Cara Menampilkan Ekstensi File

Cara Menampilkan Ekstensi File Windows 7, Windows 8 dan Windows 10

Cara Menampilkan Ekstensi File Windows 7, Windows 8 dan Windows 10

Tahukah Anda apa itu ekstensi file? Ekstensi file atau file extension ialah format dari sebuah file yang biasanya diidentifikasi dari bagian belakang nama file. Ekstensi file akan memudahkan klasifikasi file pada media penyimpanan Anda, makanya sangat penting mengetahui cara menampilkan ekstensi file tersebut. Lantas seperti apa caranya?

Banyak jenis ekstensi file yang familiar digunakan, sebagai contoh adalah .DOC yang mengidentifikasi bahwa file tersebut berbentuk dokumen. Ada lagi .JPEG yang merupakan ekstensi file gambar dan masih banyak lagi. Jika ekstensi tidak tampil, maka Anda dibuat bingung untuk menempatkannya sesuai kebutuhan bukan?

Cara Menampilkan Ekstensi File di Windows

Windows sebenarnya sudah memberikan akses untuk menampilkan ekstensi tersebut, hanya saja terkadang muncul masalah sehingga ekstensi tidak muncul. Misalnya, akibat salah saat melakukan pengaturan file atau akibat bug yang menyebabkan ekstensi hilang sementara.

Bagi pengguna yang biasa berkutat dengan dokumen, tentu akan membingungkan ketika akan membuka dokumen tanpa ekstensi apalagi ketika akan mengirimnya melalui email. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menampilkan ekstensi tersebut.

Menampilkan Ekstensi File Melalui Menu Option

Ketika Anda mendapati file yang akan digunakan tidak memiliki ekstensi, maka jangan panik dulu karena bisa memanfaatkan menu “option” untuk menampilkannya kembali. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka menu “File Explorer” pada Windows Anda.
  • Caranya tekan ikon “Start”.
  • Lalu klik pada pilihan “File Explorer”.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “File”.
  • Anda bisa memilih opsi “Change folder and search options”.

    Buka File Explorer Piilh File Lalu Pilih Change Folder and Search Options

    Buka File Explorer Piilh File Lalu Pilih Change Folder and Search Options

  • Secara default Anda akan berada di tab “General”.
  • Lalu pilih tab “View”.

    Pilih Tab View Yang Ada di Bagian Atas

    Pilih Tab View Yang Ada di Bagian Atas

  • Letaknya masih di jendela “Folder Options”.
  • Perhatikan opsi “Hide extensions for known file types”.

    Hapus Tanda Centang Pada Hide Extensions for Known File Types Agar File Ekstensi Muncul

    Hapus Tanda Centang Pada Hide Extensions for Known File Types Agar File Ekstensi Muncul

  • Hilangkan centang yang ada pada box di sisi kirinya.
  • Tekan tombol “Apply”.
  • Tekan tombol “OK”.
  • Selesai.

Jangan lupa untuk menekan tombol “Apply” untuk memastikan semua perubahan pengaturan sudah dideteksi dan diaplikasikan oleh sistem Windows. Anda bisa coba cek lagi file yang disimpan pada komputer, biasanya ekstensi sudah muncul kembali.

Memunculkan Ekstensi File Lewat Tab View

Tab view pada menu file explorer juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan ekstensi file. Caranya adalah:

  • Buka menu Windows.
  • Letaknya di sisi kiri bawah halaman utama desktop komputer Anda.
  • Pilih menu “File Explorer” yang tersedia pada daftar menu yang ditampilkan.

    Menampilkan Ekstensi File Melalui File Explorer

    Menampilkan Ekstensi File Melalui File Explorer

  • Pastikan Anda sudah berada di halaman “File Explorer”.
  • Lanjutkan dengan memilih tab “View”.

    Pilih Tab View Dibagian Atas

    Pilih Tab View Dibagian Atas

  • Letaknya di bagian atas halaman tersebut.
  • Pastikan Anda sudah berada di menu tab “View”.
  • Centang opsi “File name extensions”.

    Beri Tanda Centang Pada File Name Extensions

    Beri Tanda Centang Pada File Name Extensions

  • Fungsinya untuk menampilkan ekstensi setiap file yang ada pada media penyimpanan.
  • Selain itu file jadi mudah diklasifikasikan.

    Sekarang File di Folder Sudah Muncul Ekstensinya

    Sekarang File di Folder Sudah Muncul Ekstensinya

  • Selesai.

Coba cek salah satu file yang sudah ada di media penyimpanan, sekarang sudah terlihat ekstensi di belakang nama file tersebut. Mudah bukan?

Apakah Ada File yang Tidak Memiliki Ekstensi?

Pertanyaan ini akan muncul ketika ternyata kedua cara di atas masih menyisakan file tertentu yang tidak punya ekstensi di belakangnya. Jawabannya adalah, ada! Sejumlah file memang tersimpan tanpa ekstensi, karena sudah didesain seperti itu dari lokasi awal dari file tersebut.

Biasanya file tersebut muncul dari aplikasi tertentu dan letaknya adalah di dalam folder aplikasi yang bersangkutan. Anda bisa melakukan pengecekan di sejumlah folder aplikasi, maka akan dengan mudah menemukan file tanpa ekstensi.

Contoh File Yang Tidak Memiliki Ekstensi

Contoh File Yang Tidak Memiliki Ekstensi

Apakah masih bisa terbaca oleh sistem? Bisa selama sistem memiliki koneksi dengan aplikasi tersebut dan file tersebut memang bisa dibuka. Sebab, ada sejumlah file bawaan aplikasi yang hanya ikut dan menjadi pelengkap tanpa fungsi penting untuk pengguna. Kategori file seperti ini disebut dengan junk files.

Nama Ekstensi File yang Sering Digunakan

Beberapa ekstensi file memang banyak dipakai pada perangkat komputer. Anda juga pasti memiliki file tersebut. Berikut ini deretan ekstensi yang populer dan paling sering digunakan serta mudah dideteksi oleh komputer atau aplikasi.

DOCX atau DOC

Merupakan ekstensi untuk file dokumen dari Microsoft Word. Pada awal penggunaan Word sebelum tahun 2007, ekstensinya adalah DOC saja. Tapi setelah itu, diberi tambahan huruf X karena Microsoft menggunakan format Extensible Markup Language (XML) untuk semua dokumennya.

PNG

Kepanjangannya adalah Portable Network Graphics, adalah salah satu format ekstensi file gambar yang tidak pakai loss. Selain PNG, untuk penyimpanan file berbentuk gambar juga sering menggunakan ekstensi JPEG yang penggunaannya lebih dulu ketimbang PNG dan masih sering digunakan hingga saat ini.

XLSX atau XLS

Ekstensi ini dipakai pada dokumen dengan format Microsoft Excel, jadi pastikan setelah membuat dokumen Excel Anda menyimpannya dengan menggunakan ekstensi ini.

PDF

Portable Document Format (PDF) merupakan ekstensi untuk file yang akan dibagikan kepada pihak lain. Format dokumen biasanya dialihkan dari DOC, JPEG atau XLS menjadi PDF, dengan akses editing terbatas.

HTML/HTM

Merupakan ekstensi untuk file yang disimpan langsung dari situs atau website tertentu. Baik itu file berupa halaman berisi artikel, gambar, audio, video, dan gabungan semuanya. Ekstensi ini akan sangat mudah dikenali, sehingga memudahkan pengguna jika ingin membuka file tersebut.

Tapi, biasanya file yang menggunakan ekstensi ini bisa dibuka ketika perangkat komputer terhubung dengan jaringan internet.

EXE

Merupakan ekstensi untuk file yang bisa dieksekusi, biasanya dipakai pada Windows untuk berkas aplikasi.

Semoga informasi tentang cara menampilkan ekstensi file dan seluk beluknya di atas, bisa menambah wawasan Anda tentang pentingnya ekstensi file. Termasuk mudahnya menampilkan ekstensi ketika terjadi kendala saat membuka sebuah file. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply