Cara Mengatasi Desain Project Canva yang Hilang

Advertisements
Cara Mengatasi Desain Project Canva yang Hilang
Cara Mengatasi Desain Project Canva yang Hilang

Aplikasi Canva telah menjadi favorit bagi banyak orang karena kemudahan penggunaannya. Dengan Canva, siapa pun dapat menjadi seniman desain dengan cepat dan praktis. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang menghabiskan banyak waktu di Canva untuk membuat desain-desain menarik.

Namun, keasyikan ini bisa berubah menjadi mimpi buruk jika tiba-tiba desain yang telah dibuat menghilang. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan panik terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir bahwa desain tersebut hilang selamanya.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda cermati untuk mengatasi masalah ini, yang direkomendasikan oleh halaman bantuan Canva.

Periksa Akun yang Digunakan

Salah satu alasan desain Anda mungkin hilang adalah karena Anda lupa masuk ke akun yang benar. Ini terutama berlaku jika Anda memiliki beberapa akun Canva. Hal ini sering terjadi jika alamat email yang digunakan untuk mendaftar berbeda, seperti email pribadi dan email kerja, atau jika Anda menggunakan media sosial untuk masuk, seperti Google, Facebook, Apple, dan sebagainya.

Selain desain, periksa juga konten lain yang Anda miliki, termasuk unggahan, favorit, dan fitur berbayar jika Anda merupakan pelanggan Canva Pro atau Canva untuk Tim. Jika konten tersebut juga tidak ada, kemungkinan Anda salah masuk akun.

Jika Anda memiliki akun Canva lainnya, cobalah masuk ke akun-akun tersebut satu per satu dan periksa Proyek untuk menemukan desain Anda. Pilih nama Anda dari menu pemilik untuk memeriksa folder pribadi atau folder yang dibagikan dengan Anda.

Jika Anda lupa detail masuk akun lain, cobalah mengatur ulang kata sandi dari halaman masuk.

Cek di Tim Lain

Jika Anda memiliki atau bergabung dengan beberapa tim, desain yang Anda cari mungkin ada di tim lain. Cobalah untuk beralih ke tim lain dan mencari desain yang Anda butuhkan. Untuk memeriksa tim lain, klik foto profil Anda dari beranda Canva.

Jika Anda menggunakan aplikasi seluler, ketuk terlebih dahulu menu untuk melihat foto profil Anda. Jika Anda melihat opsi “Ganti tim”, itu berarti Anda memiliki atau merupakan anggota dari beberapa tim. Pilih tim yang ingin Anda akses.

Untuk memastikan tim sudah berlangganan Canva Pro atau Canva untuk Tim, buka tab “Penagihan & paket” dari Pengaturan Akun.

Periksa Jika Desain Telah Dihapus

Jika desain telah dihapus secara langsung dari “Proyek”, maka desain tersebut juga akan dihapus dari folder tempat desain tersebut berada. Anda dapat memulihkan desain yang dihapus dengan membuka folder “Sampah”.

Namun, perlu diingat bahwa semua desain yang ada di folder “Sampah” akan dihapus secara permanen setelah 30 hari. Jika Anda telah menghapus desain dan telah lebih dari 30 hari, desain tersebut tidak dapat dikembalikan.

Hubungi Administrator Tim

Jika Anda telah dikeluarkan dari tim, Anda tidak akan dapat mengakses semua desain yang telah Anda buat di tim tersebut, bahkan jika desain tersebut tidak dibagikan dengan tim. Jika ini terjadi, hubungi administrator tim dan minta agar Anda ditambahkan kembali ke tim agar Anda dapat mengakses desain-desain Anda.

Tim Telah Dihapus

Jika Anda adalah anggota tim, pemilik tim mungkin telah memutuskan untuk menghapus tim tersebut. Ketika ini terjadi, tim beserta semua desain yang dibuat di dalamnya akan dijadwalkan untuk dihapus secara permanen dalam 14 hari.

Hubungi pemilik tim untuk memastikan apakah hal ini terjadi. Jika masih dalam periode 14 hari, pemilik tim dapat membatalkan penghapusan. Namun, jika sudah lebih dari 14 hari, tim beserta semua desainnya tidak dapat dikembalikan.

Jadi, jika tiba-tiba desain Anda hilang di Canva, jangan panik terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah di atas untuk mencari desain Anda yang hilang.

Dalam sebagian besar kasus, desain tersebut masih dapat ditemukan dengan mengatasi masalah teknis atau kesalahan penggunaan.

Canva menyediakan dukungan melalui halaman bantuan mereka, jadi pastikan untuk memeriksanya jika Anda memerlukan bantuan lebih lanjut.


Baca artikel dan berita menarik lainnya dari Trestle On Tenth di Google News