Cara Melihat Kode QR WhatsApp Sendiri Dengan Mudah

Cara Melihat Kode QR WhatsApp Sendiri Dengan Mudah

Cara Melihat Kode QR WhatsApp Sendiri Dengan Mudah

Salah satu alasan yang membuat aplikasi chatting WhatsApp (WA) digemari banyak orang ialah fitur-fiturnya yang canggih, praktis, dan mudah digunakan, salah satunya kode QR WA. Lalu, bagaimana cara melihat kode QR WhatsApp sendiri dengan mudah?

Menurut Kementerian Perindustrian, kode QR adalah kode matriks atau dua dimensi barcode yang dibuat oleh perusahan Jepang, Denso-Wave di tahun 1994. Inisial “QR” merupakan kepanjangan dari “Quick Response” agar dapat digunakan dalam kecepatan tinggi.

Selain digunakan pada fitur WA, kode QR juga digunakan di berbagai aplikasi lainnya mulai dari menyambungkan sosial media hingga media pembayaran yang praktis dan cepat. Pada WA, fitur kode QR ini dapat diakses dengan perangkat komputer, laptop, maupun ponsel dengan cara memindainya melalui kamera belakang ponsel.

Fitur ini tentu sangat membantu Anda para pekerja kantoran, mahasiswa, hingga wiraswasta yang sedang bekerja menggunakan laptop atau komputer dan menginginkan cara yang lebih praktis untuk tetap bisa bekerja dengan leluasa sambil berkomunikasi dengan rekan bisnis melalui WhatsApp.

Oleh sebab itu, mengetahui cara melihat kode QR WhatsApp adalah salah satu hal penting yang harus Anda mengerti demi mempermudah komunikasi dengan aplikasi sejuta umat ini.

Fungsi Kode QR di WhatsApp

Secara umum, kode QR ini dibuat untuk mempermudah pengguna menemukan dan berkomunikasi dengan orang lain dengan cara memindai atau scan kode QR tersebut.

Selain itu, kode QR juga diperlukan untuk menyimpan URL. Sehingga ketika seseorang memindai kode QR tersebut maka akan diarahkan ke alamat URL yang dimaksud seperti alamat website, online shop, Youtube dan sosial media lainnya.

Sedangkan fungsi utama kode QR pada WA ialah untuk menyambungkan atau membuka WA melalui komputer atau laptop. Dengan begitu, memungkinkan Anda untuk mempermudah komunikasi kita dengan orang lain ketika bekerja menggunakan laptop.

Dengan demikian, Anda tak perlu lagi memegang ponsel untuk membalas pesan WA dari orang lain. Cukup dengan scan QR, chat, data, dan nomor WA sudah akan langsung tersinkronisasi.

Cara Melihat Kode QR WhatsApp di PC atau Laptop

Nah, untuk bisa melakukan hal-hal di atas, Anda lebih dulu harus mengetahui cara melihat kode QR WhatsApp. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melihat kode QR WA.

Melihat QR Code WhatsApp di Laptop PC atau Komputer

Melihat QR Code WhatsApp di Laptop PC atau Komputer

  • Hidupkan laptop, PC atau komputer.
  • Buka WhatsApp Web lewat browser.
  • Tunggu hingga halaman terbuka.
  • Akan ada kotak barcode di sisi kanan.

Nah, setelah melihat kotak barcode di sisi kanan, maka tinggal di scan menggunakan kamera ponsel belakang untuk bisa login ke WhatsApp Web. Cukup mudah bukan? Cara melihat QR code WhatsApp di iPhone kurang lebih sama dengan di HP Android.

Bagaimana dengan cara melihat kode QR WhatsApp orang lain? Tentu saja bisa. Asalkan Anda meminjam terlebih dahulu HP orang tersebut. Setelah itu lakukan langkah-langkah diatas untuk melihat kode QR WhatsApp orang tersebut.

QR Code untuk Membuka WA di PC atau Laptop

Mengakses WA dengan cara scan barcode adalah cara paling mudah dan praktis untuk bisa login ke WhatsApp web. Sebab, Anda tak perlu lagi kerepotan memasukkan email, password, maupun nomor HP.

Selain itu, cara ini juga terbilang sangat praktis dan cepat. Tinggal sekali scan dan membutuhkan waktu kurang dari 5 detik, Anda sudah bisa terhubung dengan WhatsApp Web.

Untuk bisa melakukan scan barcode, pastikan ponsel Anda dalam keadaan aktif, sudah menginstall aplikasi WA, dan koneksi internetnya stabil. Sebab, apabila koneksi internet tidak stabil, dapat menyebabkan proses scanning menjadi terhambat dan tidak dapat terhubung dengan WhatsApp web.

Berikut ini langkah-langkah dan cara mengakses WhatsApp di PC atau laptop dengan scan kode batang.

  1. Aktifkan internet di HP Anda.
  2. Buka aplikasi WhatsApp.
  3. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  4. Pilih “WhatsApp Web”.
  5. Otomatis HP akan berpindah ke mode kamera.

    Cara Menggunakan Kode QR Untuk Membuka WhatsApp Web

    Cara Menggunakan Kode QR Untuk Membuka WhatsApp Web

  6. Arahkan HP ke kode QR di browser.
  7. Tunggu kamera melakukan scanning kode QR.
  8. WhatsApp Web akan login dengan akun WA yang ada di HP.
  9. Selesai.

Itulah cara melihat kode QR WhatsApp, mudah dan cepat bukan? Dengan begini, Anda bisa berkomunikasi melalui WA dengan siapapun dan kapanpun menggunakan perangkat laptop juga komputer. Lebih praktis, Anda tak perlu kerepotan membuka ponsel hanya untuk membalas pesan. Sehingga pekerjaan Anda tidak terganggu.

Sama halnya dengan memakai WhatsApp di ponsel, di sini Anda juga bisa chatting, mengirimkan foto, video, dokumen hingga memasang dan melihat status pengguna WhatsApp lainnya yang terdaftar pada nomor kontak Anda.

Meski begitu, apabila menggunakan WhatsApp Web, Anda tidak bisa menelpon atau menerima telepon. Untuk bisa berkomunikasi via telepon, Anda masih harus menggunakan aplikasi WhatsApp pada ponsel.

Namun, tetap saja, mengetahui kode QR WhatsApp lalu menggunakan WhatsApp Web bisa jadi solusi jitu untuk mempermudah media komunikasi dengan orang lain.

Jangan lupa untuk me-logout kembali WhatsApp Web Anda apabila telah selesai digunakan pada PC agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Terlebih jika Anda memakai komputer kantor untuk login ke WhatsApp Web.

Demikianlah cara melihat kode QR WhatsApp sendiri di HP Android maupun iPhone. Yang terpenting Anda prinsip kerjanya sehingga bisa mengaplikasikan cara diatas pada berbagai jenis HP maupun merk HP. Selamat mencoba!

Leave a Reply