Cara Memasukan Preset Lightroom Android [TERBARU] Dijamin Mudah

Advertisements
Cara Mudah Memasukan File Preset DNG Lightroom CC Android XMP
Cara Mudah Memasukan File Preset DNG Lightroom CC Android XMP

Sekarang ini banyak kemudahan dalam berbagai hal, seperti pengeditan foto di ponsel memakai aplikasi Lightroom. Tentunya, Anda perlu mengetahui cara memasukan preset Lightroom Android supaya dapat berkreasi sesuai selera. Selain itu, Anda juga bisa memiliki foto-foto yang bagus.

Teruntuk Anda yang sudah mulai bosan dengan hasil foto itu-itu saja, maka membutuhkan aplikasi editing seperti Adobe Lightroom. Di dalamnya memiliki teknologi canggih untuk membantu dalam manipulasi gambar serta image organizer.

Apk Lightroom pada Android memiliki berbagai fitur canggih dan menarik. Salah satu fitur andalan dari aplikasi Lightroom adalah adanya fitur preset. Cara memasukan preset Lightroom Android bisa disimak pada artikel berikut.

Cara Memasukan Preset Lightroom Android

Aplikasi Lightroom hadir dengan fitur-fitur keren di dalamnya. Dimana, aplikasi Lightroom memiliki berbagai fitur seperti prest yang dapat mengubah warna dengan estetik pada gambar. Sekarang kami akan membahas cara memasukan preset Lightroom Android dengan mudah untuk Anda.

Perlu diketahui, dalam aplikasi Lightroom terdapat dua jenis format gambar yang bisa diedit yakni DNG atau RAW dan juga XMP. Dimana, dalam memasukan preset Lightroom antara keduanya memiliki cara yang berbeda.

Setelah menginstall Lightroom di ponsel, jangan lupa download preset yang bisa dicari di internet. Kemudian mengikuti langkah-langkah berikut:

Buka Aplikasi Lightroom Untuk Memasukan Preset Lightroom Android

Hal pertama dilakukan adalah dengan membuka aplikasi Lightroom. Apabila, Anda belum memiliki aplikasi tersebut maka bisa dilakukan download lebih dulu. Unduh aplikasi Lightroom tersebut lewat link ini. Lakukan pencarian dan unduh kumpulan preset Lightroom yang ada di internet. Lalu, buka dan jalankan aplikasi yang sudah diunduh.

Pastikan Anda juga telah memiliki file preset. Jika belum memilikinya maka perlu mengunduh file preset di internet. Setelah itu lakukan setting terhadap file tersebut. Caranya yakni berikut:

  • Bukalah menu Penyimpanan atau pengelola file dan carilah folder download. Lalu, cari dan pilih file preset yang telah di download tadi. Apabila file tersebut berbentuk Rar tau Zip maka harus ekstrak lebih dulu.
  • Selanjutnya, akan muncul menu folder preset yang sudah dilakukan ekstrak. Lalu, tekan lama pada folder tersebut sampai muncul opsi dan pilih, pindah atau copy. Jika sudah, dilanjutkan dengan membuka folder Android, lalu tekan menu Data.
  • Setelah itu, cari dan tekan folder com.adobe.irmobile. Kemudian, pilih menu file yang ada di dalamnya dan lakukan paste pada folder UserStyle. Pada saat melakukan ekstrak hingga membuat folder preset tersebut, akan sama pada format XMP maupun DNG.

Pilih Foto Yang Mau Diedit

Jika sudah selesai dalam melakukan setting file preset sampai ekstrak dan membuat folder, maka cara memasukkan preset Lightroom yang selanjutnya adalah memilih foto.

Pertama buka aplikasi Lightroom, maka akan tampil halaman utama. Kemudian Anda bisa cari dan pilih menu Semua Foto. Dilanjutkan dengan menekan opsi bertanda +. Lalu, aplikasi akan menampilkan folder foto yang ada di perangkat. Anda dapat mencari dan memilih foto yang akan dilakukan pengeditan.

Pilih Preset Lightroom Android

Apabila Anda telah selesai memilih foto, maka selanjutnya adalah memilih menu preset untuk pengeditan lebih lanjut. Caranya adalah Anda masuk menu pengeditan, lalu gulir kebawah hingga menemukan menu preset.

Namun, apabila tidak menjumpai di bawahnya, maka bisa dengan men-swipe kanan, disitu akan menampilkan banyak menu. Anda bisa scroll hingga menemukan menu Preset dan tekan menu tersebut supaya dapat menerapkan pada foto.

Pilih Ikon Titik 3

Untuk langkah berikutnya, apabila sudah masuk menu preset, maka dilanjutkan dengan menekan ikon titik tiga. Dimana, biasanya ikon tersebut terletak di area atau bagian atas halaman.

Pilih Import Preset Lightroom Android

Apabila sudah menekan ikon titik tiganya, maka akan muncul halaman dari menu ikon tersebut. Lalu, cari dan pilih menu Import preset yang ada di bagian bawah. Nantinya, dari menu tersebut akan menampilkan pilihan menu preset yang ingin dipakai.

Silakan pilih menu preset yang ada, nantinya akan muncul folder preset yang sudah disiapkan pada langkah awal.

Tentukan Preset Hendak Dipakai

Berikutnya, ketika masuk folder preset, maka selanjutnya adalah memilih preset mana yang ingin diterapkan. Tentunya, pastikan Anda sudah punya file preset untuk editing.

Tunggu Proses Import

Apabila telah memilih preset, maka aplikasi Lightroom akan melakukan import data tersebut dengan otomatis. Anda cukup menunggu sampai proses penerapan preset tersebut berhasil. Jika proses sudah selesai, selanjutnya tinggal tekan ikon simpan di kanan layar. Dengan begitu, otomatis file gambar masuk pada perangkat.

Untuk mendapatkan file preset, Anda dapat mengunduhnya di internet. Ketika, gambar yang telah di preset selesai, Anda dapat langsung melakukan penyimpanan dengan menekan Save. Dengan begitu, gambar tersebut akan otomatis tersimpan pada galeri di perangkat Android.

Itulah tadi beberapa hal mengenai aplikasi Lightroom dengan fitur yang ada di dalamnya. Dalam penggunaannya, cara memasukan preset Lightroom Android cukup mudah jika sudah terbiasa. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah diatas dengan teliti. Selamat mencoba!