Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login di iPhone dan Android

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login di iPhone dan Android

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang mudah digunakan dan memiliki berbagai keunggulan dibandingkan aplikasi chatting lain. Beberapa keunggulan tersebut antara lain WhatsApp memiliki ruang penyimpanan yang kecil dan mengedepankan berbagai layanan dan fitur baru.

Sayangnya, terkadang ada kendala akun WhatsApp tidak bisa dibuka atau tidak dapat login. Kabar baiknya dikesempatan ini kami akan membagikan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa login di HP iPhone maupun Android. Dengan begitu Anda dapat segera masuk ke akun WhatsApp untuk mengecek pesan yang masuk.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Login

Mengalami masalah ketika hendak masuk ke akun WhatsApp pasti membuat Anda kesal. Apalagi kalau harus menerima pesan penting dari atasan maupun keluarga dan teman. Maklum, WhatsApp dapat memuat beberapa grup obrolan.

Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena semua dapat diatasi dengan mengetahui penyebab WhatsApp tidak bisa login di iPhone maupun Android, diantaranya yaitu :

  • WhatsApp Bermasalah. Penyebab WhatsApp tidak bisa login yang pertama bisa muncul dari handphone Anda sendiri. Coba periksa pengaturan dan cek kejanggalan pada aplikasi WhatsApp tersebut. Atau Anda bisa memeriksa apakah RAM penuh atau tidak.
  • Salah Setting. Barangkali ada salah tekan atau suatu tindakan yang menyebabkan settingan handphone membuat Anda tidak bisa masuk WA. Untuk memastikan hal ini coba periksa lagi pengaturan di HP Anda demi mengetahui penyebab pastinya.
  • Gangguan pada WhatsApp. Untuk sebab yang ini bukan hanya Anda korbannya, namun seluruh pengguna WhatsApp di dunia. Mengatasinya cukup dengan diam sambil menunggu perbaikan layanan dari pusat langsung. Hal seperti ini jarang terjadi, namun bisa berlangsung pada saat-saat tertentu.
  • Nomor Bermasalah. Barangkali ketika menginputkan nomor, ada satu angka yang salah sehingga WhatsApp tidak bisa login. Selain itu pastikan kembali bahwa nomor yang digunakan masih aktif serta dapat menerima kode verifikasi dari pihak WhatsApp.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login

Untuk mengetahui solusi WhatsApp tidak bisa login, ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebabnya. Setelah itu barulah solusi terbaik dapat diaplikasikan agar WhatsApp berjalan seperti semestinya.

Ini dia berbagai langkah konkret mengatasi permasalahan WhatsApp tidak bisa login baik pada HP Android mupun iPhone :

Cek Nomor

Kesalahan memasukkan nomor handphone bisa terjadi karena jari salah menginput angka atau Anda lupa bahwa nomor tersebut sudah tidak aktif lagi. WhatsApp memberikan kemudahan agar Anda tetap bisa login tanpa memakai nomor pada handphone tersebut.

Artinya, Anda tetap bisa menggunakan kartu SIM lain pada handphone yang tidak sesuai dengan nomor terdaftar di WhatsApp. Namun, yang penting nomor handphone terdaftar tersebut harus masih aktif dan dapat diakses karena nantinya membutuhkan verifikasi.

Cek Nomor Telepon Yang Anda Inputkan Saat Melakukan Verifikasi

Cek Nomor Telepon Yang Anda Inputkan Saat Melakukan Verifikasi

Apabila nomor tersebut sudah tidak aktif, maka WhatsApp tidak dapat membacanya dan gagal mengirim verifikasi login. Dengan demikian, untuk kasus seperti ini maka akun Whatsapp sampai kapan pun tidak akan bisa login.

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login Dengan Mendaftarkan Nomor WA

Ketika membeli kartu SIM kita akan diminta untuk mendaftarkan nomor tersebut menggunakan KTP dan KK. Anda tidak bisa begitu saja mengoperasikan kartu SIM tanpa pendaftaran, baik untuk menjalankan aplikasi WhatsApp maupun komunikasi lainnya.

Setelah melaukan pendaftaran memakai KTP dan KK, Anda juga harus mendaftarkan nomor tersebut ke WhatsApp. Apabila nomor tidak terdaftar, maka WhatsApp tidak dapat membaca sistem serta tidak bisa mengirimkan verifikasi. Untuk itu, pastikan nomor yang digunakan sudah terlebih dahulu didaftarkan.

Nomor Tidak Bermasalah

Yang dimaksud nomor bermasalah biasanya adalah nomor tidak dapat menerima verifikasi baik karena handphone mati, tidak ada jaringan atau tidak ada sinyal. Untuk itu sangat dianjurkan menggunakan nomor sendiri yang sesuai dengan kartu SIM. Lebih tepatnya pada handphone yang sudah terpasang aplikasi WhatsApp.

Langkah yang dianjurkan di atas bertujuan untuk mengaplikasikan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa login karena menggunakan nomor selain yang terpasang pada handphone. Menyesuaikan nomor whatsApp dengan kartu SIM juga memberikan efektivitas verifikasi.

Gunakan Panggilan Telepon untuk Verifikasi

Ketika melakukan login akun WhatsApp, Anda akan dikirimi pilihan melakukan verifikasi melalui SMS atau menerima panggilan telepon. Kita cenderung menggunaakn SMS dan biasanya ada jangka waktu tertentu untuk mengirim ulang SMS verifikasi jika yang pertama tidak masuk.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login Dengan Melakukan Verifikasi Lewat Telepon

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login Dengan Melakukan Verifikasi Lewat Telepon

Apabila sudah berkali-kali pengiriman kode verifikasi melalui SMS tidak masuk juga, maka Anda dapat meminta verifikasi melalui panggilan telepon. Nantinya Anda akan terhubung langsung dengan sistem, dimana sistem menyebutkan langsung nomor verifikasi WhatsApp Anda.

Asalkan nomor WhatsApp terdaftar yang diinput sudah benar maka solusi seperti ini seharusnya efektif. Lain kali Anda dapat mencoba panggilan telepon jika kode verifikasi melalui SMS tidak kunjung masuk.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login Dengan Rutin Update WhatsApp

Hampir semua aplikasi di smartphone membutuhkan update berkala demi mengupgrade layanan, fitur maupun memperbaiki bug. Kebanyakan smartphone akan langsung melakukan update aplikasi apabila pengaturan update otomatis pada perangkat HP telah diaktifkan.

Jika belum pengaturan update otomatis belum aktif, maka Anda dapat membuka Google Play Store maupun App Store untuk melakukan update manual. Caranya mudah, tinggal tekan tombol update kemudian tunggu hingga prosesnya selesai.

Memperbaharui Sistem WA Dapat Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login

Memperbaharui Sistem WA Dapat Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Login

Hal ini juga terjadi pada aplikasi WhatsApp, apabila WhatsApp belum terupdate secara otomatis, maka Anda dapat melakukan update secara manual. Nah ketika membuka aplikasi lagi, biasanya Anda sudah bisa login WA.

Atur Tanggal dan Waktu di HP dengan Benar

Kesalahan atau ketidaksesuaian tampilan waktu dan tanggal pada handphone juga ternyata mempengaruhi kinerja WhatsApp. Untuk mengatasinya, Anda dapat menerapkan beberapa langkah di bawah ini :

  1. Buka menu “Setting” di HP Anda.
  2. Pilih penngaturan “Tanggal dan Waktu”.
  3. Ganti pengaturan zona waktu menjadi otomatis.

    Pastikan Tanggal Dan Waktu Benar Agar Anda Bisa Login WA

    Pastikan Tanggal Dan Waktu Benar Agar Anda Bisa Login WA

  4. Pastikan tanggal dan waktu sudah benar.
  5. Selesai.

Setelah menerapkan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa login dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat kembali membuka WhatsApp. Periksa ulang apakah akun sudah bisa login atau belum.

Clear Data Aplikasi WhatsApp

Perintah clear data tidak ubahnya seperti clear cache pada menu Setting. Hanya saja yang membedakan ialah ketika cache dihapus maka WhatsApp tetap dalam kondisi berjalan (jika sudah login).

Sedangkan ketika Anda melakukan clear data, maka WhatsApp otomatis seperti baru diinstal karena semua data akan hilang. Harapannya dengan hilangnya data maka otomatis error pun ikut hilang.

Untuk memperbaiki WhatsApp dengan clear data, Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini :

  1. Buka menu “Setting” dari smartphone.
  2. Cari menut “Aplikasi”.
  3. Pilih “WhatsApp”.

    Bersihkan Data Dan Cache Untuk Mengatasi Tidak Bisa Masuk WhatsApp

    Bersihkan Data Dan Cache Untuk Mengatasi Tidak Bisa Masuk WhatsApp

  4. Tekan tombol “Clear Data”.
  5. Tunggu proses clear data.
  6. Selesai.

Ada baiknya setelah data terhapus jangan dulu langsung login WhatsApp, namun restart handphonenya dulu. Setelah handphone menyala kembali coba login dan periksa apakah sudah bisa login WA atau belum.

Install Ulang WhatsApp

Untuk menghilangkan error dan bug pada WhatsApp, Anda juga dapat melakukan instal ulang aplikasi tersebut. Fungsi install ulang bukan hanya menghapus data seperti clear cache, namun mengganti data secara keseluruhan.

Caranya Uninstal WhatsApp :

  1. Buka menu “Setting” dari ponsel.
  2. Cari menu “Aplikasi”.
  3. Pilih “WhatsApp”.

    Cobalah Untuk Menghapus Aplikasi WhatsApp

    Cobalah Untuk Menghapus Aplikasi WhatsApp

  4. Pilih “Uninstall”.
  5. Selesai.

Cara Instal Ulang WhatsApp :

  1. Buka Google Play Store.
  2. Cari aplikasi “WhatsApp”.
  3. Pilih “WhatsApp”.

    Cari Aplikasi WhatsApp Dan Install Kembali

    Cari Aplikasi WhatsApp Dan Install Kembali

  4. Tekan tombol “Install”.
  5. Tunggu proses install.
  6. Selesai.

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa login yang satu ini tidak membutuhkan restart handphone. Setelah melakukan install ulang, langsung saja coba untuk login kembali.

Coba Login dari Smartphone Lain

Kadang kala masalah tidak dapat masuk ke akun WhatsApp bisa jadi disebabkan karena ada masalah pada handphone. Apabila sudah melakukan berbagai solusi perbaikan namun masih belum berhasil, tidak ada salahnya untuk mencoba cara lain yaitu dengan melakukan login dari handphone lain.

Jika Anda masih belum bisa login WhatsApp maka barangkali Anda harus melakukan login dengan mereset sistem. Siapa tahu penyebab utamanya karena ada masalah pada sistem.

Koneksi Internet Stabil

Pernah menerima pesan atau notifikasi “Tidak terhubung ke internet” ketika hendak login WhatsApp? Jika ya, maka sumber permasalahan ini berasal dari koneksi internet yang tidak stabil. Untuk mengatasinya Anda harus memastikan bahwa koneksi internet Anda berjalan secara stabil.

Agar Dapat Login WA Pastikan Jaringan Internet Tidak Bermasalah

Agar Dapat Login WA Pastikan Jaringan Internet Tidak Bermasalah

Pada dasarnya setiap permasalahan tidak bisa masuk pada WhatsApp pada Android dan iPhone dapat diatasi dengan berbagai cara mengatasi WhatsApp tidak bisa login di atas. Selama permasalahan tersebut bukan bersumber dari pusat maka berbagai cara di atas dapat ditempuh secara efektif.

Leave a Reply