Cara Membuat Link WhatsApp Menuju Chat Langsung

Advertisements
Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Mudah
Cara Membuat Link WhatsApp Dengan Mudah

Apakah Anda pernah merasa penasaran, ketika buka media sosial muncul iklan produk tertentu lalu iklan tersebut memuat link WhatsApp langsung ke penjual? Pelaku bisnis online pasti ingin tahu bagaimana cara membuat link WhatsApp agar produk lebih mudah dijual dan ditawarkan.

Advertisements

Hari ini apa-apa serba online, tapi posting jualan di marketplace mungkin harus membangun semuanya dari awal. Lain cerita jika membagikan iklan produk melalui media sosial. Tentu lebih efektif karena terdapat pengikut dan teman yang sudah pasti melihat unggahan Anda.

Cara Membuat Link WhatsApp

Mengetahui bagaimana caranya membuat link WhatsApp ketika memiliki bisnis online pasti sangat membantu. Bahkan untuk pembeli sekalipun akan lebih berpotensi menjadi pelanggan karena diberikan akses kemudahan komunikasi tanpa harus lebih dahulu mencatat nomor.

Baca juga : Cara Membuat Stiker WhatsApp Di Android Dan iPhone

Untungnya saat ini sudah ada beberapa cara membuat link Whatsapp dengan mudah. Seperti apa? Berikut pembahasannya!

Cara Membuat Link WhatsApp Menggunakan Aplikasi (Otomatis)

Sekarang ini untuk membuat link Whatsapp dapat dilakukan secara otomatis. Para pemilik bisnis online, wajib ikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Buka situs wa.wizard.id.
  • Isi nomor handphone.
  • Isi chat WhatsApp.
  • Cek bagian preview.
  • Klik “Generate Link”.
  • Salin link.

Untuk menginformasikan berbagai produk yang Anda jual secara online, link tersebut dapat disalin ke bio Instagram atau mengikuti keterangan produk bersangkutan. Wizard bukan satu-satunya situs yang memudahkan Anda untuk mengaplikasikan cara membuat link Whatsapp.

Anda dapat juga memanfaatkan beberapa link lainnya, diantaranya create.wa.link, chatwith.io, dan linknge.com, dan masih banyak lainnya. Untuk mencari aplikasi atau situs serupa di internet, tuliskan saja kata kunci “WhatsApp Link Maker” pada Google.

Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Menuju Chat (Manual)

Walaupun sudah disediakan cara otomatis untuk menyediakan link pada keterangan produk, namun tidak sedikit orang yang penasaran ingin mencoba cara manual. Menjawab kebutuhan tersebut, berikut hal-hal yang harus diperhatikan :

  • Gunakan URL, seperti https://api.whatsapp.com/send?phone=
  • Tambahkan nomor handphone di belakangnya, tampilan perintahnya menjadi https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890.
  • Selesai.

Ketika link di atas diklik maka sistem akan langsung menuju ke ruang obrolan pemilik nomor tersebut. Input nomor di atas menggunakan kode negara Indonesia, yaitu 62. Lazimnya memang demikian, jangan menggunakan angka 0 karena berpotensi menyebabkan kesalahan.

Kemudian juga ketika memasukkan nomor telepon pastikan tidak ada satupun tanda baca maupun spasi antara nomor-nomor tersebut. Semua nomor harus diketik berdekatan, contoh yang salah 62-813-4567-890. Contoh yang benar 628134567890.

Cara Menambahkan Text pada Chat WhatsApp

Mengarahkan calon pembeli langsung menuju ruang obrolan WhatsApp, barangkali belum begitu praktis dibandingkan dengan adanya teks otomatis. Pernahkah anda klik link Whatsapp kemudian muncul kalimat kurang lebih seperti,

“Halo, saya ingin bertanya… ”

Kalimat seperti itulah yang akan kita bahas di sini. Untuk mengaplikasikannya, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Salin https://api.whatsapp.com/send?phone=nomorwhatsapp&teks=textkodewhatsapp.
  • Isi textkodewhatsapp dengan %20 untuk membuat spasi.
  • Isi textkodewhatsapp dengan %0A untuk memberi paragraf baru.

Contoh, isi pesan teksnya, “Halo, saya ingin bertanya…” maka format yang diisikan adalah https://api.whatsapp.com/send?phone=6281345678910&text=Halo%0ASaya ingin bertanya.

Maka nantinya ketika ada orang yang mengklik link tersebut akan langsung diarahkan menuju ruang obrolan. Mereka juga tidak perlu merangkai kalimat lagi sebab template sudah tersedia. Tinggal kirim kemudian percakapan dapat berlanjut lebih jauh untuk berbagai tujuan.

Bikin Link WA di Bitly

Bitly merupakan salah satu cara membuat link WhatsApp dengan memperpendek URL. Tujuannya untuk mempermudah publikasi. Biasanya Anda akan menemukan link bitly pada bio Instagram online shop maupun lainnya yang mengarahkan ke situs tertentu.

Untuk lebih jelasnya, coba aplikasikan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Bit.ly.
  • Pilih kolom pemendek URL.
  • Sematkan link.
  • Masukkan nomor handphone.
  • Masukkan kode chat WhatsApp.
  • Klik “Shorten”.
  • Salinan URL ada pada bagian bawah.
  • Klik “Copy”.

Selanjutnya Anda dapat menempelkan hasil pemendekan URL tersebut pada Instagram, Facebook, atau status WhatsApp. Nantinya orang yang mengklik bit.ly tersebut akan diarahkan langsung menuju ruang obrolan bersama Anda.

Hal yang harus diingat ketika mengaplikasikan cara membuat link WhatsApp dengan bit.ly adalah jangan salah sedikitpun menginput URL hasil pemendekan. Sebab jika terjadi kekeliruan, misal memasukan A yang semestinya a maka sistem tidak akan membaca dengan tepat.

Baca juga : Cara Voice Note WhatsApp

Ide berbisnis online adalah suatu gebrakan usaha yang mengikuti perkembangan zaman. Harus disadari bahwa demi mendapatkan pelanggan, bisnis ini dibangun oleh komunikasi secara lancar serta baik. Kian kemari masyarakat kita lebih suka hal-hal praktis ketimbang yang rumit.

Jika ada pilihan untuk datang ke toko konvensional dan toko online dengan biaya tidak jauh berbeda maka toko online adalah pilihan terbaik. Kemudian jika ada pilihan untuk mencatat nomor atau langsung klik link untuk komunikasi dengan penjual maka akan lebih praktis pilihan kedua.

Itu alasan kenapa cara membuat link WhatsApp harus diketahui dan diaplikasikan oleh Anda, para pebisnis online. Terlebih bagi yang baru memulai bisnis, strategi ini amat elok untuk meraih pelanggan.