dengan Benar

Teruntuk Anda tenaga kesehatan yang sudah terdaftar di SISDMK, maka sewajarnya bisa masuk ke akun milik Anda. Dengan demikian, akun yang Anda miliki tidak percuma begitu saja. Silahkan pilih salah satu metodenya berikut ini.

Cara Login SISDMK via Aplikasi M-SISDMK

M-SISDMK adalah aplikasi mobile yang dirilis oleh BPPSDMK Kemenkes RI untuk para tenaga kesehatan. Aplikasi ini berukuran kurang lebih 15MB saja yang pasti ringan dan tidak memberatkan memori ponsel.

Yang paling menarik dari aplikasi M-SISDMK adalah bisa memperbaharui informasi didalamnya secara online dan offline. Dengan begitu, Anda tidak harus selalu terhubung ke internet.

Jika Anda masih belum memilikinya, silahkan download aplikasi M-SISDMK terlebih dahulu di Play Store atau bisa juga melalui link yang ini. Baru setelah itu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama, buka aplikasi M-SISDMK
  • Di halaman awal aplikasi, Anda akan diberitahu informasi M-SISDMK
  • Klik tombol Selanjutnya untuk menyimak informasi lebih lanjut
  • Bisa juga memilih opsi Lewati apabila tidak ingin membacanya
  • Kemudian Anda diminta login ke akun milik Anda
  • Silahkan isi email dan kata sandi yang sudah didaftarkan
  • Jangan lupa mengisi captcha dengan benar
  • Kemudian klik Login
  • Sekarang Anda berhasil masuk ke akun
  • Selesai

Masuk ke Akun lewat Website Official

Teruntuk Anda yang lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer daripada ponsel, maka bisa memanfaatkan website official untuk login tanpa menginstall aplikasi tambahan lagi.

Dengan menggunakan website resmi, maka Anda tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi M-SISDMK terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka halaman yang ini di browser andalan Anda
  • Sekarang Anda berada di halaman Login
  • Isi Email dan Kata Sandi yang sudah terdaftar sebagai akun SISDMK Anda
  • Isi captcha dengan benar
  • Kemudian klik Login
  • Selesai

Semua cara diatas sangat mudah untuk digunakan. Tinggal memilih sendiri apakah ingin memakai aplikasi di ponsel atau mengaksesnya lewat website di PC. Tinggal menyesuaikan bagaimana kebiasaan Anda masing-masing.

Itulah tadi adalah bagaimana cara login SISDMK dengan mudah dan cepat. Sebenarnya tidak sulit kok untuk mengakses akun tenaga kesehatan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.