Cara Membuat Grup WhatsApp [Lengkap dan Praktis]

Cara Membuat Grup WhatsApp di iPhone dan Android

Cara Membuat Grup WhatsApp di iPhone dan Android

Di jaman yang serba praktis dan cepat tentu dibutuhkan media komunikasi yang dapat menyesuaikan kebutuhan. Salah satu aplikasi berkomunikasi yang paling digandrungi saat ini adalah WhatsApp (WA). Tak hanya sekadar chatting, WA juga menghadirkan fitur-fitur canggih seperti mengirim foto, video, dokumen, video call, telepon, pesan suara, membagikan lokasi atau maps hingga grup WA.

Bagi Anda yang belum mengetahui fungsi dari grup WA ialah memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dan berdiskusi dengan lebih dari satu orang. Sehingga komunikasi berjalan lebih cepat dan praktis saat menyebarkan informasi. Selain itu, biasanya grup WA juga digunakan untuk kepentingan pekerjaan, perkuliahan, sekolah, keluarga, sahabat, hingga perkumpulan lainnya.

Selain itu, selama menggunakan fitur grup WA, Anda tetap bisa menggunakan fitur WA pada umumnya. Perbedaannya ialah untuk bisa masuk ke dalam sebuah grup WA, Anda tidak bisa asal masuk, tapi harus dilakukan oleh admin grup yang mengundang Anda untuk masuk ke dalam grup. Lalu, bagaimana cara membuat grup WhatsApp? Di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara membuat grup WA hingga cara mengundang anggota masuk ke dalam grup.

Cara Membuat Grup WhatsApp Sendiri

Membuat grup WA sangatlah mudah dan cepat. Bahkan tak sampai lima menit Anda sudah bisa membuat grup WA dengan beberapa langkah sederhana. Berikut cara membuat grup WA :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  3. Pilih “Grup Baru”.

    Cara Buat WhatsApp Group Dengan Mudah

    Cara Buat WhatsApp Group Dengan Mudah

  4. Masukkan minimal 1 orang ke dalam grup.
  5. Lengkapi grup WA dengan nama grup & foto profil.
  6. Tekan tombol centang hijau.
  7. Selesai.

Nah, kini Anda sudah memiliki grup WA dan menjajal fitur-fitur yang ada di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan anggota dalam grup sebagai admin agar memudahkan proses invite atau mengundang anggota lain untuk masuk ke dalam grup. Langkah-langkah membuat grup di atas mudah diikuti, bukan?

Mengganti Nama dan Foto Profil Grup WhatsApp

Salah satu hal penting yang harus dilakukan ketika membuat grup WA ialah nama dan foto WA. Layaknya kontak WA, nama dan foto pada grup WA ini berfungsi sebagai kartu pengenal sehingga anggota yang diundang untuk masuk ke dalam grup mengetahui grup apa yang mereka masuki.

Namun, ada kalanya kita ingin mengganti nama dan foto WA karena faktor-faktor tertentu. Nah, berikut ini cara mengganti nama dan foto di grup WA :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih grup WA yang mau diberi nama & foto profil.
  3. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  4. Pilih “Info Group”.
  5. Pilih simbol pensil untuk mengganti nama grup.
  6. Ketuk foto profil WA untuk mengubah foto profil.
  7. Selesai.

Itulah cara mengganti foto dan nama pada grup WA, mudah dan praktis bukan? Jangan lupa menamai grup dengan informasi yang jelas agar tidak terjadi miskomunikasi dengan anggota yang diundang ke dalam grup.

Cara Mengundang Orang Lain Masuk ke Grup WA

Hal penting lain yang harus dilakukan setelah berhasil membuat grup WA adalah mengundang anggota lain untuk masuk ke dalam grup. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yakni secara manual atau menggunakan link. Berikut langkah-langkah mengundang anggota ke dalam grup WA :

Invite Anggota Grup Secara Manual

Mengundang anggota secara manual yang dimaksud ialah Anda menambahkan sendiri kontak yang ingin Anda masukkan ke dalam grup. Sehingga mereka yang bisa masuk ke dalam grup adalah orang-orang pilihan Anda sendiri. Berikut cara invite anggota secara manual :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka grup chat.
  3. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  4. Pilih “Info Group”.
  5. Pilih “Tambahkan Peserta”.
  6. Pilih orang yang akan diundang ke grup.
  7. Tekan tanda centang hijau.
  8. Selesai.

Invite Anggota Dengan Link Tautan

Jika mengundang secara manual dilakukan dengan memilih nomor kontak, maka mengundang anggota melalui link harus menggunakan tautan yang dibagikan ke kontak-kontak terpilih. Selain itu, link ini juga bisa diberikan ke orang lain sehingga lebih terbuka untuk umum. Berikut langkah-langkah invite anggota melalui link.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka grup chat.
  3. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas.
  4. Pilih “Info Group”.
  5. Pilih “Undang via tautan (link)”.
  6. Copy link yang diberikan.
  7. Bagikan atau kirimkan link ke orang lain.
  8. Selesai.

Demikian penjelasan mengenai cara membuat grup WhatsApp, mengganti foto, memberi nama grup WA, hingga mengundang anggota untuk masuk ke dalam grup WA. Semoga tips di atas berguna dan bermanfaat dalam menjawab pertanyaan Anda terkait cara membuat grup WA. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Nah tentunya Anda selama ini sudah bergabung dengan grup WhatsApp yang dibuat orang lain. Apakah diantara grup WA tersebut ada yang terlalu aktif, berisik hingga mengganggu aktivitas Anda? Jika ada, kami punya solusi yang tepat untuk Anda.

Simak Cara Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui Admin Dan Anggota Lain. Jadi Anda tidak perlu merasa malu atau sungkan karena tidak ada yang tau jika Anda keluar dari grup. Tapi jika hal tersebut terlalu bersiko, Anda juga bisa menerapkan Cara Memblokir Grup WhatsApp baik secara sementara atau permanen.

Leave a Reply