Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Bagaimana cara mengatasi printer tidak merespon perintah print? Simak beberapa cara mengatasi printer ready tapi tidak bisa print dengan mudah. Bisa untuk printer Canon, Epson, HP maupun merk printer yang lain!

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Sebagai perangkat elektronik, printer terkadang juga mengalami error. Salah satu error yang sering terjadi yaitu printer tidak merespon perintah print. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi jika Anda harus mencetak banyak dokumen atau gambar dalam waktu yang mendesak.

Beberapa merk dan tipe printer yang sering mengalami masalah printer tidak merespon antara lain printer Canon IP2770, printer Canon MP258, printer Epson L360, printer Epson L220, printer Epson L120, dll. Masalah printer tidak merespon sebenarnya bisa menimpa semua merk dan tipe printer.

Penyebab Printer Tidak Merespon

Untuk dapat mengatasi printer tidak merespon, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab printer tidak meresepon. Ada 2 hal perlu Anda perhatikan.

  • Ada masalah pada printer yang membuatnya tidak bisa merespon perintah dari sistem.
  • Ada masalah pada sistem sehingga tidak dapat mengirimkan perintah kepada printer.

Sebenarnya kedua penyebab printer tidak merespon diatas masih kurang spesifik. Tapi paling tidak Anda sudah mendapatkan gambaran untuk mengeceknya.

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print

Karena penyebab printer tidak merespon masih belum begitu jelas, berarti mau tidak mau Anda harus melakukan pengcekan pada printer dan sistem.

Kabel USB Printer

Cara mengatasi printer tidak merespon yang pertama ialah dengan melepas dan memasang kabel USB printer secara berulang kali. Dengan melepas dan memasang kembali kabel USB printer beberapa kali akan membuat sistem mendeteksi ulang printer.

Harapannya printer akan kembali merespon perintah print yang sebelumnya tidak direspon. Untuk memastikan port USB Anda tidak bermasalah, Anda dapat mencoba menancapkan kabel USB printer ke lubang USB lain pada laptop atau PC Anda.

Cara Mengatasi Printer Tidak Merespon Dari Menu Services Pada Windows

Jika kabel printer USB ternyata normal-normal saja, Anda dapat mencoba mengatasi printer tidak merespon melalui services.msc. Didalam services.msc ini terdapat banyak services Windows diantaranya adalah services yang mengatur tentang printer. Nama services tersebut adalah print spooler. Selanjutnya ikuti langkah dibawah ini.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela RUN.
  2. Ketik “services.msc”.

    Mengatasi Printer Tidak Merespon Dari Services

    Mengatasi Printer Tidak Merespon Dari Services

  3. Tekan tombol “OK”.
  4. Tunggu jendela “Services” terbuka.
  5. Cari “Print Spooler”.
  6. Klik pada “Print Spooler”.
  7. Pilih “Stop”.

    Hentikan Services Print Spooler Dengan Memilih Stop

    Hentikan Services Print Spooler Dengan Memilih Stop

  8. Minimize jendela “Services”.
  9. Buka “Windows Explorer” atau tekan Windows + E.
  10. Buka “C:\Windows\System32\spoolPRINTERS”.

    Hapus Seluruh File Didalam Folder SpoolPrinters

    Hapus Seluruh File Didalam Folder SpoolPrinters

  11. Hapus semua file didalamnya.
  12. Buka lagi jendela “Services”.
  13. Klik “Print Spooler”.

    Start Kembali Services Print Spooler

    Start Kembali Services Print Spooler

  14. Pilih “Start”.
  15. Restart laptop atau PC Anda.
  16. Selesai.

Mengatasi Printer Tidak Merespon Perintah Print Dengan Reinstall Driver Printer

Salah satu penyebab printer tidak merespon perinta print biasanya karena ada masalah pada driver printernya. Solusi yang bisa Anda lakukan antara lain dengan melakukan instal ulang (reinstall) driver printer. Untuk drivernya, Anda bisa gunakan CD atau DVD driver bawaan. Jika hilang, Anda dapat mendownloadnya dari situs resmi merk printer Anda.

Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print Dengan Mereset Printer

Jika Anda sudah melakukan install ulang driver printer tapi printer tetap saja belum merespon perintah print, maka Anda dapat mencoba melakukan reset printer. Biasanya tiap-tiap merk atau tipe printer memiliki cara reset yang berbeda-beda. Beberapa cara mereset printer yang sudah kami ulas antara lain :

Mereset printer sebenarnya mengembalikan printer ke pengaturan awal. Biasanya dengan mereset printer, maka masalah dan error pada printer akan hilang.

Servis Printer

Cara terakhir untuk mengatasi printer ready tapi tidak bisa print ialah dengan membawanya ke tukan servis printer. Sebenarnya kerusakan pada printer bisa diketahui dengan mengamati kedipan lampu indikator pada printer. Lamput LED yang berkedip (blink) sebenarnya memiliki arti khusus.

Beberapa waktu lalu kami juga telah mengulas Cara Reset Printer Epson L120 Indikator Berkedip. Jika Anda menggunakan printer Epson L120, Anda dapat mencoba cara tersebut. Namun jika Anda kurang yakin, sebaiknya Anda segera membawa printer Anda ke tukang servis printer di kota Anda.

Biasanya masalah printer yang disebabkan oleh kerusakan komponen akan sulit untuk diperbaiki sendiri. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan jasa tukang servis printer yang handal.

Demikianlah ulasan tentang cara mengatasi printer tidak merespon perintah print. Permasalah ini memang umum terjadi, baik di Windows 7, Windows 8 atapun Windows 10. Sebagian besar merk printer juga bisa mengalaminya misalnya printer Canon, printer Epson, printer HP, dll. Semoga ulasan diatas dapat menjadi solusi yang tepat.

Leave a Reply