Cara Mengatasi Storage Space Running Out Di Android

Cara Mengatasi Storage Space Running Out Di Android
Cara Mengatasi Storage Space Running Out Di Android

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara memperbaiki storage space running out di Android. Cara-cara ini bisa Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli memori eksternal tambahan untuk ponsel Anda.

Umumnya, ponsel Android dibekali dengan memori internal sebagai wadah penyimpanan. Besarnya pun beragam, mulai dari 8GB hingga 64GB. Jika Anda menginginkan penyimpanan internal yang lebih besar, ada baiknya Anda membeli ponsel dengan memori yang lebih besar.

Masalahnya, bagi yang memiliki budget terbatas, tentu ponsel Android dengan memori besar bukanlah pilihan terbaik. Karena semakin besar memorinya, tentu akan semakin mahal juga harganya.

Namun jika Anda memutuskan untuk membeli ponsel Android dengan memori internal besar, suatu saat pasti memori akan penuh jika terlalu banyak aplikasi, file, foto, video, dan lagu yang disimpan.

Penuhnya memori pada Android pastilah sangat mengganggu. Terlebih bagi pengguna yang banyak beraktivitas menggunakan ponsel. Anda pasti sering mengalami kejadian sedang asyik-asyik berfoto dengan teman-teman, tapi tiba-tiba di ponsel Anda ada tulisan storage space running out. Hal tersebut tentu membuat kesal.

Penyebab Memori Internal Android Penuh

Penyebab penuhnya memori ponsel sangat beragam. Hal yang paling kentara adalah jumlah file dan media yang tersimpan. Semakin banyak kita menyimpan foto, video, atau file tentunya akan semakin cepat memori ponsel menjadi penuh. Aplikasi berukuran besar juga sering menjadi penyebab penuhnya memori.

Tapi selain yang sudah disebutkan di atas, memori ponsel juga bisa penuh tanpa disadari. Adanya sampah-sampah aplikasi seperti cache, file cadangan, dan file sampah lain yang menumpuk misalnya, bisa memakan memori ponsel.

Aplikasi bawaan yang sering kali hanya nongkrong di ponsel kita juga bisa memakan memori ponsel tanpa disadari.

Cara Mengatasi Storage Space Running Out di Android

Setidaknya ada dua hal yang bisa Anda lakukan jika memori internal di ponsel Anda penuh. Pertama, mengelola file dan sampah yang tersimpan di memori internal. Dan yang kedua, membeli memori eksternal sebagai tambahan memori.

Opsi pertama disarankan untuk dilakukan terlebih dahulu, yaitu dengan membersihkan ‘sampah’ dari ponsel Anda. Opsi pertama juga tentunya lebih hemat biaya. Tapi jika opsi pertama tidak mempan dilakukan, maka Anda bisa melakukan opsi kedua.

Nah terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan opsi pertama. Berikut ulasannya.

Menghilangkan Storage Space Running Out Dengan Membersihkan Cache

Cache adalah file yang bersifat sementara dan tersimpan di memori internal. Fungsinya untuk mencatat berbagai aktivitas yang kita lakukan saat kita menggunakan aplikasi tertentu. Dengan begitu, saat kita nantinya akan menggunakan aplikasi yang sama, proses loading akan berjalan lebih cepat.

Hapus Cache Jika Terjadi Storage Space Running Out di Smartphone
Hapus Cache Jika Terjadi Storage Space Running Out di Smartphone

Meskipun bersifat sementara, tapi sering kali cache menjadi menumpuk jika tidak pernah dibersihkan. Anda bisa menghapus cache dengan cara seperti berikut:

  • Buka menu Pengaturan di HP.
  • Lalu scroll ke bawah.
  • Cari menu Aplikasi.
  • Pilih Kelola Aplikasi.
  • Lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus chace-nya.
  • Pilih menu Penyimpanan.
  • Pilih Storage jika memakai bahasa Inggris.
  • Pilih Hapus Data.
  • Klik pada Bersihkan Cache.
  • Fungsinya untuk membersihkan cache.
  • Selesai.

Ulangi langkah-langkah di atas pada aplikasi lain. Sebagai informasi, nama serta letak menu bisa berbeda pada tiap jenis ponsel. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan tipe ponsel Anda.

Membersihkan File Cadangan Untuk Mengatasi Storage Space Running Out

File cadangan biasanya dihasilkan dari aplikasi Whatsapp. Untuk membersihkannya, lakukan hal berikut:

Aplikasi WhatsApp Memiliki History Chat Yang Bisa Membuat Internal Memori Penuh
Aplikasi WhatsApp Memiliki History Chat Yang Bisa Membuat Internal Memori Penuh
  • Masuk ke File Manager di HP.
  • Lalu pilih Penyimpanan Bersama Internal.
  • Pilih folder Whatsapp.
  • Lalu buka folder Databases dan Backups.
  • Hapus data tidak terpakai pada folder tersebut.
  • Selesai.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, bahwa nama serta letak menu bisa berbeda pada tiap-tiap HP. Jika terjadi sedikit perbedaan, sebaiknya menyesuaikan dengan tipe HP Anda.

Hapus File Tersembunyi Jika Storage Full Pada HP Android

Tanpa kita sadari, ponsel kita sering menyimpan file tersembunyi seperti thumbnails dan file sisa dari aplikasi yang sudah dihapus. Jika dibiarkan saja, tentunya hal tersebut akan menumupk dan memakan memori internal HP. Untuk memeriksa dan menampilkan file tersembunyi, yang bisa Anda lakukan adalah:

Hapus File Yang Tidak Terpakai Agar Tidak Storage Space Running Out
Hapus File Yang Tidak Terpakai Agar Tidak Storage Space Running Out
  • Masuk ke File Manager.
  • Kemudian cari Penyimpanan Bersama Internal.
  • Klik ikon titik 3 di pojok kanan atas.
  • Lalu pilih Sembunyikan Berkas Tersembunyi.
  • Periksa apakah ada folder atau file yang tidak berguna.
  • Hapus folder atau file tersebut.
  • Lakukan hingga bersih.
  • Selesai.

Di dalam menu, bisa saja Anda menjumpai nama dan letak yang berbeda atau tidak sama persis. Anda dapat menyesuaikan masing-masing nama dengan langkah di atas.

Memindahkan Sebagian File ke Cloud

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android berikutnya adalah dengan memanfaatkan Cloud. Tidak dipungkiri banyaknya foto, video, dan media lainnya bisa memakan banyak memori internal. Ada banyak orang merasa sayang untuk menghapus file media di ponsel.

Pindahkan File ke Cloud Agar Storage Android Tidak Full
Pindahkan File ke Cloud Agar Storage Android Tidak Full

Alternatifnya ialah dengan memindahkan sebagian atau semua file media tersebut ke media penyimpanan daring atau Cloud. Sekarang ini banyak sekali jenis Cloud yang tersedia seperti Google Drive, Dropbox, iCloud, dll.

Cara di atas dapat Anda lakukan untuk berbagai macam merk HP baik iPhone (iOS) maupun HP Android seperti Lenovo, Xiaomi, Realme, Samsung, Asus, Oppo, LG, Sony, Acer, dll.

Baiklah, demikian tadi ulasan tentang Cara Mengatasi Storage Space Running Out Di Android yang bisa dijadikan solusi jitu untuk Anda. Semoga dengan mengikuti cara di atas, memori Anda dapat menjadi sedikit lebih longgar. Sehingga tidak muncul pesan Storage Space Running Out. Selamat mencoba!