Cara Menemukan Akun Google Yang Hilang Akses dan Terhapus

Advertisements
Cara Menemukan Akun Google Yang Hilang atau Terhapus Dengan Nomor HP Sudah Tidak Aktif
Cara Menemukan Akun Google Yang Hilang atau Terhapus Dengan Nomor HP Sudah Tidak Aktif

Cara menemukan akun Google yang hilang mudah buat diikuti oleh semua orang, bahkan ketika Anda masih awam. Tidak perlu khawatir, Google sudah menyediakan fitur khusus untuk mengembalikan kembali akun pengguna yang hilang atau terhapus. Seringkali para pengguna pemula membingungkan hal ini karena belum tahu langkah-langkah yang tepat. Jika Anda membaca ulasan dibawah ini sampai selesai, dijamin bisa deh.

Akun Google menjadi sesuatu yang sangat penting bagi pengguna HP Android. Selain sebagai syarat utama agar bisa membuka Play Store dan aplikasi Google lain, didalam akun ini juga menyimpan data penting pengguna.

Diantaranya mulai dari Gmail sampai dokumen di GDrive. Yuk, pahami cara menemukan akun Google yang hilang berikut ini. Anda bisa melakukannya lewat HP Android maupun laptop.

Syarat dan Ketentuan Mencari Akun yang Hilang

Dalam penggunaan sehari-hari, ada beberapa penyebab mengapa seseorang kehilangan akun Google miliknya. Mulai dari account terhapus karena mereset ponsel, perangkat hilang hingga HP rusak. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh ganti HP baru namun lupa password.

Google sepertinya sudah mengerti bahwa kejadian ini akan dialami oleh banyak pengguna. Oleh karena itu, pihak Google telah menyediakan fitur khusus untuk recovery.

Pastinya ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengguna setiap kali ingin melakukan recovery email miliknya. Dengan begitu, maka tidak ada orang lain yang bisa dengan mudah membajak akun Google tersebut.

Syarat utamanya adalah masih memiliki nomor HP yang aktif dan terkait dengan email tadi. Selama memiliki nomor HP tersebut, maka Anda bisa memulihkan akun Google kapan saja.

Lantas, apakah ada cara memulihkan akun Google yang hilang dan nomor HP sudah tidak aktif? Jawabannya masih bisa, yaitu menggunakan email pemulihan yang Anda tambahkan ketika mendaftar.

Itu artinya ada dua opsi ketika seseorang ingin memulihkan akun Google. Pertama yaitu menggunakan nomor HP dan yang kedua dengan memanfaatkan email pemulihan.

Inilah fungsi dari email pemulihan, yaitu menemukan kembali akun Google yang terkait dengannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda menambahkan email pemulihan setiap kali mendaftar akun Google baru.

Sebab perlu diketahui bahwa Anda hanya bisa memulihkan akun Google yang hilang menggunakan email pemulihan ketika nomor HP sudah tidak aktif.

Teruntuk Anda yang memiliki banyak akun Google, sebaiknya bisa menjadikan salah satu sebagai akun utama. Fungsi akun ini nantinya sebagai email pemulihan untuk akun yang lain.

Cara Menemukan Akun Google Yang Hilang

Dibawah ini ada langkah-langkah yang bisa Anda gunakan untuk mencari akun Google yang hilang, baik karena terhapus maupun karena penyebab lain. Yuk simak langsung untuk lebih jelasnya.

  • Pertama, siapkan browser andalan Anda
  • Buka halaman recovery Google
  • Alamatnya di https://accounts.google.com/signin/recovery
  • Setelah itu, klik tombol Forgot Email
  • Fungsinya untuk melakukan pemulihan
  • Sekarang isi kolom yang tersedia dengan alamat email pemulihan atau nomor HP
  • Kemudian klik tombol Next
  • Selanjutnya, Anda bisa mengisi nama depan dan belakang sesuai akun yang ingin dipulihkan
  • Lalu klik Berikutnya
  • Google kemudian mengirim kode verifikasi ke email pemulihan
  • Atau ke nomor HP yang sudah Anda masukkan tadi
  • Isi kolom sesuai kode verifikasi yang Anda terima
  • Jika benar, maka akan muncul detail akun Google
  • Akun tersebut yang terkait dengan email pemulihan atau nomor HP
  • Selesai

Jika Anda kehilangan akun Google sesudah merestart atau ingin memasukkannya di HP baru, maka di halaman memasukkan email, pilih Forgot Email.

Kemudian masukkan nomor HP atau email pemulihan Anda. Lalu ikuti verifikasi seperti langkah-langkah diatas.

Kunci utamanya adalah Anda harus masih memiliki nomor HP yang dipakai untuk membuat akun Google tersebut. Jika nomor HP sudah hilang, setidaknya Anda masih bisa mengakses email pemulihan.

Jika Anda sudah kehilangan nomor HP dan tidak memiliki akses ke email pemulihan, maka mau tidak mau Anda harus merelakan akun Google tersebut.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai bagaimana cara menemukan akun Google yang hilang atau terhapus. Semua pasti bisa mengikuti panduan singkat diatas, karena tidak ada sesuatu yang sulit dan terasa ribet. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda mengembalikan akun email yang hilang.