Cara Melihat Spesifikasi Laptop, PC, Komputer [SUPER GAMPANG]

Advertisements
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 7 Windows 8 Dan Windows 10
Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 7 Windows 8 Dan Windows 10

Bagaimana cara melihat spesifikasi laptop, komputer atau PC sendiri? Anda akan mengetahui cara melihat spesifikasi laptop dengan OS Windows 7, Windows 8 atau Windows 10. Lihat spek memori, RAM, CPU, GPU, VGA card jadi mudah!

Advertisements

Banyak orang masih merasa bingung perihal cara melihat spesifikasi laptop yang dimilikinya. Satu-satunya sumber informasi yang mereka ketahui biasanya berasal dari kardus pembungkus laptop saat pertama kali membeli atau brosur yang ada di toko penjual laptop. Tentu saja kedua item tersebut bukanlah sesuatu yang lumrah dibawa bepergian.

Jika Anda juga mengalami hal yang sama, sebenarnya ada cara cek spesifikasi laptop yang lebih mudah dan bisa dilakukan kapan pun selama laptop tersebut Anda bawa. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang permasalahan tersebut. Oleh karena itu, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui apa saja yang harus Anda lakukan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Sebuah laptop terdiri dari berbagai macam komponen di dalamnya, mulai dari RAM, hardisk, prosesor, kartu grafis, dll. Saat laptop dinyalakan, sebenarnya informasi yang memuat tentang komponen-komponen tersebut bisa Anda akses dengan mudah tanpa harus terhubung ke internet.

Jika Anda menggunakan OS Windows terbaru seperti Windows 10 atau Windows 8.1, Anda bisa mengakses menu Settings > System > About. Di sini, Anda dapat melihat berbagai informasi seputar laptop yang sedang digunakan, seperti versi Windows, kapasitas RAM, kapasitas memory, prosesor, dll.

Untuk Windows versi lama, seperti Windows XP atau 7, menu di atas bisa diakses dengan cara klik kanan pada My Computer, lalu pilih Properties atau System Properties. Informasi yang sama juga akan ditampilkan di layar laptop yang Anda gunakan. Cara melihat spesifikasi laptop ini tentu jauh lebih mudah dibanding harus mencarinya melalui katalog.

Perlu Anda ketahui, informasi terkait RAM sangat bergantung pada versi Windows yang Anda gunakan. Jika Windows Anda menggunakan versi 32-bit, jumlah RAM yang akan ditampilkan tidak lebih dari 4 GB. Untuk itu, apabila Anda menggunakan RAM lebih dari 4 GB sebaiknya menggunakan Windows versi 64-bit agar informasinya bisa ditampilkan secara utuh.

Selanjutnya, spesifikasi yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah VGA atau GPU. Kedua komponen tersebut biasanya terpasang secara onboard dan juga dedicate. Untuk melihat informasi keduanya, Anda bisa mulai dengan menekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Windows Run. Setelah itu, ketik “dxdiag” pada kolom pencarian, lalu tekan OK.

Perintah di atas akan membuka DirectX Diagnostic Tool yang terdiri dari beberapa tab informasi. Untuk mengetahui informasi tentang VGA atau GPU onboard, silakan klik pada tab display. Informasi kedua komponen tersebut bisa Anda lihat di sana. Sedangkan untuk VGA atau GPU yang dipasang secara dedicate bisa Anda lihat pada tab render.

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengakses Device Manager. Silakan klik tombol Start lalu ketik “device manager” di kolom pencarian dan tekan “Enter”. Tidak lama kemudian akan muncul informasi tentang perangkat yang terhubung di laptop Anda. Untuk melihat VGA atau GPU yang Anda gunakan, silahkan klik kategori Display adapters.

Cara Cek Spesifikasi Laptop Di Control Panel

Dengan menggunakan control panel, Anda juga dapat melihat spek dari laptop atau komputer Anda. Seperti apa caranya? Yuk simak langkah berikut ini.

  • Buka Windows Explorer (tekan Windows + E).
  • Klik “My Computer” atau “This PC”.
  • Klik kanan.
  • Pilih “Properties”.
  • Muncul jendela berisi spesifikasi laptop.
  • Selesai.

Melihat Spekifikasi Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan Dengan CMD

CMD atau singkatan dari command prompt juga dapat dipakai untuk melihat spesifikasi laptop secara lengkap. CMD merupakan program bawaan Windows, jadi Anda tidak perlu menginstall aplikasi lain untuk mengecek spek laptop Anda. Cara menggunakan CMD adalah sebagai berikut.

  • Klik start menu dipojok kiri bawah.
  • Ketik “command prompt”.
  • Tekan tombol “Enter”.
  • Muncul jendela “Command Prompt”.
  • Ketik “systeminfo”.
  • Tekan tombol “Enter”.
  • Tunggu proses.
  • Akan tampil spesifikasi laptop.
  • Selesai.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop dengan Lebih Mudah

Jika cara di atas masih membingungkan untuk Anda, maka solusi terbaik adalah menggunakan aplikasi Speccy. Cara ini jauh lebih mudah karena Anda tinggal menjalankan aplikasi ini saja dan semua spesifikasi di laptop bisa Anda lihat secara lengkap.

Selain aplikasi speccy, Anda juga dapat menggunakan software CPU-Z. Yang perlu Anda lakukan hanyalah download software CPU-Z kemudian install software tersebut. Setelah selesai, langsung buka saja CPU-Z yang sudah Anda install. Secara otomatis spesifikasi laptop atau PC Anda akan terlihat di jendela CPU-Z.

Bagi Anda pengguna VGA merk Nvidia, Anda dapat menggunakan program GeForce Experience untuk cek VGA laptop dan spek lainnya. Caranya download program Geforce Experience dan install. Jika sudah, buka programnya dan klik “Settings” di area pojok kanan atas. Akan muncul jendela yang berisi spek laptop Anda.

Biasanya, untuk menginstal sebuah software atau games dibutuhkan system requirements tertentu agar software tersebut bisa berjalan lancar. Dengan cara melihat spesifikasi laptop terlebih dahulu, Anda bisa memastikan bahwa software yang akan diinstal sudah kompatibel dengan laptop yang digunakan.

Cara cek spek komputer, PC dan laptop diatas dapat digunakan untuk berbagai macam merk laptop seperti ASUS, HP, Lenovo, Dell, Acer, Toshiba, Compaq, dll. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas, langsung saja tanyakan di kolom komentar. Selamat mencoba!