Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan [LENGKAP]

Advertisements
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan Tapi Bisa Menerima Pesan
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan Tapi Bisa Menerima Pesan

Ketika kita sedang berkirim pesan menggunakan WhatsApp, terkadang pesan WA tidak bisa terkirim. Untungnya saat ini kami akan membahas cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan. Dengan adanya pembahasan ini, maka Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat mengalami hal serupa.

Advertisements

WhatsApp termasuk salah satu aplikasi komunikasi yang hampir digunakan setiap orang. Cara pengoperasian yang simple dan tidak terlalu banyak memakan memori membuat aplikasi ini banyak terinstal di berbagai smartphone milik kalangan muda maupun tua.

Saking berpengaruhnya aplikasi ini, gangguan yang jarang datang, seperti kendala berkirim pesan sangat dirasakan oleh pengguna Whatsapp. Terlebih apabila pesan yang akan disampaikan adalah pesan penting. Tentu butuh penanganan secara tepat dan cepat ketika gangguan datang.

Penyebab WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan

Ketika WhatsApp tidak bisa mengirim pesan maka jangan dulu panik, tapi periksa beberapa kendala atau penyebab di bawah ini :

Masalah Jaringan

Permasalahan jaringan biasanya dialami ketika berada di pelosok daerah tertentu. Untuk memastikan hal ini Anda harus memperhatikan bagian di dekat sinyal apakah nama operator yang Anda gunakan tertera atau tidak.

Baca juga : Cara Menghapus Status WhatsApp Orang Lain Dengan Mudah

Biasanya apabila jaringan sedang mengalami gangguan maka akan tertulis “Tidak Ada Jaringan”. Jika hal tersebut benar maka penyebab sudah dapat diketahui. Jika tidak, maka barangkali ada sebab lainnya.

Nomor Diblokir

Ketika hendak mengirim pesan kepada kontak tertentu lalu hanya muncul centang satu, bisa jadi nomor Anda diblokir oleh pengguna Whatsapp tersebut. Untuk memastikan, Anda dapat menggunakan nomor lain untuk mengirim pesan kepada kontak tersebut.

Apabila dengan menggunakan nomor lain WhatsApp tidak mengalami gangguan, maka benar adanya nomor Anda telah diblokir. Apabila sangat mendesak bisa menggunakan nomor lain saja untuk berkirim pesan kepada nomor tertentu.

Nomor Penerima Salah

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan lainnya adalah dengan memeriksa apakah nomor tujuan sudah benar atau belum. Kesalahan bisa disebabkan oleh kekeliruan input nomor atau nomor tujuan sudah tidak aktif lagi.

Biasanya orang-orang yang berganti nomor akan mengalihkan kontak lama ke kontak baru. Ada juga beberapa orang yang tidak melakukan hal tersebut sehingga pengiriman pesan Whatsapp menjadi terkendala.

WhatsApp Bermasalah

Aplikasi WhatsApp bisa saja mengalami masalah, seperti diserang bug. Hal seperti ini jarang terjadi, namun apabila penyebab-penyebab di atas bukan kendalanya, bisa jadi masalah WhatsApp satu ini yang menjadi sebabnya.

WhatsApp Gangguan

Jika pada poin sebelumnya permasalahan berasal dari perangkat pribadi pengguna, maka untuk poin gangguan WhatsApp ini merupakan permasalahan secara global. Jika sudah begitu maka bukan Anda satu-satunya orang yang tidak bisa berkirim pesan Whatsapp.

Berbagai permasalahan di atas bisa terjadi kapan saja tergantung situasi dan kondisinya. Untuk mengetahui cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan secara tepat, terlebih dahulu harus dipahami mana diantara poin-poin di atas yang menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan

Untuk mengaplikasikan cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan, Anda dapat melakukan beberapa langkah di bawah ini:

Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Kirim Pesan Dengan Restart HP

Mematikan sementara handphone untuk kemudian menghidupkannya kembali merupakan cara efektif untuk mengatasi permasalahan pada WhatsApp maupun aplikasi lainnya di smartphone. Untuk menjalankan solusi ini, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Matikan smartphone.
  • Lepaskan baterai.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Pasang lagi baterainya.
  • Hidupkan smartphone.
  • Selesai

Metode di atas sangat relevan untuk smartphone yang masih menggunakan bukan baterai tanam. Sementara untuk pengguna smartphone dengan baterai tanam biasanya terdapat tombol restart sehingga tidak perlu mencabut baterai secara manual maupun menghidupkan HP sendiri.

Pastikan Koneksi Internet Berjalan Lancar

WhatsApp merupakan suatu aplikasi yang tidak memakan banyak memori, baik dalam segi penyimpanan maupun pengoperasian. Namun, tetap saja untuk menggunakannya membutuhkan koneksi yang lancar.

Baca juga : Cara Melihat Kode QR WhatsApp Sendiri Dengan Mudah

Demi bisa berkirim pesan secara lancar, periksa koneksi dengan beberapa langkah di bawah ini :

  • Periksa browsing.
  • Jika loading terus artinya jaringan lambat.
  • Pastikan sinyal tidak bertanda silang.
  • Pastikan tidak ada pesan untuk “Masuk ke jaringan”.
  • Cek kuota internet.

Biasanya ketika mengalami kendala berkirim pesan melalui WhatsApp, terdapat tanda jam di samping balon chat sebelah kanan. Biasanya tanda ini akan berubah menjadi ceklis dengan sendirinya apabila jaringan sudah membaik.

Lakukan Clear Cache dan Data WhatsApp

Permasalahan bug pada WhatsApp, dapat diatasi dengan menghapus cache dan data terlebih dahulu. Untuk cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan yang satu ini dapat diikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka menu “Setelan”.
  • Pilih “Aplikasi”.
  • Cari aplikasi ” WhatsApp”.
  • Pilih “Penyimpanan”.
  • Tekan tombol “Hapus cache”.
  • Tekan tombol “Hapus data”.
  • Selesai

Penting untuk diketahui bahwa ketika Anda menerapkan cara-cara di atas maka secara otomatis akun Whatsapp Anda akan keluar. Itu artinya untuk kembali mengoperasikan WhatsApp, Anda harus masuk kembali menggunakan nomor handphone.

Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan Dengan Update WhatsApp

Permasalahan berikutnya yang menyebabkan WhatsApp tidak bisa berkirim pesan bisa jadi karena aplikasi butuh di-update. Hal ini tidak selalu terjadi, namun untuk memastikannya Anda dapat memeriksa beberapa hal di bawah ini :

  • Buka aplikasi Google Play Store.
  • Ketik “WhatsApp” di kotak pencarian.
  • Pilih “WhatsApp”.
  • Cek apakah ada tombol “Update”.
  • Kalau ada tekan tombol tersebut.
  • Tunggu proses update.
  • Selesai.

Setelah update dilakukan, maka bukan hanya WhatsApp bisa dioperasikan kembali, namun juga nantinya bisa lebih stabil. Beberapa handphone biasanya melakukan update otomatis asalkan tersambung dengan jaringan internet nirkabel atau wifi.

Pastikan Nomor Anda Tidak Diblokir

Berikutnya cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan kepada kontak tertentu adalah dengan memeriksa apakah nomor Anda diblokir atau tidak oleh penerima. Tandanya nomor yang diblokir selamanya akan mendapat centang satu saja.

Anda tidak akan mendapati pesan ditandai dengan centang dua apalagi centang biru apabila nomor diblokir oleh penerima. Apabila centang dua tanpa centang biru masih ada kemungkinan pesan tersebut tersampaikan dan penerima hanya mematikan tanda sudah terbaca.

Untuk memastikannya, Anda dapat menunggu pesan tersebut apakah centangnya akan berubah selama 24 jam atau tidak. Sebab bisa jadi handphone penerima mati sehingga pesan telat sampai.

Pastikan Nomor yang Dituju Sudah Benar

Permasalahan berikutnya adalah bisa jadi nomor tujuan tidak terdaftar di WhatsApp atau sudah tidak digunakan lagi oleh penerima. Perlu diketahui bahwa aplikasi WhatsApp bisa menggunakan nomor yang tidak terpasang pada handphone yang terinstal WhatsApp itu sendiri.

Baca juga : Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Yang terpenting adalah nomor terdaftar untuk WhatsApp masih aktif sehingga aplikasi WhatsApp tetap bisa dioperasikan. bagi pengguna yang mengubah nomor WhatsApp-nya sebaiknya memberi informasi kepada seluruh kontak untuk menghindari kesalahan seperti ini.

Kemudian untuk orang yang berkirim pesan kepada kontak tertentu pastikan tidak ada kesalahan satu angka saja karena hal tersebut dapat fatal akibatnya. Kesalahan sedikit saja dapat mengakibatkan pesan tidak dapat terkirim untuk jangka waktu selamanya.

Berbagai permasalahan pada WhatsApp dapat diatasi bergantung pada penyebabnya. Permasalahan seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di beberapa negara lainnya. Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa mengirim pesan harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya.