Cara Mengarsipkan Reels di Instagram Dengan Mudah [BERHASIL]

Advertisements
Cara Mengarsipkan Reels di Instagram Dengan Mudah
Cara Mengarsipkan Reels di Instagram Dengan Mudah

Reels di Instagram merupakan fitur yang masih baru. Oleh karena itu banyak orang yang bertanya-tanya apakah postingan reels Instagram bisa diarsipkan atau tidak. Selain itu, banyak orang juga tentu akan merasa penasaran bagaimana cara mengarsipkan reels di Instagram. Kami akan membantu Anda melalui ulasan berikut ini mengenai cara untuk mengarsipkan reels di Instagram agar lebih cepat dan mudah.

Advertisements

Sebagian besar dari pengguna Instagram tentu memiliki postingan berupa foto, video hingga IGTV. Agar terlihat lebih rapi dan tidak terkesan spam, beberapa orang seringkali mengarsipkan postingan mereka. Biasanya Anda akan mengarsipkan postingan tersebut dan terdapat pilihan untuk tidak memunculkannya di profil Instagram.

Namun berbeda dengan pengaturan Reels di Instagram yang tidak memiliki pengaturan arsipkan. Hal ini tentu cukup membingungkan bagi Anda karena jenis postingan lain memiliki pengaturan tersebut. Seperti kami katakan diatas bahwa fitur reels memang terbilang paling baru diantara jenis fitur lainnya. Sehingga wajar jika masih banyak orang yang belum terbiasa menggunakannya.

Tidak diketahui alasan pasti mengapa reels di Instagram tidak dapat diarsipkan. Namun banyak sumber mengatakan jika Instagram memang belum memberikan fitur tersebut bagi para penggunanya. Nah, Anda tak perlu khawatir karena kami akan membagikan cara mengarsipkan reels di Instagram dan menyembunyikannya dari halaman profil IG.

Cara Mengarsipkan Reels di Instagram

Bagi sebagian orang beberapa jenis postingan tidak harus selalu diperlihatkan kepada para followers Instagram. Untuk menjaga privasi atau menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan Anda bisa mencoba untuk mengarsipkan postingan reels.

Beberapa orang seringkali senang memposting namun tidak senang jika terlalu banyak orang yang mengaksesnya. Karena hal itulah fitur arsip bisa dipilih. Namun untuk reels sendiri Anda perlu menggunakan cara khusus.

Cara tersebut pada dasarnya hampir sama dengan sistem arsip namun caranya agak berbeda. Untuk bisa mengarsipkan reels di Instagram Anda bisa mempelajari beberapa cara berikut ini agar bisa melakukannya dengan lebih mudah dan cepat.

  • Buka aplikasi Instagram di HP Anda
  • Buka halaman profil Instagram
  • Pilih postingan reels di akun Instagram Anda
  • Pilih icon Save untuk menyimpan reels
  • Perhatikan pojok kanan atas
  • Pilih ikon titik 3
  • Pilih Hapus dari Kisi Profil
  • Reels Instagram sudah berhasil diarsipkan
  • Selesai

Cara tersebut terbilang cukup mudah dan cepat untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan cara diatas untuk menyimpan atau mengarsipkan postingan reels yang dimaksud tanpa menampilkannya kembali di profil Instagram sehingga bisa lebih menjaga privasi akun IG Anda.

Sebagai catatan, Anda harus memastikan jika Anda sudah yakin untuk menghapus reels dari kisi profil karena belum terdapat cara untuk mengembalikannya. Cara mengarsipkan reels di Instagram tersebut bisa menghilangkan postingan reels di halaman profil Instagram namun tetap tersimpan di akun yang Anda miliki. Untuk melihatnya Anda bisa membuka halaman profil kemudian klik icon menu dan pilih “disimpan”.

Selanjutnya postingan reels yang Anda simpan tadi bisa Anda lihat pada menu tersebut. Terdapat catatan penting lainnya yaitu postingan tadi tidak terhapus dan masih tersimpan sehingga postingan reels bisa Anda simpan maupun di-download.

Selain itu, jika reels yang tersimpan tadi Anda hapus maka reels tersebut akan benar-benar terhapus secara permanen. Kami belum menemukan cara untuk mengembalikan reels yang terhapus dari kisi profil namun kami akan mencari cara untuk mengembalikan reels dari kisi profil.

Apakah Bisa Mengarsipkan Reels di Instagram?

Instagram memang tidak secara khusus membuat fitur untuk mengarsipkan reels sehingga Anda tidak bisa mengarsipkannya secara langsung. Selain mencoba menerapkan cara mengarsipkan reels di Instagram yang sudah dijelaskan tadi, Anda juga bisa menunggu update terbaru dari pihak Instagram.

Dengan begitu, jika Anda ingin mengarsipkannya Anda perlu melakukan cara-cara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun secara umum pertanyaan apakah bisa mengarsipkan reels di Instagram atau tidak maka kesimpulannya hal tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung.

Cara Mengembalikan Reels di IG yang Terhapus

Dalam beberapa kesempatan mungkin Anda merasa bosan sehingga ingin menghapus reels IG yang sudah Anda simpan sebelumnya. Tapi dikesempatan lainnya, bisa saja Anda membutuhkan postingan yang sudah dihapus tadi sehingga perlu mengembalikan atau memulihkannya.

Berikut ini ada cara yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu Anda ingin postingan tertentu ingin Anda lihat kembali. Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa mencoba menggunakan beberapa cara berikut untuk mengembalikan reels di Instagram yang terhapus dengan lebih mudah.

  • Buka akun Instagram milik Anda
  • Buka Profil Instagram
  • Pilih Menu
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Akun
  • Geser ke bawah
  • Pilih Baru Saja Dihapus
  • Pilih postingan reels yang Anda hapus
  • Pilih ikon titik 3
  • Pilih Pulihkan
  • Selesai

Setelah menggunakan langkah tersebut maka reels yang sudah dihapus sebelumnya bisa dipulihkan atau dikembalikan. Namun pastikan video yang ingin Anda pulihkan belum lebih dari 30 hari atau 1 bulan. Jika lebih dari 1 bulan maka postingan tersebut tidak dapat dipulihkan sehingga postingan tersebut sudah terhapus secara permanen.

Kesimpulannya, postingan reels tidak dapat diarsipkan secara langsung dengan memilih menu arsip seperti jenis postingan lain. Untuk tetap bisa melakukan proses pengarsipan Anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menyimpan postingan tersebut.

Meski cukup mudah, Anda tetap harus memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Itulah penjelasan dari kami mengenai cara mengarsipkan reels di Instagram dengan mudah dan cepat. Anda tidak dapat menggunakan menu arsipkan secara langsung namun postingannya masih tetap bisa disembunyikan dari kisi profil. Selamat mencoba!