Cara Mengatasi Copyright Instagram Dengan MUDAH dan AMAN

Cara Mengatasi Copyright Instagram
Cara Mengatasi Copyright Instagram

Copyright atau hak cipta adalah masalah krusial di dunia maya. Instagram juga termasuk platform media sosial yang sangat tegas akan hal ini. Oleh karena itu kali ini kami akan berbagi tentang cara mengatasi copyright Instagram.

Jika Anda memposting foto atau video yang memiliki konten berhak cipta, postingan tersebut akan dihapus oleh pihak Instagram. Itulah sebabnya Anda harus tahu cara mengatasi copyright Instagram.

Instagram bisa dikatakan cukup ketat dalam hal hak cipta. Namun bukan berarti platform ini akan mempersulit penggunanya untuk memposting konten. Justru Instagram menghormati hak intelektual pembuat konten asli.

Hukuman yang dijatuhkan paling umum bagi pelanggar hak cipta di IG adalah dihapusnya postingan yang dianggap melanggar hak cipta. Peringatan akan masuk ke fitur DM akun IG Anda. Postingan yang terkena masalah hak cipta biasanya karena:

  • Memakai lagu atau score music berbayar tanpa izin
  • Mengandung foto atau potongan video berhak cipta

Terkadang hal ini memang mengganggu. Apalagi jika kita sebenarnya tidak melanggar ketentuan apapun terkait hak cipta.

Namun, jangan khawatir. Cara mengatasi masalah hak cipta di Instagram sangat mudah. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Copyright Instagram Dengan Mudah

Anda bisa mengatasi masalah hak cipta ini langsung di platform Instagram. IG sendiri menyediakan fitur untuk menanggapi notifikasi blokir dari aplikasi media sosial tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka dan jalankan aplikasi IG di smartphone Anda.
  • Login ke dalam akun IG yang terkena masalah hak cipta.
  • Buka menu Notifikasi.
  • Klik pada pesan terkait masalah hak cipta tersebut.
  • Klik opsi Banding yang terdapat di bagian bawah.

    Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta Instagram Dengan Banding
    Cara Mengatasi Pelanggaran Hak Cipta Instagram Dengan Banding
  • Beri tanda centang pada opsi Saya Setuju.
  • Ketikkan username IG Anda.
  • Klik tombol Banding.
  • Selesai.

Langkah yang baru saja Anda lakukan adalah mengirimkan pengajuan banding ke pihak Instagram. Hal tersebut sekaligus menegaskan bahwa foto atau video yang Anda posting tidak mengandung konten berhak cipta.

Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk penyelesaian kasus ini. Biasanya hanya butuh beberapa menit, lantas foto atau video tersebut akan secara otomatis diunggah kembali ke akun IG Anda.

Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Instagram

Walaupun mengatasi masalah hak cipta di platform IG sangat mudah, tetapi sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat memposting sebuah kontent. Lebih baik Anda tidak menggunakan konten berhak cipta pada postingan Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari masalah copyright Instagram.

Memberi Kredit (Mencantumkan Sumber)

Memberikan kredit atau keterangan sumber konten adalah cara untuk menghargai pembuat konten. Walaupun Anda sudah membayar, tidak ada salahnya untuk menyebutkan kredit tersebut di postingan Anda.

Dengan memberikan kredit (biasanya dengan melakukan tag ke pemilik hak cipta), akan ada rasa saling menghargai. Hal tersebut bisa mencegah pemilik hak cipta melaporkan postingan Anda.

Selain itu, ada kemungkinan pemilik hak cipta akan merepost, mengeshare atau mungkin mengulas postingan Anda. Bagi Anda yang berprofesi sebagai influencer, pemilik bisnis maupun content maker, hal ini akan sangat menguntungkan.

Mengajukan Banding Jika Tidak Melanggar

Cara melakukan banding kepada Instagram sudah dijelaskan di atas. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi jika Anda memberikan kredit di postingan Anda.

Menggunakan Lagu Yang Bebas Hak Cipta

Masalah lagu dan score music adalah yang paling sering terkena masalah hak cipta. Hal ini sebenarnya mudah diatasi, yaitu dengan memakai musik bebas hak cipta.

Pada aplikasi video editing, sebenarnya sudah disediakan puluhan lagu bebas hak cipta yang bisa Anda gunakan. Jika Anda ingin pilihan yang lebih banyak, bisa juga mengunduhnya pada situs atau kanal tertentu. Misalnya kanal Youtube NoCopyrightSound.

Selain lagu, beberapa konten yang kerap mengalami masalah hak cipta adalah gambar atau foto, bisa juga background maupun mockup. Berbagai foto dan gambar gratis bisa Anda dapatkan di situs-situs seperti freepik, pixabay, dll.

Sebaiknya jangan mengambil konten dari Pinterest, karena konten di sana tidak bebas hak cipta. Sedangkan untuk font gratis yang bebas hak cipta, bisa Anda dapatkan di aplikasi Canva, dll.

Instagram memang cukup ketat terkait masalah hak cipta. Namun, hal ini sangat penting sebagai edukasi bagi masyarakat. Juga sebagai penghargaan bagi para seniman kreatif.

Cara Post Lagu & Video di Instagram Tanpa Copyright

Sebagai elemen yang paling banyak mengundang masalah copyright, lagu atau musik memang harus mendapat perhatian khusus. Berikut adalah cara memilih dan memakai lagu bebas copyright.

  • Buka menu Music yang ada di HP Anda.
  • Cari dan pilih lagu yang ingin Anda gunakan di dalam video.
  • Untuk mengubah informasi lagu, klik Info Track.

    Menggunakan Lagu Copyright di Instagram
    Menggunakan Lagu Copyright di Instagram
  • Edit dan kosongkan mana lagu dan nama album.
  • Klik Save.
  • Selesai.

Kini lagu tersebut sudah bisa digunakan pada video editan Anda sebagai backsound. Jangan khawatir, tidak akan terdeteksi copyright di Instagram.

Namun sekali lagi, akan jauh lebih baik jika Anda memberikan kredit atau meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik lagu.

Apakah Anda sering terganggu dengan notifikasi dari Instagram? Jika ya, segera saja Cara Mute Notifikasi Instagram Yang Mengganggu. Jangan lupa juga pastikan Anda mengetahui Cara Mengaktifkan Notifikasi Instagram Orang Lain di Android & iPhone ya.

Demikian cara mengatasi copyright Instagram yang bisa Anda praktikkan. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat. Selamat mencoba!