Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp

Salah satu kemudahan yang diberikan WhatsApp adalah dengan menyediakan fitur panggilan tanpa menggunakan pulsa. Namun, terkadang muncul gangguan hingga kita harus mengetahui bagaimana cara mengatasi tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp, baik itu panggilan biasa atau video.

Kemudahan melakukan panggilan tanpa harus menggunakan pulsa tentu lebih praktis untuk masyarakat zaman sekarang. Catatannya adalah asalkan smartphone Anda terhubung dengan koneksi internet, baik itu yang didapatkan melalui paket data maupun wifi.

Jenis Masalah (Error) Pada Panggilan WhatsApp

Untuk mengaplikasikan cara mengatasi tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp harus melihat jenis permasalahannya terlebih dahulu. Biasanya berbagai permasalahan tersebut terdiri atas beberapa hal di bawah ini :

Tidak Bisa Melakukan Panggilan WA, Masalah Koneksi Internet

Permasalahan tidak adanya koneksi internet biasanya terjadi ketika hendak melakukan panggilan maupun ketika sedang melakukan panggilan. Tanda koneksi tidak ada biasanya disertai oleh bunyi “tut tut tut…” kemudian perlahan panggilan bisa terputus dengan sendirinya.

Untuk permasalahan yang satu ini, dalam cara mengatasi tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp, Anda harus memperhatikan apakah koneksi internet berjalan lancar atau tidak. Bisa jadi solusinya dengan berpindah tempat untuk mendapatkan sinyal terbaik.

Status Panggilan WhatsApp Terus Menerus “Menghubungkan”

Biasanya setelah melakukan panggilan WhatsApp, baik itu audio maupun video, koneksi akan terus menghubungkan panggilan sampai terdengar suara lawan bicara. Apabila sambungan tidak kunjung sampai maka tanda menghubungkan tidak akan hilang.

Proses menghubungkan yang terlalu lama ini dapat menjadi indikasi panggilan WhatsApp gagal dilakukan. Faktornya bisa karena berbagai hal, salah satunya tidak adanya jaringan maupun koneksi internet yang bagus.

Ada Masalah Lain Sehingga WA Tidak Bisa Memanggil

Permasalahan lainnya yang menyebabkan panggilan WhatsApp tidak tersambung adalah karena penerima sedang berada dalam panggilan bersama orang lain. Atau juga karena penerima menolak mengangkat panggilan dari Anda.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan WhatsApp

Untuk mengaplikasikan solusi terbaik, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini, bergantung pada tiap-tiap permasalahannya.

Nomor Tidak Diblokir Oleh Kontak Tujuan

Bagi yang belum tahu, WhatsApp menyediakan fitur blokir nomor tertentu sehingga menyebabkan nomor tersebut tidak bisa menghubungi Anda. Kasusnya apabila Anda tidak bisa melakukan panggilan pada kontak tertentu bisa jadi salah satu sebabnya karena diblokir.

Mengatasi WA Tidak Memanggil Dengan Memastikan Nomor Tidak Diblokir

Mengatasi WA Tidak Memanggil Dengan Memastikan Nomor Tidak Diblokir

Ketika nomor Anda diblokir oleh kontak tertentu maka jangankan untuk melakukan panggilan, untuk melihat foto profil kontak tersebut saja tidak bisa. Dalam hal ini ada beberapa faktor yang menyebabkan nomor anda diblokir.

Nomor Yang Tidak Diblokir Dapat Melakukan Panggilan WhatsApp

Nomor Yang Tidak Diblokir Dapat Melakukan Panggilan WhatsApp

Yang pasti adalah ketika nomor sudah diblokir maka Anda tidak dapat melihat last seen, tidak bisa berkirim pesan, tidak bisa melihat foto profil, dan tidak bisa melakukan panggilan. Sementara itu notifikasi di handphone Anda ketika melakukan panggilan adalah terus menghubungkan.

Jika nomor Anda benar-benar diblokir, Anda dapat mencoba menggunakan Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, seharusnya nomor WhatsApp Anda sudah tidak diblokir lagi.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan WA Dengan Cek Koneksi Internet

Untuk memastikan koneksi internet kencang dan stabil, posisi Anda menjadi pertimbangan penting. Ketika berada pada lokasi susah sinyal tentunya jangankan panggilan WhatsApp, panggilan telepon biasa saja akan sulit dilakukan.

Pastikan Tidak Ada Gangguan Pada Koneksi Internet Anda

Pastikan Tidak Ada Gangguan Pada Koneksi Internet Anda

Untuk memeriksa koneksi internet, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka situs Speedtest di browser Anda.
  2. Tekan tombol “Mulai”.
  3. Tunggu proses berlangsung.
  4. Lihat berapa kecepatan internet Anda.
  5. Selesai.

Sebagai informasi, biasanya kecepatan koneksi internet yang dibutuhkan untuk melakukan panggilan melalui aplikasi chatting ialah 1 mbps dengan ping 1 ms. Jika koneksi internet di bawah angka tersebut maka panggilan tidak bisa dilakukan.

Hapus Cache WA dan Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Permasalahan pada handphone juga mungkin terjadi dan menyebabkan panggilan WhatsApp tidak bisa dilakukan. Anda dapat mencoba menghapus cache dan data aplikasi untuk kemudian memeriksa apakah setelah hal tersebut dilakukan sudah bisa melakukan panggilan atau belum.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp Dengan Hapus Cache Secara Rutin

Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp Dengan Hapus Cache Secara Rutin

Untuk menghapus cache dan data aplikasi, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka menu “Setelan” di HP Anda.
  2. Pilih “Aplikasi”.
  3. Pilih ” WhatsApp”.
  4. Tekan tombol “Hapus cache”.
  5. Tekan tombol “Hapus data”.
  6. Selesai.

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan, selanjutnya Anda dapat merestart handphone. Kemungkinan besar setelah smartphone menyala kembali whatsapp sudah bisa melakukan panggilan audio maupun video.

Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp Dengan Mengatur Date & Time

Ketika membeli handphone, Anda harus mengatur sendiri waktu dan tanggal pada perangkat. Barangkali hal ini dianggap sepele, Namun ternyata ketidaksesuaian tanggal di handphone dengan tanggal sebenarnya dapat mempengaruhi operasional berbagai aplikasi.

Tanggal Dan Waktu Yang Tidak Benar Dapat Membuat WA Error

Tanggal Dan Waktu Yang Tidak Benar Dapat Membuat WA Error

WhatsApp dapat menjadi salah satu aplikasi yang menerima resiko tersebut. Untuk itu seyogyanya Anda mengikuti langkah di bawah ini apabila tanggal belum sesuai :

  1. Buka “Setelan” di HP.
  2. Masuk menu “Tanggal dan Waktu”.
  3. Aktifkan “Waktu Otomatis”.
  4. Selesai.

Dengan langkah-langkah di atas, maka perangkat Anda akan menyesuaikan dengan zona waktu sekitar. Nantinya tidak perlu menyesuaikan secara manual.

Update WA atau Uninstall Lalu Install Ulang WhatsApp

Berikutnya cara mengatasi tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp adalah dengan mengupdate dan memasang kembali aplikasi tersebut. Untuk proses update, Anda dapat meniru beberapa langkah di bawah ini :

  1. Buka Google Play Store.
  2. Ketik “WhatsApp” di kotak pencarian.
  3. Pilih “WhatsApp”.
  4. Cek apakah ada update.

    Mengatasi Masalah Panggilan WhatsApp Dengan Update WA Ke Versi Terbaru

    Mengatasi Masalah Panggilan WhatsApp Dengan Update WA Ke Versi Terbaru

  5. Jika ada tekan tombol “Update”.
  6. Tunggu proses update.
  7. Selesai.

Langkah di atas dilakukan apabila terdapat tombol “Update” pada aplikasi WhatsApp di Google Play Store. Namun, meskipun tidak ada tombol “Update”, Anda tetap dapat melakukannya secara manual dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka Google Play Store.
  2. Ketik “WhatsApp” di kotak pencarian.
  3. Pilih “WhatsApp”.
  4. Tekan tombol ” Uninstall”.

    Hapus WhatsApp Lalu Install Kembali Untuk Memperbaiki WhatsApp

    Hapus WhatsApp Lalu Install Kembali Untuk Memperbaiki WhatsApp

  5. Tunggu proses uninstall berlangsung.
  6. Setelah selesai, tekan tombol “Install”.
  7. Tunggu proses install WhatsApp.
  8. Selesai.

Langkah-langkah pertama disebut sebagai cara update WhatsApp, sementara yang kedua adalah proses reinstall WhatsApp. Keduanya dianggap jauh lebih efektif dibandingkan Anda harus menghapus cache dan data aplikasi. Siapa tahu memang aplikasi WhatsApp di handphone Anda membutuhkan pembaruan.

Aktifkan Izin Pada WhatsApp

Android Anda biasanya langsung dilengkapi oleh aplikasi WhatsApp ketika awal membeli. Namun, jika harus menginstal sendiri maka pastikan sudah memberi izin WhatsApp untuk melakukan beberapa fiturnya, salah satunya panggilan audio maupun video.

Izinkan WhatsApp Mengakses Hal Berhubungan Dengan Panggilan

Izinkan WhatsApp Mengakses Hal Berhubungan Dengan Panggilan

Jika kebingungan, maka coba aplikasikan langkah di bawah ini :

  1. Buka menu “Setelan” pada smartphone Anda.
  2. Pilih “Aplikasi”.
  3. Pilih ” WhatsApp”.
  4. Cari menu “Izin”.
  5. Aktifkan izin sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Selesai.

Perlu diketahui seringnya pemberian izin ini tidak diperhatikan secara mendetail. Padahal, meskipun WhatsApp menyediakan fitur panggilan tanpa menggunakan pulsa, namun fitur tersebut tidak bisa diakses oleh semua pengguna Whatsapp tanpa pemberian izin.

Reset HP Ke Pengaturan Pabrik (Factory Reset)

Tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp bukan hanya disebabkan oleh faktor dari aplikasi itu sendiri. Bisa jadi permasalahannya datang dari sistem keseluruhan handphone Anda. Demi memastikan hal tersebut, Anda dapat mereset HP dahulu kemudian menyalakannya kembali.

Lakukan Factory Reset Untuk Mengembalikan HP Ke Pengaturan Pabrik

Lakukan Factory Reset Untuk Mengembalikan HP Ke Pengaturan Pabrik

Apabila berbagai langkah penanganan sebelumnya sudah dilakukan dan tetap tidak mendapatkan hasil, maka Anda dapat mencoba mereset HP. Langkah ini tidak ada salahnya dilakukan agar panggilan WhatsApp, baik itu audio maupun video dapat dilakukan secara lancar.

Permasalahan tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp juga bukan hanya terjadi karena gangguan pada handphone. Beberapa kali Whatsapp juga sempat mengalami gangguan secara global sehingga semua penggunanya tidak bisa memanfaatkan beberapa fitur secara optimal.

Apabila hal tersebut terjadi maka Anda tinggal menunggu perbaikan langsung dari pusat saja. Namun, apabila permasalahannya karena beberapa hal di atas maka coba lakukan cara mengatasi tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp berdasarkan penyebabnya secara tepat.

Oiya, seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya, WhatsApp juga bisa mengalami sistem crash sehingga tidak merespon saat Anda gunakan. Nah agar Anda dapat terbebas dari masalah tersebut, segera ikuti Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi agar normal kembali.

Leave a Reply