Cara Masuk YouTube Mode Desktop di HP Android

Advertisements
Cara Masuk YouTube Mode Desktop di HP Android
Cara Masuk YouTube Mode Desktop di HP Android

Cara masuk YouTube mode desktop di HP Android sama sekali tidak rumit dan mudah dicoba oleh siapapun. Sekarang ini semakin banyak orang yang menginginkannya karena pada versi desktop memiliki fitur-fitur lebih lengkap. Tentu saja berbeda dengan aplikasi YouTube yang bisa didownload lewat App Store dan Google Play Store.

Untuk bisa mengakses beranda YouTube layaknya di PC dan laptop, pemilik HP Android juga bisa melakukannya. Tidak ada cara khusus yang membuat Anda merasa pusing nantinya, karena memang benar-benar simpel.

Nah, tanpa perlu panjang lebar Anda bisa langsung menyimak cara masuk YouTube versi desktop di HP Android pada ulasan berikut ini.

Apa itu YouTube Desktop?

YouTube Desktop adalah versi PC yang menghadirkan beranda berbeda dan fitur yang lebih komplit. Pada halaman depan, Anda langsung disambut oleh puluhan rekomendasi video dengan tampilan yang lebar. Tidak seperti YouTube versi mobile yang harus discroll ke bawah.

YouTube versi mobile menampilkan user interface yang lebih compact kepada para pengguna. Menu yang ditampilkan juga tidak terlalu banyak, hanya ala kadarnya saja. Bisa Anda bandingkan sendiri tampilan YouTube di HP dan YouTube versi desktop.

YouTube desktop dibutuhkan oleh content creator yang ingin mengupdate konten lewat HP. Meskipun sudah ada aplikasi YouTube seluler, akan tetapi fitur yang bisa diakses oleh content creator sangatlah terbatas.

Melalui YouTube versi desktop, Anda bisa menambahkan tags pada video, mengganti thumbnail, dan masih banyak lagi. Hal itu pastinya tidak bisa dilakukan memakai YouTube seluler.

Meskipun Anda belum memiliki laptop atau PC, bukan berarti harus berputus asa menjadi content creator. Semua fitur yang sama bisa diakses lewat HP, dengan memanfaatkan YouTube versi desktop.

Selain menawarkan beberapa keunggulan diatas, YouTube versi desktop pastinya memiliki kekurangan ketika diakses lewat HP Android. Pertama, Anda perlu melakukan zoom terlebih dahulu setiap kali ingin klik video atau melihatnya dengan lebih jelas.

Kedua, paket internet yang dibutuhkan jauh lebih besar daripada versi seluler. Sedangkan kelemahan yang terakhir adalah memuat data cache lebih banyak.

Cara Masuk YouTube Mode Desktop di HP Android

Seperti pembahasan sebelumnya, tentu ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin membuka YouTube mode desktop dari HP Android mereka. Untuk melakukan hal ini yang dibutuhkan adalah browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lain sebagainya.

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut:

Buka Aplikasi Browser Andalan Anda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke YouTube desktop adalah membuka browser. Pada contoh kali ini kami menggunakan Google Chrome, karena sudah terinstall di semua HP. Sehingga Anda tidak perlu repot mengunduh browser di Google Play Store.

Buka Website YouTube Untuk Masuk YouTube Mode Desktop

Setelah aplikasi Google Chrome terbuka, kemudian ketik YouTube di kolom pencarian. Kemudian akan muncul beberapa pilihan YouTube, klik yang paling atas karena itu website official YouTube.

Ketika Anda memencet website YouTube, secara otomatis diarahkan menuju ke YouTube seluler di HP.

Nonaktifkan Aplikasi YouTube di HP

Untuk mencegah YouTube seluler dibuka otomatis, maka Anda perlu menonaktifkan aplikasi YouTube bawaan di ponsel. Untuk melakukannya ikuti panduan berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP Android.
  • Scroll ke bawah hingga menemukan opsi Aplikasi.
  • Scroll ke bawah sampai menemukan aplikasi YouTube.
  • Lalu klik pada aplikasi Youtube tersebut.
  • Sekarang Anda klik opsi “Disable” atau “Nonaktifkan”.
  • Silahkan sesuaikan dengan tampilan HP masing-masing.
  • Biasanya tampilan berbeda-beda.

Sesudah aplikasi YouTube seluler di HP berhasil dinonaktifkan, barulah Anda kembali ke Google Chrome dan ke tahap berikutnya.

Masuk YouTube Mode Desktop Dengan Mengatur Chrome

Buka kembali website YouTube di Google Chrome, lalu klik icon titik tiga di pojok kanan atas. Nantinya muncul Pengaturan atau Setelan Chrome.

Pilih Opsi Desktop

Sesudah icon titik tiga diklik, Anda bisa menemukan banyak pilihan menu. Silahkan klik “Situs desktop”. Nah, sekarang beranda YouTube Anda sudah beralih ke versi desktop. Tampilannya persis seperti di PC dan lebih leluasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas barulah kemudian YouTube mode desktop bisa diakses di HP Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara masuk YouTube mode desktop di HP Android. Sebenarnya sangat mudah bukan? Anda hanya perlu menonaktifkan aplikasi YouTube seluler dahulu dan mengaktifkan opsi “tampilan desktop” di Google Chrome.