Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP Android [MUDAH]

Advertisements
Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP Android
Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP Android

Pada kesempatan ini kami akan membahas tentang cara mengaktifkan Asisten Google di HP Android. Asisten Google adalah asisten virtual yang memudahkan kita untuk melakukan aktivitas di HP dengan perintah suara. Keberadaannya sangat membantu penggunanya dalam memutar lagu, membuka aplikasi, menjawab pertanyaan, dan masih banyak lagi.

Asisten Google sudah terpasang secara default di HP Android, sehingga pengguna tidak perlu melakukan proses download untuk menggunakannya. Yang perlu dilakukan hanyalah memastikan perangkat yang digunakan tersambung ke jaringan internet.

Bagi pengguna yang jarang mengotak-atik fitur di HP, mungkin akan kesulitan untuk memakai Asisten Google. Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberikan tutorial lengkap untuk aktifkan Asisten Google di HP Android dan juga mengubah bahasa Google Assistant.

Dalam tutorial ini, kami akan memberikan langkah-langkah yang mudah serta bagaimana mengubah bahasa Google Assistant sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jangan khawatir, tutorial ini sangat mudah dipahami dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menghidupkan Asisten Google di HP Android dan juga mengubah bahasa Google Assistant, sebaiknya baca artikel ini sampai selesai. Kami yakin setelah membaca artikel ini, Anda akan lebih mudah dan lancar menggunakan Asisten Google di HP Android.

Cara Mengaktifkan Asisten Google di HP Android

Untuk menghidupkan Asisten Google di HP Android seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Realme dan lainnya, dapat dilakukan dengan mudah. Asisten Google sudah terpasang secara default di perangkat Android, sehingga tidak perlu melakukan proses download untuk bisa menggunakannya. Asisten Google dapat dijadikan sebagai asisten virtual yang dapat diaktifkan dengan perintah suara atau melalui tombol Home di HP Android.

Berikut adalah langkah-langkah singkat untuk mengaktifkan Asisten Google di HP Android:

  • Tekan tombol Home selama beberapa detik hingga muncul jendela Asisten Google.
  • Pastikan telah muncul jendela Asisten Google.
  • Akan muncul pop up “The new way to talk to Google”.
  • Klik Continue.
  • Pilih “I Agree” atau “No Thanks”.
  • Lakukan ketika Google menawarkan untuk mengaktifkan Oke Google.
  • Atau Hi Google untuk membuka Asisten Google.
  • Lalu ikuti instruksi selanjutnya.
  • Setelah itu, coba ucapkan perintah sesuai keinginan.
  • Misal seperti “Oke Google, jam berapa sekarang?”.
  • Google akan langsung menampilkan hasilnya secara akurat.
  • Anda jika ingin mengetik?
  • Tinggal klik icon keyboard.
  • Lalu ketikkan perintah yang diinginkan.
  • Selesai.

Cara Mengaktifkan Google Asisten Saat Layar Terkunci

Berikutnya akan dijelaskan tentang cara mengaktifkan Google Asisten saat layar terkunci. Terdapat dua metode yang bisa digunakan, yaitu dengan mengaktifkan pintasan tombol atau dengan suara “Oke Google atau Hey Google”.

Untuk aktifkan Google Asisten dengan pintasan tombol, langkah pertama adalah membuka Setelan atau Pengaturan di HP. Selanjutnya, ketik “Asisten Google” di kolom pencarian sampai muncul menu “Luncurkan Asisten Google” dan klik menu tersebut. Setelah itu, aktifkan toggle Tekan dan tahan tombol Daya selama 0,5 detik. Setelah aktif, kalian bisa tekan tombol daya selama setengah detik untuk memunculkan Google Asisten.

Sedangkan untuk menyalakan Google Asisten dengan suara “Oke Google atau Hey Google”, pertama-tama pastikan bahwa fitur Ok Google dan Voice Match sudah diaktifkan. Jika tidak, tekan tombol Home selama beberapa detik sampai Google Asisten aktif. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul foto profil akun Google dan klik “Ok Google & Voice Match”. Selanjutnya, aktifkan Hey Google untuk mengakses Google Asisten dengan cepat hanya dengan mengucapkan “Hey Google” saat layar menyala.

Cara Mengubah Bahasa Google Assistant

Untuk mengubah bahasa Google Asisten, langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu pengaturan Google Asisten. Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu dengan menekan tombol Home untuk membuka Asisten, kemudian klik ikon Kompas di sudut kanan bawah untuk membuka menu Explore, lalu pilih Pengaturan > Preferences > Bahasa atau dengan mengucapkan perintah suara, “Oke Google, buka pengaturan Google Asisten”.

Setelah masuk ke menu pengaturan, klik Bahasa. Di sini Anda bisa memilih bahasa yang sudah tersedia atau menambahkan bahasa baru dengan klik Tambahkan bahasa. Jika ingin memilih bahasa yang sudah tersedia, silakan pilih bahasa yang sesuai keinginan dari daftar bahasa yang tersedia.

Jika Anda ingin menambahkan bahasa baru, klik Tambahkan bahasa, lalu pilih bahasa yang ingin ditambahkan dari daftar bahasa yang tersedia. Setelah itu, tunggu hingga proses pengunduhan bahasa selesai. Setelah bahasa terpasang, Anda bisa langsung menggunakannya dengan mengucapkan perintah dalam bahasa yang dipilih.

Penutup

Demikianlah tutorial singkat tentang cara mengaktifkan Asisten Google di HP Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa dengan mudah menghidupkan Asisten Google dan menggunakan fitur-fiturnya dengan cepat dan praktis. Jangan ragu untuk mencoba dan menyesuaikan pengaturan Asisten Google sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.