Cara Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Kontak di WA [ANTI GAGAL]

Advertisements
Cara Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Kontak Di WA
Cara Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Kontak Di WA

Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Kontak Di WA – Pernakah ketika Anda hendak menyimpan kontak langsung dari WhatsApp, ternyata kontak tersebut tidak bisa disimpan? Nyatanya akan lebih praktis ketika ada nomor baru yang mengirim chat WA, kita langsung menyimpan nomor tersebut dari aplikasi WA. Tapi kadang tidak bisa.

Advertisements

Jika harus keluar dulu dari aplikasi WhatsApp, lalu menyimpannya melalui menu Kontak, maka hal tersebut tentu tidak praktis dan memakan waktu. Yuk ketahui kira-kira apa sebab tidak bisa simpan kontak di aplikasi WhatsApp berikut ini.

Penyebab Tidak Bisa Menyimpan Kontak di WhatsApp

Dari banyaknya kasus tidak bisa simpan nomor baru di WhatsApp, penyebab utamanya karena Anda tidak mengijinkan aplikasi WA untuk mengakses kontak. Jadi jika Anda belum mengaktifkan ijin agar WA dapat mengakses kontak, maka Anda tidak akan bisa menyimpan nomor baru langsung dari aplikasi WA.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Kontak di WA

Memperbaiki WhatsApp tidak bisa menyimpan kontak sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut di smartphone iPhone (iOS) dan HP Android berbagai merk seperti Xiaomi, Oppo, Samsung, dll.

Baiklah langsung saja kita simak bersama satu demi satu hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi WA tidak bisa menyimpan kontak baru.

Memberi Ijin WhatsApp Untuk Mengakses Kontak HP

Seperti sudah kami katakan diatas bahwa sebab utama gagal menyimpan kontak WA adalah karena izin WA untuk akses kontak di HP masih belum aktif. Oleh karena itu, sekalipun Anda sudah menyimpan nomor baru dari WA, tapi nomor tersebut tetap tidak bisa tersimpan di data kontak HP Anda.

Nah sekarang bagaimana cara memberikan ijin kepada aplikasi WhatsApp untuk mengakses kontak? Terlebih dahulu ada baiknya Anda mengeceknya di menu Pengaturan. Dari situ akan terlihat apakah WA sudah diberi izin untuk akses kontak atau belum. Jika belum, Anda bisa segera mengaktifkannya untuk memberi ijin.

Cara memperbaiki WhatsApp tidak bisa menyimpan kontak di HP Android dan iPhone

  • Siapkan HP Anda
  • Tekan dan tahan pada icon aplikasi WhatsApp
  • Akan muncul Menu
  • Pilih Info Aplikasi
  • Akan muncul halaman Info Aplikasi
  • Pilih Izin Aplikasi
  • Didalamnya pilih Kontak
  • Pilih Izinkan
  • Selesai

Nah seharusnya sekarang Anda sudah bisa menyimpan nomor baru langsung dari aplikasi WA. Jika masih belum bisa, maka Anda bisa mencoba cara yang berikut ini.

Mengatasi Tidak Bisa Menyimpan Kontak di WA Dengan Update

Perlu Anda ketahui, seringkali kita mematikan auto update aplikasi di smartphone karena bisa menyebabkan boros kuota. Parahnya, kita juga malas untuk mengupdate aplikasi satu per satu. Padahal aplikasi yang lama tidak di update bisa mengganggu kinerja fitur-fitur yang ada didalamnya.

Salah satu masalah yang bisa timbul akibat menggunakan WA versi lama ialah tidak bisa menyimpan nomor langsung dari WA ke kontak HP. Nah untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

Cara mengatasi tidak bisa simpan kontak di WA dengan melakukan update WhatsApp

  • Buka smartphone milik Anda
  • Masuk ke aplikasi Google Play Store
  • Pilih pencarian dengan klik icon kaca pembesar
  • Ketik WhatsApp lalu cari
  • Pilih dan buka aplikasi WhatsApp
  • Perhatikan layar Anda
  • Apakah tombol Update WhatsApp bisa ditekan?
  • Jika ya, segera tekan tombol tersebut
  • Tunggu proses update WA
  • Selesai

Menu Kontak Di HP Error

Terkadang ada kasus dimana yang bermasalah itu bukanlah aplikasi WhatsApp milik Anda. Tapi yang error adalah Kontak Telepon di HP Anda. Perlu diketahui bahwa yang harus di update tidak hanya aplikasi biasa. Tapi sistem Android, termasuk kontak juga harus di update agar bisa bekerja dengan baik.

Jika Anda menonaktifkan auto update di HP dan tidak pernah melakukan update sistem, maka hal tersebut bisa menyebabkan kinerja Kontak HP jadi terganggu. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan update seluruh sistem di HP Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Google Contact untuk menyimpan data kontak baru.

Salah Nomor WA

Mungkin saja Anda sudah mencoba berulang kali untuk menyimpan suatu nomor dari menu Kontak, tapi nomor tersebut tidak muncul di aplikasi WA? Jika kejadiannya seperti itu, mungkin saja nomor yang Anda ketik ada salah nomor sehingga bisa tersimpan di Kontak HP tapi tidak muncul saat dicari di Kontak WA.

Cobalah cek kembali nomor telepon WA yang sudah Anda simpan. Jika ternyata ada kesalahan, cobalah untuk kembali menyimpan nomor yang benar hingga akhirnya bisa muncul saat dicari di aplikasi WhatsApp.

Restart HP

Selain cara yang kami sebutkan diatas, Anda juga bisa melakukan Restart pada HP Anda. Biasanya ketika menggunakan smartphone Android atau iPhone, kita tidak pernah melakukan restart bahkan mematikan HP. Jadi smartphone menyala terus setiap hari. Nah hal ini bisa mengganggu kinerja HP Anda.

Sesekali perlu juga untuk melakukan Restart HP. Dengan melakukan Restart sama saja membuat sistem jadi fresh dan segar kembali. Banyak masalah-masalah di smartphone bisa diselesaikan dengan hanya melakukan Restart HP. Setelah Restart, cobalah untuk menyimpan nomor langsung dari WhatsApp.

Demikianlah ulasan kami tentang bagaimana cara mengatasi tidak bisa menyimpan kontak di WA. Dengan coba mengikuti poin-poin diatas semoga sekarang Anda sudah bisa menyimpan nomor HP baru ke kontak HP langsung dari aplikasi WA tanpa perlu mengakses menu Kontak di HP. Selamat mencoba dan semoga berhasil!