Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi [Android & iPhone]

Advertisements
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi Di Android Dan iPhone
Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi Di Android Dan iPhone

Bagaimana cara mengatasi Whatsapp tidak menanggapi dengan mudah? Anda akan mengetahui cara memperbaiki whatsapp tidak menanggapi baik pada HP Android maupun HP iPhone (iOS).

Advertisements

Selama menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi, pernahkah Anda mengalami “WhatsApp tidak menanggapi” atau “WhatsApp is not responding”? Jika ya, tentu hal ini membuat sebagian pengguna WhatsApp kesal dan terganggu.

Apa itu “WhatsApp tidak menanggapi” dan bagaimana cara mengatasi “Whatsapp tidak menanggapi?” Ini adalah kondisi aplikasi tersebut tiba-tiba terhenti, tidak bisa digunakan, dan keluar dengan sendirinya.

Umumnya, permasalahan tersebut terjadi akibat memori yang terlalu penuh, ponsel lemot, ponsel terlalu panas, atau terlalu banyak menggunakan aplikasi lain secara bersamaan.

Baca juga : Cara Share Lokasi Di WhatsApp Android dan iPhone

Permasalahan ini mengakibatkan aplikasi menjadi tidak stabil dan sistem pun terhenti secara tiba-tiba atau freeze (membeku). Sehingga WhatsApp tidak dapat digunakan dengan baik. Anda tak perlu khawatir, permasalahan ini dapat diatasi dengan beberapa cara. Berikut cara mengatasi WhatsApp tidak menanggapi secara mudah dan cepat.

Cara Memperbaiki Aplikasi WhatsApp Tidak Menanggapi (Not Responding)

WhatsApp tidak menanggapi atau not responding memang jadi salah satu kendala yang sering ditemui oleh para pengguna aplikasi jebolan Facebook itu. Nah, berikut ini ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya.

Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi Dengan Clear Cache WhatsApp Anda

File cache pada WhatsApp yang menumpuk juga bisa jadi salah satu faktor WhatsApp tidak menanggapi. Hal ini karena setiap file, chat, foto, dan video yang dikirimkan maupun diterima melalui WhatsApp memiliki memori cache yang apabila tidak dihapus bisa membuat WhatsApp menjadi eror. Berikut langka-langkah membersihkan cache WhatsApp :

  • Ambil smartphone Anda.
  • Buka “Setelan”.
  • Pilih “aplikasi”.
  • Pilih “WhatsApp”.
  • Pilih “Clear Cache”.
  • Selesai.

Sebelum menghapus cache, pastikan Anda telah mem-backup atau mencadangkan chat agar tidak hilang saat menghapus cache.

Install Ulang Aplikasi WhatsApp Anda

Apabila dengan menghapus cache aplikasi WhatsApp masih belum merespons secara normal dan tidak stabil, cara berikutnya yang bisa Anda lakukan ilah mengunduh ulang aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

Sebab, terkadang pengguna WhatsApp tidak menyadari bahwa aplikasi yang saat ini sedang digunakan adalah versi lama. Sehingga membuat aplikasi WhatsApp eror dan tidak merespons ketika digunakan.

Dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp, Anda tak hanya memperbarui data namun juga menambah fitur-fitur terbaru lainnya yang membuat aplikasi menjadi lebih stabil.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi Bersihkan RAM HP

Sama halnya dengan aplikasi lainnya, sering menggunakan WhatsApp juga akan menghabiskan kapasitas RAM pada ponsel Anda. OLeh sebab itu, pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk menjalankan WhatsApp agar berjalan dengan baik dengan merespons optimal.

Namun apabila ponsel Anda terdapat notifikasi “memori penuh” maka Anda harus mematikan aplikasi tertentu yang sedang berjalan atau menghapus beberapa aplikasi yang menguras RAM memakai aplikasi Cleaner atau sejenisnya agar RAM tidak habis.

Bersihkan Memori Internal

Sama halnya dengan RAM, ketika WhatsApp tidak merespons saat digunakan, cek dulu apakah memori internal Anda masih cukup untuk menjalankan aplikasi atau sudah penuh?

Jika memori internal penuh, tentu akan mengurangi kinerja dari aplikasi yang digunakan dan membuatnya menjadi tidak optimal. Sebaiknya, hapus beberapa data yang tidak diperlukan atau pindahkan file-file penting ke perangkat lain agar memori internal tidak penuh.

Mengatasi WhatsApp Tidak Menanggapi Dengan Reset HP

Cara mengatasi WhatsApp tidak menanggapi lainnya ialah dengan me-reset ponsel Anda. Trik ini bisa Anda lakukan ketika keempat cara di atas tidak berhasil membuat aplikasi WhatsApp di ponsel Anda berjalan optimal.

Dengan me-reset ponsel Anda, memungkinan ponsel untuk berjalan normal dan terhindar dari sistem error saat membuka aplikasi tertentu. Lebih baik, Anda memindahkan dulu file-file penting yang ada di ponsel ke perangkat lain untuk mencegah file hilang setelah di reset.

Restart HP

Jika me-reset ponsel masih ada kemungkinan file-file yang ada di ponsel hilang, namun dengan me-restart ponsel hal tersebut tak perlu ditakutkan. Sebab, me-restart ponsel tidak akan mempengaruhi file maupun data yang ada di dalam ponsel.

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Mendownload WhatsApp di Play Store

Layaknya “refresh” pada laptop, fungsi restart pada ponsel ini untuk menormalkan kembali jalannya aplikasi dan sistem pada ponsel. Biasanya restart ponsel ini dilakukan apabila ponsel terasa panas. Ponsel yang panas mengakibatkan Whatsapp tidak stabil hingga tidak dapat menanggapi.

Namun apabila dengan restart ponsel tidak menyelesaikan masalah yang WhatsApp, Anda bisa mematikan ponsel dalam waktu tertentu agar ponsel Anda lebih dingin lalu menghidupkannya kembali. Biasanya cara ini cukup efektif untuk mengatasi permasalahan “tidak merespons” pada WhatsApp.

Masalah pada Koneksi Internet

Menurut situs resmi WhatsApp, penyebab Whatsapp tidak merespons ialah koneksi internet yang tidak stabil. Anda bisa mengecek kestabilan koneksi melalui beberapa langkah mudah berikut ini :

  • Buka “Setelan”.
  • Klik “Jaringan & Internet”.
  • Nyalakan “Mode Pesawat”.
  • Matikan kembali “Mode Pesawat”.
  • Klik “Data Seluler”.
  • Selesai.

Pastikan Anda terhubung dengan koneksi internet Wifi atau paket data seluler agar bisa menjalankan aplikasi dengan lancar dan stabil.

Itulah tujuh cara mengatasi WhatsApp tidak menanggapi. Kira-kira cara mana dulu yang ingin Anda coba untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi WhatsApp Anda?