Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa di HP Android & iPhone

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Update dan dengan Update

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Update dan dengan Update

Tahukah Anda, bahwa aplikasi apa saja yang ada di Google Playstore, terutama aplikasi-aplikasi yang sangat banyak penggunanya, akan melakukan pembaruan secara berkala. Jangka waktu pembaruan ini tidak tentu, bisa beberapa bulan sekali atau tahunan.

Salah satu aplikasi yang cukup sering mengadakan pembaruan adalah WhatsApp, sebagai aplikasi chatting yang saat ini paling populer digunakan banyak orang. Dalam setiap proses pembaruannya, WhatsApp selalu melakukan peningkatan atau penambahan pada fitur-fitur dan tingkat keamanannya. Misalnya, fitur video call dari 4 orang bisa jadi 8 orang, adanya fitur autentikasi 2 langkah, dan sebagainya.

Meskipun pada umumnya pembaruan pada aplikasi memberikan efek yang positif, tapi tetap saja ada pengguna-pengguna yang ketinggalan dan tidak melakukan update. Bisa jadi alasannya memori penuh, atau tidak paham caranya meng-update WhatsApp.

Akibatnya, tahu-tahu Anda mendapat pesan yang muncul di handphone yang menyatakan bahwa WhatsApp Anda kadaluarsa (expired). Nah, di artikel ini kami akan memberitahu Anda bagaimana cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa di HP iPhone dan Android. Penasaran, bukan?

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa di Android & iPhone

Untuk mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa, tentu saja solusinya tinggal melakukan pembaruan aplikasi. Tapi, adanya pesan pemberitahuan WhatsApp kadaluarsa ternyata bisa disebabkan oleh penyebab lainnya.

Karena alasan itulah, Anda dapat mencoba trik untuk memperpanjang masa kadaluarsa pada handphone Anda dengan cara mengubah tanggal kadaluarsa WhatsApp Android. Caranya sebagai berikut :

Mengatasi Aplikasi WhatsApp Kadaluarsa Tanpa Update

Settingan tanggal pada handphone Android biasanya mengikuti provider kartu SIM yang kita gunakan. Provider akan mengatur secara otomatis baik waktu maupun daerah tempat Anda tinggal. Cara mengatur tanggal WhatsApp untuk mengatasi WhatsApp yang kadaluarsa :

  • Buka menu “Setelan” atau “Pengaturan” di handphone Anda.
  • Cari dan buka menu “Setelan Tambahan”.

    Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp

    Cara Mengubah Tanggal Kadaluarsa WhatsApp

  • Pilih “Tanggal & Waktu”.
  • Lakukan pengaturan tanggal dan waktu.
  • Selesai.

Mengubah setelan waktu ini diperlukan supaya WhatsApp Anda terhindar dari masalah yang berhubungan dengan ketidakakuratan waktu. Dengan cara ini, maka waktu pada handphone Anda akan berubah mengikuti setelan yang sudah Anda atur.

Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa di HP Android dan iPhone

Jika cara sebelumnya belum berhasil, maka ada langkah-langkah yang bisa mengubah waktu menjadi sebelum muncul pesan kadaluarsa di WhatsApp. Contohnya seperti dibawah ini :

Misalnya saja aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan masih berjalan normal pada tanggal 15 Januari. Tiba-tiba tanggal 19 Januari Anda mendapatkan notifikasi dari WhatsApp bahwa aplikasi WhatsApp telah kadaluarsa. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengubah tanggal pada smartphone yang Anda gunakan.

Cara Mengatur Waktu di Smartphone Untuk Menghidari WA Kadaluarsa

Cara Mengatur Waktu di Smartphone Untuk Menghidari WA Kadaluarsa

Anda dapat mengatur ulang tanggal di smartphone ke tanggal dimana belum muncul notifikasi kadaluarsa, misalnya saja tanggal 15 Januari. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan kembali aplikasi seperti biasa tanpa harus melakukan update. Pengaturan ini sangat mudah dilakukan, lakukan persis seperti langkah sebelumnya.

Update Aplikasi WhatsApp yang Kadaluarsa

Tindakan memperbarui WhatsApp tentu merupakan cara yang paling direkomendasikan. Terutama kalau dua cara di atas setelah dilakukan tidak memberikan pengaruh apa-apa dan pesan kadaluarsa masih saja muncul.

Dengan memperbarui aplikasi WhatsApp, masalah-masalah yang terjadi pada WhatsApp Anda akan hilang, termasuk pesan yang menyatakan WhatsApp kadaluarsa.

Begini cara update atau melakukan pembaruan WhatsApp di Playstore :

  • Buka aplikasi Google Playstore.
  • Ketik “WhatsApp” pada kotak pencarian.
    Lakukan Update Rutin Pada Aplikasi WhatsApp

    Lakukan Update Rutin Pada Aplikasi WhatsApp

    Lakukan Update Rutin Untuk Mengatasi Aplikasi WhatsApp Kadaluwarsa

  • Buka “WhatsApp”.
  • Jika terdapat pembaruan, tekan tombol “Update”.

    Cari WhatsApp di Playstore Lalu Tekan Update

    Cari WhatsApp di Playstore Lalu Tekan Update

  • Tunggu proses update WA berlangsung.
  • Selesai.

Setelah melakukan langkah di atas, coba kembali buka WhatsApp Anda dan cek masalah sebelumnya terjadi. Seharusnya semua sudah beres dan tidak muncul masalah lagi. Jangan lupa untuk memastikan kembali pengaturan tanggal di handphone sebagaimana mestinya.

Efek yang Ditimbulkan dari Aplikasi WhatsApp Kadaluarsa

Jika Anda membiarkan WhatsApp Anda kadaluarsa dan tidak melakukan tindakan apapun, pesan kadaluarsa akan muncul terus-menerus dan lama-lama WhatsApp Anda akan terganggu penggunaannya. Bahkan, bisa jadi WhatsApp Anda sampai sama sekali tidak bisa digunakan lagi.

Tentu ini bukan hal yang Anda inginkan mengingat penggunaan WhatsApp saat ini sudah sangat penting sebagai alat berkomunikasi. Jadi, langkah terbaik yang harus Anda lakukan adalah segera lakukan pembaruan WhatsApp Anda begitu pesan kadaluarsa muncul.

Anda mungkin harus mengorbankan beberapa file untuk memberi ruang pada pembaruan tetapi ini adalah cara yang paling aman dan cepat menyelesaikan masalah WhatsApp kadaluarsa Anda.

Demikian tips dari kami tentang cara mengatasi WhatsApp kadaluarsa di HP Android maupu iPhone. Anda bisa memilih cara pertama dan cara kedua jika masih ingin memakai WhatsApp versi lama. Tapi jika keduanya belum berhasil, maka mau tidak mau Anda harus lakukan langkah yang ketiga yakni pembaruan aplikasi di Playstore.

Kami sarankan untuk Anda ambil cara yang paling mudah dan aman saja. Jika Anda melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, maka permasalahan tanggal kadaluarsa ini bisa diatasi dengan satu kali langkah saja.

Ada banyak kerugian yang akan Anda alami jika aplikasi WA Anda kadaluwarsa. Namun jika aplikasi sudah di update dan ternyata masih ada masalah, pastikan Anda mengikuti beberapa problem solving pada aplikasi WhatsApp seperti yang sudah kami ulas dibawah ini :

Dengan mengikuti panduan diatas, semoga masalah-masalah yang terjadi pada aplikasi WhatsApp Anda dapat segera teratasi. Selamat mencoba!

Leave a Reply