Cara Mengatasi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Solusi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Solusi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

Sebagaimana layaknya sebuah aplikasi, WhatsApp juga memiliki sistem pengamanan (security) yang terus diperbaharui dan dikembangkan demi keamanan penggunanya. Keamanan ini penting untuk diperhatikan, karena berhubungan dengan keberlangsungan akun WhatsApp Anda.

Sistem pengamanan dalam WhatsApp salah satunya ketika Anda mendaftarkan nomor handphone, Anda akan dikirimi kode verifikasi ke nomor tersebut. Kode ini untuk memastikan bahwa Anda memang benar adalah pemilik nomor yang didaftarkan.

Sekarang, sistem pengamanan WhatsApp ditingkatkan lagi dengan adanya verifikasi dua langkah, yaitu melalui kode verifikasi dan PIN. Sayangnya, banyak pengguna yang sering lupa PIN yang digunakan untuk verifikasi ini. Tapi jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas tuntas cara mengatasi lupa kode verifikasi 2 langkah WhatsApp.

Manfaat Kode Verifikasi 2 Langkah di WhatsApp

Selain fungsinya untuk menambah kualitas pengamanan pada sistem WhatsApp, kode verifikasi 2 langkah berfungsi seperti PIN atau password untuk mengakses sebuah akun.

Kode verifikasi 2 langkah ini juga memungkinkan setiap nomor yang sudah terdaftar tidak bisa digunakan atau diduplikasi oleh orang lain. Kecuali, pihak yang ingin menggunakan nomor yang sama memiliki kode pin verifikasi dua langkah WhatsApp yang sudah diaktifkan sebelumnya.

Hal ini menyebabkan, meski Anda sudah tidak punya akses ke nomor handphone lama, akun WhatsApp Anda akan tetap aman dan bisa digunakan.

Tapi harap diingat agar jangan sampai lupa kode verifikasi 2 langkah WhatsApp Anda, karena bisa membuat Anda kehilangan akses terhadap akun WhatsApp Anda sendiri.

Cara Mengaktifkan Kode Verifikasi 2 Langkah pada WhatsApp

Anda akan mendapatkan kode verifikasi 2 langkah setelah fitur verifikasi ini diaktifkan. Adapun cara mengaktifkan fitur tersebut adalah seperti ini :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Setelan”.
  4. Pilih “Akun”.
  5. Pilih “Verifikasi Dua Langkah”.
  6. Pilih “Aktifkan”
  7. Masukan 6 digit PIN.

    Inputkan 6 Digit PIN Sebagai Verifikasi 2 Langkah WA

    Inputkan 6 Digit PIN Sebagai Verifikasi 2 Langkah WA

  8. Tekan tombol “Lanjut”.
  9. Masukan email Anda.

    Inputkan Email Untuk Menyetel Ulang PIN Jika Terjadi Masalah

    Inputkan Email Untuk Menyetel Ulang PIN Jika Terjadi Masalah

  10. Tekan tombol “Lanjut”.

    Cara Mengaktifkan Kode Verifikasi 2 Langkah Di WA Telah Selesai

    Cara Mengaktifkan Kode Verifikasi 2 Langkah Di WA Telah Selesai

  11. Pengaturan telah selesai.

Pada proses tersebut, Anda akan diminta untuk membuat PIN terlebih dahulu. Masukkan 6 digit angka yang nantinya akan Anda gunakan seterusnya sebagai kode verifikasi 2 langkah WhatsApp.

Kode verifikasi dua langkah ini bisa juga Anda nonaktifkan. Ikuti cara menonaktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp berikut ini :

  • Buka Setelan Akun
  • Buka menu Verifikasi dua langkah
  • Lalu ketuk tombol Nonaktifkan.

Cara Mengatasi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WA

WhatsApp sudah berusaha meningkatkan sistem pengamanannya dengan lebih baik, tapi ada kalanya pengguna justru malah lupa dengan PIN yang digunakan untuk verifikasi sebelumnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda membutuhkan solusi ketika lupa kode pin verifikasi dua langkah. Ada dua cara penyelesaian masalah tersebut yang akan kami paparkan dalam artikel ini.

Menggunakan Fitur Lupa Pin

Anda bisa menghapus dulu kemudian menginstal ulang aplikasi WhatsApp pada handphone Anda. Kemudian pada saat membuka WhatsApp baru, Anda akan diarahkan ke halaman awal registrasi.

Setelah masuk ke menu registrasi, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Masuk ke akun WhatsApp.
  2. Lakukan verifikasi nomor handphone.
  3. Masukkan kode PIN verifikasi dua langkah.

    Cara Mengatasi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

    Cara Mengatasi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp

  4. Pilih “LUPA PIN”.
  5. Reset PIN baru Anda.

    Kirimkan Link Reset PIN Ke Email Anda

    Kirimkan Link Reset PIN Ke Email Anda

  6. Tekan kirim email untuk verifikasi PIN baru.
  7. Periksa email.

    Solusi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di iPhone Dan Android

    Solusi Lupa Kode Verifikasi 2 Langkah WhatsApp di iPhone Dan Android

  8. Lakukan verifikasi reset PIN dua langkah.

    Lakukan WhatsApp Two Step Verification Reset Dari Email

    Lakukan WhatsApp Two Step Verification Reset Dari Email

  9. Selesai.

Cara mengatasi lupa kode PIN verifikasi dua langkah ini mungkin terlihat banyak langkahnya, tetapi jika dilakukan tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit saja.

Perlu diperhatikan juga, jika Anda tidak merasa melakukan reset verifikasi PIN WhatsApp, tapi Anda menerima email mengenai hal ini, maka sebaiknya abaikan email tersebut. Jangan sekali-sekali membuka link yang ada dalam email tersebut.

Solusi Jika Tidak Mengisi Email

Anda mungkin saja lupa memasukkan email yang digunakan untuk verifikasi dua langkah, sementara Anda membutuhkan solusi lupa PIN verifikasi dua langkah.

Jangan panik, karena Anda tetap bisa mendapatkan akun WhatsApp Anda kembali dengan masa tunggu selama 7 hari. Setelah melalui jeda 7 hari, WhatsApp akan menghapus sistem verifikasi 2 langkah dan Anda bisa melakukan verifikasi nomor seperti biasanya.

Tapi harap diketahui, bahwa semua pesan yang sedang on the way masuk ke akun WhatsApp Anda akan otomatis terhapus. Sehingga, seluruh chat dan media yang ada dalam WhatsApp Anda akan kembali seperti ke keadaan terakhir kali Anda membukanya.

Dalam Halaman Pusat Bantuan WhatsApp, terdapat informasi bahwa jika Anda terlambat melakukan verifikasi ulang, yakni lewat dari 30 hari tanpa verifikasi apapun yang dilakukan, maka akun WhatsApp Anda akan terhapus dan diganti oleh akun baru. Oleh karena itu, jangan sampai Anda lupa atau lalai melakukan verifikasi ulang.

Demikianlah cara mengatasi lupa kode verifikasi 2 langkah WhatsApp yang dapat kami berikan. Yang paling mudah adalah Anda mengingat PIN verifikasi dengan cara mencatatnya di suatu tempat sehingga tidak menyulitkan Anda sendiri kedepannya.

Lupa kode verifikasi 2 langkah pada WhatsApp dapat menyebabkan Anda tidak bisa masuk ke aplikasi WA. Hal ini tentu sangat mengganggu. Selain karena hal tersebut, terkadang ada penyebab lain yang membuat Anda tidak bisa login WA. Jika Anda mengalaminya, simak Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login yang sudah kami ulas untuk Anda.

Terkadang WhatsApp juga mengalami error yakni tidak menanggapi. Hal ini juga bisa menyebabkan Anda gagal login dan tidak bisa mengakses WA dengan nyaman. Simak saja Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi agar aplikasi WA dapat berfungsi normal kembali.

Leave a Reply