Cara Menambah Durasi Status Video WhatsApp Lebih Dari 30 Detik

Advertisements
Cara Menambah Durasi Status Video WhatsApp Android Dan iPhone
Cara Menambah Durasi Status Video WhatsApp Android Dan iPhone

Bagaimana cara menambah durasi status video WhatsApp dengan mudah? Simak artikel ini untuk mengetahui cara membuat status WA video panjang baik di Android maupun di iPhone. Anda dapat upload video di WA lebih dari 30 detik.

Advertisements

Salah satu kepopuleran Whatsapp diantara para pengguna smartphone adalah adanya fitur update status yang bisa dilihat-lihat oleh sesama kontak Whatsapp. Anda bisa mengunggah foto atau video ke dalam status Whatsapp sebanyak mungkin dengan waktu tayang selama 24 jam.

Kabar baiknya, video yang diunggah ke status Whatsapp memiliki durasi 30 detik, dua kali lipat daripada platform lain yang hanya menyediakan 15 detik saja. Tetapi ini akan jadi masalah ketika video Anda memiliki durasi lebih dari 30 detik sehingga video dalam status akan terpotong-potong.

Anda akan mengetahui bagaimana cara menambah durasi status video di Whatsapp lewat tips yang akan kami paparkan di bawah ini. Nantinya, Anda tidak perlu lagi memotong-motong video menjadi beberapa bagian untuk diunggah ke status Whatsapp. Video akan lebih simpel dan tersampaikan seutuhnya dalam satu kali unggahan status Whatsapp Anda.

Cara Menambah Durasi Status Video WhatsApp

Sebelum melangkah ke tutorial cara menambah durasi status video di Whatsapp, perhatikan dulu kualitas dan konten video yang akan Anda unggah ke status Whatsapp. Ada kalanya Anda ingin membagikan suatu video di status Whatsapp karena video tersebut menarik atau lucu, tapi pastikan hal ini tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca juga : Cara Download Status WhatsApp Dan Video Story WA

Hindari mengunggah topik yang melanggar Ketentuan Layanan Whatsapp yang dapat menyebabkan akun atau nomor Whatsapp Anda dianggap menyalahi aturan kemudian Whatsapp akan memblokir Anda. Tetap perhatikan etika berinterinet supaya tidak menjadi bumerang bagi Anda sendiri.

Di bawah ini adalah cara menambah durasi status video di Whatsapp agar video dapat tampil di status Whatsapp dengan durasi penuh tanpa terpotong-potong.

Cara Membuat Status WA Video Panjang Lebih Dari 30 Detik Di Android Dan iPhone

Untuk menjalankan cara ini, Anda harus menggunakan aplikasi lain yang bernama Video2Me yang bisa diunduh dari Google Play. Apilikasi Video2Me ini nantinya akan mengubah video yang panjang menjadi sekumpulan gambar yang bergerak atau berbentuk Gif.

Gambar-gambar ini kemudian dikumpulkan menjadi satu file, sehingga ukuran gambar yang dihasilkan akan menjadi besar. Meskipun ukuran filenya menjadi lebih besar, tapi dengan memanfaatkan aplikasi ini Anda dapat memperpanjang durasi video pada status WA Anda.

Begini caranya menambah durasi status video di Whatsapp :

  • Download aplikasi Video2me.
  • Install.
  • Buka aplikasi tersebut.
  • Beri izin jika aplikasi meminta hak akses.
  • Masuk ke tampilan awal.
  • Pilih “GIF”.
  • Pilih “Video2gif”.
  • Pilih simbol 3 titik di pojok kanan atas.
  • Pilih video dari galeri Anda.
  • Lakukan pengeditan video.
  • Pilih simbol centang setelah selesai mengedit.
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Upload di status WA.
  • Selesai.

Lewat aplikasi ini, file gambar bisa dibuat hingga ukurannya mencapai 40 MB dengan durasi video selama 40 detik. Sehingga, Anda dapat bonus 10 detik tambahan dari pengaturan asli yang diberikan Whatsapp.

Dengan menggunakan cara memperpanjang durasi video di status WhatsApp ini, maka video dapat diunggah ke Whatsapp dengan durasi status yang lebih panjang tanpa harus membuat Anda repot menyambungkannya ke status selanjutnya. Penonton status Anda pun tidak perlu lagi menunggu loading unggahan status berikutnya.

Selain mempermudah cara memperpanjang status video Whatsapp di atas, aplikasi Video2Me yang besarnya tidak lebih dari 17 MB ini juga memiliki beberapa fitur yang dapat Anda gunakan untuk urusan edit video lainnya.

Video2Me dapat digunakan antara lain untuk mengubah kecepatan video, memberi efek reverse, mengubah file video ke Gif dan sebaliknya, hingga membuat efek Boomerang. Anda juga bisa menambahkan musik dan stiker-stiker pada video agar lebih menarik.

Bagi Anda pengguna Android, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Video2Me ini. Sedangkan Anda pengguna iPhone, maka Anda dapat menggunakan aplikasi dengan fungsi yang sama.

Cara Memotong Durasi Video Panjang Sebelum Di Upload Di WA

Jika Anda merasa kesulitan menggunakan cara membuat status WA video panjang diatas, maka Anda dapat menggunakan metode umum yakni dengan memotong video dengan durasi 30 detik. Jika video tersebut panjang, Anda dapat memotongnya menjadi beberapa bagian dengan durasi masing-masing potongan ialah 30 detik.

Baca juga : Cara Menyimpan Foto Dan Video WhatsApp Otomatis Ke Galeri

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan aplikasi WhatsCut Pro+. Aplikasi ini dapat memotong video secara otomatis dengan durasi 30 detik. Hal ini tentu sangat memudahkan Anda. Untuk memperoleh aplikasi WhatsCut Pro+ ini, Anda dapat mendownloadnya di Google Playstore.

Nah, demikian artikel tentang cara menambah durasi status video Whatsapp dengan menggunakan aplikasi Video2Me. Setelah Anda paham cara menambah durasi status video Whatsapp yang kami paparkan di atas, Anda tidak perlu lagi kesal karena video di status Anda terpotong per 30 detik oleh Whatsapp. Informasi akan tersampaikan dengan jelas dan utuh tanpa perlu menunggu lagi putaran video di status selanjutnya.