Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp [Hemat Kuota]

Bagaimana cara mematikan download otomatis WhatsApp di WhatsApp Android, WhatsApp iPhone ataupun WhatsApp web? Ketahui cara menonaktifkan download otomatis di WA baik untuk foto, audio, video maupun dokumen lain.

Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp
Cara Mematikan Download Otomatis WhatsApp

Pengguna aplikasi WhatsApp kian lama kian meningkat apalagi dengan kemudahan berkomunikasi yang ditawarkan. Sayangnya, banyak keluhan diungkapkan oleh para pengguna terkait bagaimana cara mematikan download otomatis whatsapp yang menyebabkan kinerja smartphone menjadi lebih lambat.

Sistem download otomatis dari WhatsApp dinilai membuat HP menjadi lemot dan juga menyebabkan penggunaan data internet menjadi lebih boros. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya foto dan video yang terdownload diluar keinginan sang pemilik.

Ternyata fitur ini dapat Anda setting dengan mudah sehingga video dan foto yang dikirim oleh orang lain dapat terpantau dan tidak otomatis terdownload. Berikut adalah beberapa informasi mengenai fitur download otomatis beserta sistem kerjanya yang perlu anda ketahui.

Manfaat Menonaktifkan Fitur Download Otomatis Di WhatsApp

Sesuai dengan namanya, fitur download otomatis pada aplikasi WhatsApp membuat semua foto, video dan dokumen akan terunduh secara otomatis ke memori handphone pengguna. Fitur ini sebenarnya dibuat untuk memudahkan pengguna WA agar tidak perlu melakukan download satu per satu terhadap file media yang telah diterima.

Selain itu, fitur ini juga memberikan kesempatan kepada Anda untuk menerima semua media (foto/audio/video/dokumen) dengan cepat sebelum dokumen yang diberikan terhapus atau dihapus oleh si pengirim.

Walaupun memberikan banyak kemudahan, namun terkadang fitur ini dapat mengunduh dokumen yang sebenarnya tidak diperlukan oleh pengguna. Hal ini sangat mungkin terjadi di dalam grup Whatsapp, dimana banyak anggotanya yang mengirim dokumen secara bersamaan.

Cara Menonaktifkan Download Otomatis Di WhatsApp

Bagi Anda yang masih belum mengetahui cara mematikan download otomatis WA dan berkeinginan untuk menonaktifkan download otomatis di WhatsApp, segera saja ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di Android, iPhone atau web.
  2. Pilih simbol titik tiga pada pojok kanan atas.
  3. Pilih menu “Setelan’.
  4. Pilih “Penggunaan Data dan Penyimpanan”.
  5. Perhatikan bagian “Unduh Otomatis Media”.
  6. Pilih “Saat Menggunakan Data Seluler”.
  7. Hilangkan semua centang.
  8. Pilih “OKE”.
  9. Pilih “Saat Terhubung WiFi”.
  10. Hilangkan semua centang.
  11. Pilih “OKE”.
  12. Selesai.

Seperti sudah kita lihat sebelumnya, dibagian “Unduh Otomatis Media” ada 3 menu yakni “Saat Menggunakan Data Seluler”, “Saat Terhubung WiFi” dan “Saat Roaming”. Simak berikut ini tentang beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui mengenai ketiga menu tersebut.

Menu “Saat Menggunakan Data Seluler” digunakan untuk mengatur download otomatis ketika Anda menggunakan data seluler. Dengan kata lain jika Anda menghidupkan data seluler, maka seluruh media yang dipilih pada menu “Saat Menggunakan Data Seluler” akan diunduh secara otomatis.

Menu “Saat Terhubung WiFi” digunakan untuk mengatur download otomatis ketika smartphone Android atau iPhone Anda menemukan jaringan wi-fi yang tersedia. Seluruh jenis file yang dipilih dalam menu “Saat Terhubung WiFi” akan terdownload saat HP terhubung dengan wi-fi.

Sedangkan menu “Saat Roaming” berfungsi mengatur auto download WA ketika handphone berada di negara luar. Pengaturan ini dapat kita ubah sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan kita.

Cara menghilangkan download otomatis pada WhatsApp yang telah disebutkan diatas dapat diterapkan pada WhatsApp Android, WhatsApp Iphone dan WhatsApp web. Dengan begitu File Manager dan Galeri Anda dapat terhindar dari gambar dan file-file yang tidak Anda perlukan.

Perlukah Menonaktifkan Download Otomatis Di WhatsApp?

Tentunya banyak yang bertanya mengenai seberapa penting fitur auto download WhatsApp? Apakah fitur download otomatis WA dibutuhkan dalam penggunaan WhatsApp? Sebenarnya fitur unduh otomatis memberikan kemudahan dalam proses pengambilan data, terutama ketika Anda ingin mengunduh banyak dokumen dalam satu waktu.

Yang menjadi masalah biasanya adalah kebutuhan memori internal yang cepat penuh. Jika Anda merasa bahwa penggunaan WhatsApp menguras penggunaan memori internal, maka Anda dapat mengatasinya dengan menghapus media yang tidak dipergunakan pada bagian geleri di memori internal.

Namun jika Anda tidak menonaktifkan download otomatis WhatsApp, maka kemungkinan besar ada foto, video atau dokumen lain yang tidak Anda butuhkan justru ikut terdownload. Hal ini perlu menjadi perhatian, terutama jika Anda tergabung dibanyak grup WA. Biasanya banyak anggota grup WA yang saling mengirimkan foto, audio hingga video.

Fitur download otomatis di WhatsApp memang memliki kelebihan dan kekurangan. Fitur ini memberikan nilai positif diantaranya mencegah hilangnya data atau file yang dihapus lagi oleh pengirimnya. Namun, fitur ini dapat menyebabkan memori internal menjadi mudah penuh. Pemakaian kuota internet juga menjadi lebih boros.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mungkin Anda bisa mencoba memberikan centang pada media foto saja. Alasannya karena media foto biasanya memiliki ukuran yang kecil. Anda bisa menghilangkan tanda centang pada media audio, video maupun dokumen yang umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dari pada ukuran foto.

Dengan mematikan download otomatis, maka Anda dapat mengontrol file-file yang hendak Anda download. Kini saatnya Anda melakukan backup data WA, ikuti Cara Backup Whatsapp Ke HP Lain Dengan Nomor Yang Sama.

Menonaktfikan download otomatis akan membuat WA tidak sembarangan melakukan download file. Nah jika ada status WhatsApp yang bagus, Anda dapat mengunduhnya dengan melakukan Cara Download Status WhatsApp Dan Video Story WA.

Terakhir, semoga artikel ini memberikan manfaat dan pemahaman mengenai tata cara mematikan download otomatis WhatsApp pada HP Android ataupun HP iPhone milik Anda. Selamat mencoba!