Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Ukuran File

Advertisements
Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Ukuran File
Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Ukuran File

Bagaimana cara mengatasi IDM yang tidak muncul ukuran file? Simak mengatasi IDM tidak ada ukuran file atau IDM tidak keluar ukuran filenya dengan mudah. Size file akan tampil lagi dengan cara ini!

Advertisements

IDM menjadi salah satu software downloader paling banyak digunakan saat ini. Internet Download Manager menawarkan kecepatan tinggi untuk mendownload berbagai macam file di internet. Cara kerja yang mudah juga menjadi alasan kenapa IDM banyak yang memakainya.

Meskipun begitu, terkadang IDM juga mengalami error. Salah satunya karena ukuran file yang ingin didownload tidak muncul. Bagi yang mengalaminya, Anda bisa mengatasi hal ini menggunakan cara meperbaiki IDM yang tidak muncul ukuran file berikut ini.

Cara Mengatasi IDM yang Tidak Muncul Ukuran File

Mengetahui ukuran file yang ingin didownload merupakan hal yang penting. Dengan mengetahui ukuran file, Anda bisa memastikan tempat penyimpanan di PC masih cukup atau tidak. Informasi ukuran file juga bisa menunjukkan apakah file yang didownload benar atau salah.

Terkadang di internet banyak file yang sama, tapi ukurannya beda. Misalnya saja, file A harusnya berukuran 25 MB. Tapi setelah selesai didownload, ukuran filenya hanya 5 MB. Dengan melihat data tersebut, tentu kita sudah mengetahui bahwa file yang kita download salah.

Cara mengatasi IDM yang tidak keluar ukuran file sebenarnya cukup mudah, apalagi jika Anda mengetahui penyebabnya. Biasanya, beda penyebab akan beda pula penanganan. Pada beberapa kasus, ada IDM yang hanya memunculkan informasi ukuran file di situs tertentu.

Baiklah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ukuran file tidak muncul ketika melakukan download menggunakan IDM.

Restart Proses Download

Mengatasi IDM yang tidak muncul ukuran filenya yang pertama ialah dengan merestart proses download. Cara ini biasanya menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ukuran file tidak muncul saat Anda mendownload file dari Google Drive. Setelah melakukan restart, biasanya ukuran file akan langsung muncul.

  • Gunakan IDM seperti biasa untuk mendownload file yang dibutuhkan.
  • Jika ukuran file tidak muncul saat download file, klik saja Start Download.
  • Saat proses downloadnya berjalan, tutup jendela IDM tadi.
  • Buka lagi aplikasi IDM.
  • Klik pilihan Resume atau Lanjutkan pada file yang tadi sedang didownload.
  • Proses download akan berjalan kembali.
  • Seharusnya informasi ukuran file sudah muncul.
  • Selesai.

Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Ukuran File Free Trial Habis

Penyebab lain kenapa ukuran file saat download file di IDM tidak muncul adalah karena free trial yang digunakan pada aplikasi sudah habis. Secara umum, IDM hanya memberi waktu trial hingga 30 hari saja, sehingga Anda tidak bisa menikmati fitur IDM setelah 30 hari.

Saat batas pemakaian trial tadi sudah habis, IDM tidak dapat digunakan seperti biasa. Untuk menikmati IDM seperti biasa, Anda harus memperpanjang IDM. Anda dapat membeli lisensi resmi di situs resminya.

Tidak Terhubung Dengan Browser

Penyebab berikutnya kenapa IDM tidak keluar ukuran file yang ingin didownload adalah karena add ons atau extensi pada browser yang dipakai rusak atau error.

Secara umum, mengatasi IDM yang tidak muncul ukuran file untuk setiap browser agak berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda tahu jenis browser yang dipakai terlebih dahulu. Setelahnya proses mengatasi IDM bisa dilanjutkan.

Cara Mengatasi IDM Yang Tidak Muncul Ukuran File Kena Blokir Firewall

Akhir-akhir ini, Windows memang kerap memblokir akses mencurigakan lewat bantuan firewall. Hal ini bisa mengganggu kinerja IDM sehingga ukuran file tidak muncul. Untuk mengatasinya, Anda bisa membuka firewall yang sudah memblokir akses IDM.

Jika berhasil, IDM langsung menampilkan ukuran file dari yang ingin didownload. Tidak usah khawatir, caranya sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini.

  • Klik start menu Windows di pojok kiri layar.
  • Ketik firewall di kotak pencarian.
  • Pilih firewall.
  • Perhatikan pilihan Turn Windows Firewall On or Off.
  • Pilih Turn Windows Firewall Off.
  • Selesai.

Cara ini sebenarnya cukup berisiko untuk pengguna PC. Alasannya karena dapat membuat laptop atau PC yang Anda gunakan tidak terlindungi dari malware atau virus lain. Untuk antisipasi, setelah mendapat info ukuran file, sebaiknya Anda segera mengaktifkan fitur ini kembali agar PC tetap terlindungi dari berbagai macam virus berbahaya.

Demikianlah ulasan mengatasi IDM yang tidak muncul ukuran file dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, seharusnya masalah IDM tidak ada size filenya sudah dapat teratasi. Selamat mencoba!