Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp Android dan iPhone
Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp Android dan iPhone

Cara Membuat Tulisan Arab di WhatsApp – Biasanya, pada saat momen-momen tertentu seperti ramadhan atau lebaran, kita banyak menerima pesan WhatsApp, baik itu broadcast message atau chat biasa yang mengandung teks berbahasa Arab. Bisa itu berupa petikan nasihat ataupun tulisan “assalamualaikum” atau “bismillah”, yang dituliskan dalam teks berbahasa Arab.

Hal itu akan sering ditemui apalagi jika Anda tergabung dalam grup-grup kajian keagamaan atau kelas bahasa Arab. Sudah pasti teks pesan berbahasa Arab lazim mendominasi room chat, bukan?

Ngomong-ngomong, apakah Anda sudah tahu bagaimana caranya menulis teks bahasa Arab di WhatsApp? Sedangkan selama ini yang kita ketahui, keyboard Android kebanyakan memakai huruf latin.

Lantas, bagaimana orang-orang bisa menulis teks bahasa Arab di WhatsApp? Lalu buat apa teks bahasa Arab biasanya digunakan? Pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan lengkap mengenai hal tersebut.

Biasanya, Untuk Apa Teks Arab di WhatsApp Ini Dibutuhkan?

Seperti yang sudah dikatakan di atas, penggunaan teks bahasa Arab ini tergantung kebutuhannya dipakai untuk apa dan sesuai konteks apa. Kebanyakan tulisan bahasa Arab digunakan untuk menyampaikan teks original yang bisa saja menimbulkan kekeliruan jika dialihbahasakan ke bahasa latin.

Misalnya, menuliskan ayat-ayat Quran yang bahasanya mengandung tafsir tingkat tinggi, maka untuk menghindari kesalahan terjemahan dan penulisan, lebih baik dituliskan dalam bahasa Arab aslinya. Begitu juga dengan hadits-hadits nabi, doa-doa, tausiyah, dan lainnya yang memerlukan tulisan teks originalnya.

Cara Menulis Teks Bahasa Arab di WhatsApp

Nah, jika Anda ingin bisa juga menuliskan teks bahasa Arab di WhatsApp, kami akan memberikan panduan mudah mengetik tulisan Arab di WhatsApp meskipun keyboard Android Anda berbahasa latin.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengubah keyboard Anda dari latin menjadi Arabic, seperti berikut ini :

Dengan Setting WhatsApp

Cara pertama bisa Anda lakukan sendiri melalui pengaturan WhatsApp tanpa tambahan aplikasi lainnya seperti berikut ini :

  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Masuk ke salah satu jendela chat.
  • Ketuk kotak editor teks agar keyboard muncul.
  • Pilih simbol kotak di atas angka 1.
  • Pilih “Bahasa”.
  • Tekan tombol “Lainnya”.
  • Perhatikan “Bahasa lainnya”.
  • Pilih “Arabic”.
  • Selesai.

Cara yang pertama ini hanya melakukan pengubahan pada fitur bahasa pada keyboard saja, dan bisa dilakukan di handphone Android tanpa root.

Cara Kirim Bahasa Arab di WhatsApp Dengan Harakat

Karena tidak biasa membacanya, terkadang kita bingung membaca tulisan Arab gundul yang tanpa diberi harakat. Kalau yang sudah biasa akan mudah-mudah saja membacanya. Tapi untuk memudahkan yang tidak biasa, begini cara kirim teks bahasa Arab di WhatsApp dengan harakatnya :

  • Buka Google Playstore.
  • Cari “Keyboard Arabic Harokat”.
  • Download dan install.
  • Buka “Setelan” atau “Pengaturan” pada HP.
  • Pilih “Bahasa & Masukan”.
  • Pilih “Keyboard Virtual”.
  • Pilih “Mengelola Keyboard”.
  • Aktifkan “AR Harokat”.
  • Restart HP.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Tekan tombol dengan icon dunia.
  • Selesai.

Setelah ini, Anda bisa mengetik bahasa Arab yang sudah dilengkapi harakat untuk memudahkan membacanya.

Aplikasi Keyboard Lain yang Bisa Dicoba

Selain dari dua cara di atas yang kami beritahukan, ada juga aplikasi keyboard buat mengetik bahasa Arab di WhatsApp yang bisa Anda coba.

Kenapa harus pakai keyboard? Karena sebenarnya, mengetik teks bahasa Arab ini kuncinya ada pada keyboard. Jika keyboard WhatsApp milik Anda sudah mendukung pengetikan bahasa Arab, maka Anda tinggal tulis saja pesan yang diinginkan kemudian mengirimkannya.

Berikut ini aplikasi-aplikasi yang mendukung pengetikan bahasa Arab di WhatsApp :

Keyboard Arab: Keyboard Bahasa Arab

Aplikasi keyboard bahasa Arab ini memiliki fitur pengetikan bahasa Arab serta dilengkapi emoticon yang dapat Anda gunakan saat chatting. Aplikasi ini memiliki ukurang yang terbilang ringan sehingga tidak menghabiskan memori. Cukup ramah untuk pemula yang membutuhkan mengetik dalam bahasa Arab di WhatsApp.

Bahasa Arab – GO Keyboard

Go Keyboard ini adalah aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh pemakai handphone Android. Sekarang Go Keyboard juga sudah dilengkapi dengan keyboard bahasa Arab yang tentunya dapat digunakan untuk mengetik teks bahasa Arab.

Anda tinggal mengunduh aplikasi Go Keyboard ini di Playstore kemudian aktifkan fitur bahasa Arabnya.

Arabic Keyboard

Arabic keyboard ini merupakan keyboard yang dirancang khusus untuk mengetik teks bahasa Arab di handphone Android. Selain bahasa Arab, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk bahasa Inggris, sehingga Anda bisa mengubah-ubahnya sesuai kebutuhan.

Semoga artikel cara mudah mengetik tulisan Arab di WhatsApp ini bermanfaat untuk Anda yang ingin bisa mengetik dan mengirim pesan tulisan bahasa Arab saat melakukan percakapan di WhatsApp. Silahkan pilih cara yang paling mudah bagi Anda.

Sebagai informasi tambahan, beberapa merek handphone memiliki pengaturan yang berbeda-beda pada bagian keyboard. Untuk itu, Anda harus memastikan letak menu-menu yang dibutuhkan sesuai dengan merek, tipe, dan versi Android pada smartphone yang sedang Anda pakai.