Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir Sementara & Permanen

Bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang diblokir? Anda harus mengetahui penyebab WhatsApp diblokir. Simak cara mengatasi WhatsApp diblokir permanen maupun WhatsApp diblokir sementara.

Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir Sementara Dan Permanen
Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir Sementara Dan Permanen

WhatsApp kini sudah menjadi alat komunikasi yang dipakai hampir setiap orang. Dari awal kemunculannya hingga kini, WhatsApp terus memberikan fitur-fitur tambahan yang membuat penggunanya tetap bertahan dan akhirnya berhasil mendominasi layanan chat yang paling banyak digunakan saat ini.

Namun, persoalan bisa terjadi ketika layanan WhatsApp mulai digunakan dengan tidak semestinya atau terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna.

Sebelum kami lanjut ke cara mengatasi WhatsApp yang diblokir oleh sistem WhatsApp, perlu diketahui bahwa sebagaimana layanan aplikasi lainnya, WhatsApp juga memiliki Ketentuan Layanan yang berisi kebijakan dan aturan tertentu yang harus dipatuhi penggunanya.

Jika akun WhatsApp Anda diblokir sementara atau permanen oleh pihak WhatsApp, maka yang pertama harus Anda lakukan adalah mempelajari penyebab dan cara penyelesaiannya. Dalam tulisan ini, kami punya cara mengatasi WhatsApp yang diblokir, baik pemblokiran sementara maupun pemblokiran permanen.

Penyebab WhatsApp Diblokir

Jika diketahui ada pelanggaran yang terjadi yang dilakukan oleh penggunanya, maka WhatsApp berhak mencurigai aktivitas-aktivitas tersebut sehingga ada kemungkinan WhatsApp tidak memberi peringatan terlebih dahulu sebelum memblokir nomor atau akun WhatsApp Anda.

Ketahui Penyebab WhatsApp Diblokir Permanen Dan Sementara
Ketahui Penyebab WhatsApp Diblokir Permanen Dan Sementara

Hal-hal yang bisa menjadi penyebab WhatsApp diblokir oleh WhatsApp antara lain :

  • Terdapat aktivitas mencurigakan, seperti mengirimkan pesan broadcast berlebihan ke banyak orang di luar kontak.
  • Melanggar jenis konten yang diizinkan, misalnya menyebarkan konten hoax atau pornografi.
  • Diblokir oleh banyak akun atau nomor dalam waktu yang bersamaan.
  • Menggunakan aplikasi/tool ilegal atau tidak resmi untuk mendapatkan fitur tambahan pada WhatsApp Anda.

Jika tanpa disadari Anda melakukan hal-hal diatas, bisa saja nomor telepon Anda diblokir untuk menggunakan WhatsApp. Selanjutnya Anda akan mengetahui jenis pemblokiran WA.

Jenis Pemblokiran WhatsApp

Langkah awal sebelum menuju ke hal teknis, sebaiknya ketahui dulu penyebab akun Anda terblokir dan kenali dua macam pemblokiran oleh WhatsApp. Ada dua jenis pemblokiran akun yang dilakukan oleh WhatsApp yaitu pemblokiran sementara dan pemblokiran permanen.

  • Blokir sementara. Biasanya terjadi hanya dalam beberapa jam atau beberapa hari saja. Pemblokiran ini ditandai oleh pesan “Akun Anda diblokir sementara” yang tertera pada layar WhatsApp Anda.
  • Blokir permanen. Biasanya ditandai oleh pesan “Akun Anda diblokir dari menggunakan WhatsApp. Hubungi dukungan untuk bantuan.” Pemblokiran ini terjadi karena Anda melakukan pelanggaran berat, dan membutuhkan proses yang lebih panjang untuk memulihkan kembali akun WhatsApp Anda.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Diblokir

Sebelumnya, Anda perlu membedakan antara diblokir oleh WhatsApp dengan diblokir oleh pengguna lain. Di sini kami akan memberikan informasi cara mengatasi WhatsApp yang diblokir oleh sistem WhatsApp itu sendiri. Sedangkan untuk mengatasi WhatsApp yang diblokir oleh pengguna lain tentu memiliki cara yang berbeda.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Untuk memulihkan WhatsApp yang diblokir sementara, Anda hanya perlu menunggu 24 – 48 jam untuk mendapatkan kembali akun WhatsApp Anda. Namun, setelah pemblokiran selesai, Anda harus mencadangkan riwayat chat dahulu sebelum berpindah ke aplikasi WhatsApp resmi.

Solusi Jika Whatsapp Diblokir Sementara
Solusi Jika Whatsapp Diblokir Sementara

Jika Anda tidak segera beralih ke aplikasi WhatsApp resmi setelah diblokir sementara, akun Anda mungkin akan diblokir secara permanen. Berikut cara mengatasi WhatsApp yang diblokir sementara :

  1. Buka aplikasi WhatsApp Mod.
  2. Backup chat pada WhatsApp.
  3. Uninstall aplikasi WhatsApp Mod.
  4. Install Aplikasi WhatsApp Resmi.
  5. Login dengan nomor WhatsApp Anda yang diblokir.
  6. Selesai.

Cara membuka nomor HP yang diblokir sementara oleh WhatsApp seperti diatas belum tentu langsung berhasil. Jika masalah tersebut belum teratasi, Anda dapat mencoba mengirimkan email ke [email protected] untuk meminta pihak WhatsApp membuka blokir yang Anda alami.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Permanen

Untuk WhatsApp yang diblokir permanen, penyelesaiannya memang tidak semudah cara mengatasi WhatsApp yang diblokir sementara.

Dalam mengatasi WhatsApp yang diblokir permanen, kami sarankan Anda mengirimkan laporan masalah ke halaman dukungan (support) yang berada di bawah tombol notifikasi ‘hubungi dukungan’. Atau, Anda juga bisa menjelaskan masalah pemblokiran yang dialami ke email [email protected].

Jika terbukti bahwa akun atau nomor WhatsApp Anda tidak melakukan pelanggaran, maka akun Anda akan dapat dipulihkan, demikian sebaliknya. Pastikan email yang Anda kirim menggunakan bahasa Inggris ya.

Begitulah cara mengatasi WhatsApp yang diblokir secara permanen maupun sementara yang kami bagikan. Ada baiknya, sebagai pengguna WhatsApp, Anda ikut mematuhi aturan dan kebijakan dalam Ketentuan Layanan WhatsApp. Selain itu, penting untuk Anda tidak melakukan pelanggaran-pelanggaran penggunaan yang menyebabkan nomor atau akun WhatsApp Anda diblokir oleh pihak WhatsApp.

Biasanya ada juga beberapa masalah pada aplikasi WhatsApp yang mirip ketika nomor Anda sedang diblokir. Misalnya WhatsApp tidak dapat mengirimkan pesan, WhatsApp tidak bisa menerima pesan masuk dan juga tidak bisa melakukan panggilan dengan Whatsapp.

Tapi tenang, Anda dapat mencoba Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim Pesan jika Anda terus-menerus gagal saat mengirimkan pesan, padahal nomor Anda tidak sedang diblokir.

Nah jika WA tidak bisa menerima pesan, coba saja Cara Mengatasi Pesan WhatsApp Tidak Masuk. Setelah mencobanya, pastikan Anda mengecek pesan WA yang masuk. Jangan sampai Anda melewatkan pesan penting yang seharusnya sudah Anda baca.

Yang terakhir, nomor Anda tidak diblokir tapi tidak bisa melakukan panggilan WA. Tentu hal ini harus segera diatasi. Coba ikuti Cara Mengatasi Tidak Bisa Melakukan Panggilan Whatsapp agar nomor WA Anda dapat normal kembali.