Cara Logout Akun WA di HP Tanpa Menghapus Akun

Cara Logout Akun WA Dengan Mudah

Cara Logout Akun WA Dengan Mudah

WhatsApp (WA) merupakan salah satu aplikasi terpopuler yang saat ini digunakan di Indonesia maupun dunia. Fiturnya yang lengkap dan praktis menjadikan WA sebagai aplikasi paling banyak diminati. Mulai dari berkirim pesan, voice note, foto, video, dokumen, hingga video call.

Namun, pernahkah Anda dihadapkan pada situasi yang mengharuskan Anda untuk logout akun WA? Biasanya hal ini dilakukan ketika dalam keadaan mendesak seperti kecopetan, ponsel hilang, ingin menjual ponsel, atau ingin mengganti nomor WA.

Nah, masalahnya WA masih belum menyajikan fitur logout pada Aplikasinya. Namun, Anda tak perlu khawatir, ada trik dan cara logout akun WA dengan aman, praktis, dan mudah.

Persiapan Sebelum Logout WhatsApp

Sebelum berlanjut ke cara log out akun WA, sedikitnya Anda harus mempersiapkan dua hal berikut ini agar proses log out akun WA Anda berjalan lancar dan sukses, yakni :

Nomor WhatsApp Masih Aktif

Pertama, Anda harus memastikan bahwa nomor HP yang dipakai pada akun WA masih aktif dan berfungsi. Karena nantinya, kode verifikasi akan dikirimkan melalui sms ke nomor tersebut. Pastikan juga ponsel yang digunakan dalam keadaan aktif atau hidup.

Backup Riwayat Chat WhatsApp

Hal ini perlu dilakukan agar ketika logout WA data dan riwayat chat penting di dalamnya tidak hilang. Sehingga ketika login data serta riwayat chat akan kembali atau ter-restore. Sebab, terkadang logout WA dapat menyebabkan chat dan data penting lainnya ikut terhapus. Jadi, pastikan Anda telah benar-benar membackup chat dan data tersebut. Berikut ini langkah-langkah membackup riwayat chat dan data penting sebelum logout WA :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Setelan”.
  4. Pilih “Chat”.
  5. Pilih “Cadangan Chat”.

    Lakukan Backup History Percakapan Sebelum Logout WA

    Lakukan Backup History Percakapan Sebelum Logout WA

  6. Tekan tombol “Cadangkan”.
  7. Pilih Google Drive.
  8. Selesai.

Setelah selesai di backup, ketika login kembali ke akun WA, Anda cukup me-restore riwayat chat tersebut agar chat-chat sebelumnya tidak hilang akun WA Anda kembali seperti normal.

Cara Logout Akun WhatsApp di HP iPhone atau Android

Sebagian pengguna WA melogout akun WA dengan cara menghapus aplikasi tersebut. Padahal, ada tips dan trik lain untuk logout akun WA tanpa harus menghapus aplikasinya. Berikut langkah-langkahnya :

Clear Data WhatsApp untuk Keluar dari Akun WA

Banyak yang belum mengetahui bahwa clear data tak hanya digunakan untuk memperbaiki sistem error pada aplikasi atau mengosongkan memori. Clear data ternyata juga bisa dipakai untuk me-logout akun WA tanpa harus kehilangan akun aslinya. Berikut ini cara logout akun WA dengan clear data :

  1. Buka menu “Setelan” di smartphone Anda.
  2. Cari dan buka “Aplikasi”.

    Cara Logout Akun Whatsapp di iPhone Dan Android

    Cara Logout Akun Whatsapp di iPhone Dan Android

  3. Cari dan pilih “WhatsApp”.

    Pilih Aplikasi WhatsApp

    Pilih Aplikasi WhatsApp

  4. Tekan tombol “Paksa Berhenti” atau “Force Stop”.

    Paksa WhatsApp Untuk Berhenti

    Paksa WhatsApp Untuk Berhenti

  5. Tekan tombol “Penyimpanan”.
  6. Tekan tombol “Hapus Data atau “Clear Data”.

    Lakukan Hapus Data Dan Hapus Cache Untuk Keluar Dari Akun WhatsApp

    Lakukan Hapus Data Dan Hapus Cache Untuk Keluar Dari Akun WhatsApp

  7. Tekan tombol “Hapus Cache” atau “Clear Cache”.
  8. Anda sudah keluar dari akun WhatsApp.
  9. Selesai.

Kini, Anda sudah bisa logout akun WA. Apabila Anda ingin login lagi ke akun yang sama, maka tinggal masukkan nomor HP dan kode verifikasinya.

Cara Logout Akun WA Dengan Install Ulang WhatsApp

Hal yang dimaksud memasang ulang aplikasi WA di sini adalah menginstall ulang aplikasi WA. Cara ini adalah trik paling jitu untuk logout akun WA. Dengan demikian, secara otomatis aplikasi WA Anda akan ter-refresh dengan sendirinya. Berikut langkah dan cara logout akun WA dengan menginstall ulang.

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Ketik “WhatsApp” di kotak pencarian.
  3. Pilih “WhatsApp”.
  4. Tekan tombol “Uninstal”.

    Cara Logout Akun WA Dengan Reinstall Aplikasi WhatsApp

    Cara Logout Akun WA Dengan Reinstall Aplikasi WhatsApp

  5. Tunggu hingga proses uninstall selesai.
  6. Setelah selesai, download kembali aplikasi WA.
  7. Install lagi aplikasi WhatsApp.

    Install Kembali Aplikasi WhatsApp Setelah Dihapus

    Install Kembali Aplikasi WhatsApp Setelah Dihapus

  8. Sekarang Anda sudah log out dari akun WA.
  9. Selesai.

Anda tak perlu khawatir akan kehilangan data, akun, atau chat karena cara ini sangat aman dan tidak berpengaruh pada data maupun history chat pada akun WA.

Cara Logout di WA Web

Tahukah Anda bahwa akun WA pada ponsel bisa terhubung langsung dengan WA pada website? Ternyata, Anda juga bisa me-logout akun WA melalui website. Berbeda dengan dua tips sebelumnya, WA website akun WA akan selalu terhubung apabila tidak di logout. Berikut ini tips dan langkah mudah logout WA melalui WhatsApp web.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  3. Pilih “WhatsApp Web”.

    Cara Logout Aplikasi WhatsApp di WhatsApp Web

    Cara Logout Aplikasi WhatsApp di WhatsApp Web

  4. Pilih “Keluar dari semua perangkat”.
  5. Otomatis Anda sudah log out dari WA.
  6. Pilih Keluar Dari Semua Perangkat Untuk Logout Dari WA

    Pilih Keluar Dari Semua Perangkat Untuk Logout Dari WA

  7. Selesai.

Cara Restore Riwayat Chat WhatsApp Saat Login Lagi

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan log out akun WhatsApp ialah melakukan back up riwayat chat. Jika suatu saat Anda ingin log in kembali, jangan lupa untuk melakukan restore riwayat percakapan yang sudah Anda back up sebelum melakukan log out. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  • Pilih “Setelan”.
  • Pilih “Chat”.
  • Pilih “Cadangan Chat”.
  • Lakukan restore dari file back up.
  • Tunggu proses restore.
  • Selesai.

Cara logout akun WhatsApp diatas dapat dilakukan untuk HP iPhone maupun HP Android dengan berbagai merk seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Lenovo, ASUS, Sony, Realme, dll. Yang penting Anda paham prinsip kerjanya.

Nah, itulah tiga cara logout akun WA yang mudah dan praktis. Perlu dicatat bahwa me-logout akun WA melalui browser atau website, secara otomatis akan me-logout semua akun WA yang ada di perangkat lainnya. Semoga cara ini dapat membantu permasalahan Anda dalam hal logout WA. Kira-kira cara manakah yang ingin Anda coba?

Sekarang Anda sudah berhasil logout dari akun WA. Jika sewaktu-waktu Anda ingin masuk ke WhatsApp web, Anda bisa melakukannya bahkan tanpa scan barcode atau kode QR. Bagaimana caranya? Simak saja Cara Login WhatsApp Web Tanpa Scan Barcode.

Jika ternyata Anda memutuskan tidak ingin memiliki akun WhatsApp lagi, Anda dapat menggunakan Cara Menghapus Akun WhatsApp Sementara Maupun Permanen. Jika merasa sayang, Anda dapat juga mencoba Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Di Android Dan iPhone.

Leave a Reply