Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa On

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa On Atau Tidak Menyala
Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa On Atau Tidak Menyala

Saat membuka Internet melalui WiFi, tak jarang kita menjumpai ada gangguan internet. Jika sering mengalaminya, maka Anda harus mencari cara mengatasi WiFi Android tidak bisa on.

Berselancar di dunia maya sangat menyenangkan karena banyak informasi yang bisa didapat. Namun ada kalanya hal tersebut terkendala oleh gangguan pada WiFi. Jadi Anda wajib mengetahui cara memperbaiki WiFi yang tidak bisa connect.

Data internet tidak hanya dapat diperoleh dari kartu provider yang dipasang di smartphone Android. Ada juga yang memakai WiFi agar sinyal yang didapat lebih lancar.

Hanya saja, kadang ada sinyal WiFi yang terhambat. Beberapa gangguan tersebut diantaranya seperti sinyal yang lelet, internet tidak tersambung atau jaringan yang mendadak hilang.

Jaringan pada Android juga bisa tidak tersambung jika WiFi bermasalah. Salah satu permasalahan yang sering dialami adalah tombol WiFi susah untuk digeser ke tombol on.

Hal ini tentu menimbulkan kesulitan tersendiri. Pasalnya Anda tidak bisa tersambung ke internet. Namun jangan khawatir, masih ada cara memperbaiki WiFi Android tidak berfungsi.

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa On

Permasalahan ini sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Terlebih lagi kendala serupa juga sering terjadi pada berbagai jenis HP Android. Seperti Samsung, Asus, Oppo, Xiaomi, Lenovo, Realme, Pocho, Redmi, Sony, Huawei, dll.

Meski merek yang digunakan berbeda, tapi cara mengatasi permasalahan tersebut hampir sama. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Restart Android Jika WiFi Tidak Berfungsi

Cara yang ini merupakan cara paling sederhana, sebab dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Melakukan restart dapat memperbaiki beberapa permasalahan yang kerap dialami oleh Android.

Tidak hanya untuk mengatasi WiFi tidak mau menyala, namun jaringan sinyal yang terhambat juga bisa diatasi melalui cara ini.

Restart Smartphone Untuk Mengatasi WiFi Tidak Muncul di HP Android
Restart Smartphone Untuk Mengatasi WiFi Tidak Muncul di HP Android

Jika Android Anda mengalami kendala seperti di atas dan Anda ingin melakukan restart, maka segera ikuti panduan cara melakukan restart berikut ini.

  • Tekan tombol Off pada HP agak lama.
  • Tunggu hingga muncul Menu.
  • Pilih opsi Restart.
  • Biarkan HP melakukan muat ulang.
  • Tunggu hingga HP siap digunakan.
  • Selesai.

Proses restart pada berbagai merek Android hampir sama langkahnya. Jadi tidak masalah jika HP Android Anda bermerk Lenovo, Oppo, Xiaomi, Redmi, Realme, ASUS, Samsung, dll.

Hidupkan Ulang WiFi Melalui Settings HP Android

Kebanyakan pengguna memilih menyalakan WiFi Melalui panel bar yang terdapat pada bagian atas Android. Hal tersebut merupakan salah satu penyebab WiFi gagal untuk on sehingga tidak dapat tersambung.

Tombol on off WiFi pada panel bar bisa saja mengalami gangguan. Hal ini mengakibatkan WiFi tidak dapat menyala dan digunakan seperti biasa.

Status bar yang rusak dapat menimbulkan masalah tombol on off WiFi tak dapat bergerak. Jadi begini solusinya.

  • Kunjungi menu Settings di HP Android.
  • Pilih Pengaturan WiFi.

    Masuk ke Menu Settings Lalu Pilih Pengaturan WiFi
    Masuk ke Menu Settings Lalu Pilih Pengaturan WiFi
  • Lalu coba nyalakan WiFi.
  • Selesai.
Pastikan Anda Menghidupkan Opsi WiFi Agar WiFi Muncul di HP
Pastikan Anda Menghidupkan Opsi WiFi Agar WiFi Muncul di HP

Biasanya cara ini cukup efektif dan dapat dilakukan dalam tempo singkat. Tanpa membuang waktu banyak, WiFi sudah dapat dipakai kembali.

Cara Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa On Dengan Lepas Baterai

Cara satu ini cukup ekstrim, sebab Anda harus melepas baterai HP terlebih dulu. Untuk Android biasa, melepas baterai dapat dilakukan dengan cepat.

Berbeda halnya dengan baterai tanam yang banyak ditemukan pada Android keluaran terbaru. Perlu teknik tersendiri untuk bisa melepas baterai.

Berdasarkan pengalaman terdahulu, banyak yang sudah membuktikan bahwa melepas baterai sangat efektif dalam memulihkan WiFi yang error. Meskipun tetap saja hal terebut tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Hanya saja upaya melepas baterai butuh usaha ekstra hati-hati. Terlebih bagi baterai tanam yang banyak ditemukan pada smartphone Android tipe baru.

Salah langkah bisa membuat backdoor atau tutup belakang Android pecah. Jika sudah begitu, Anda terpaksa harus membeli backdoor baru. Kerugian Anda pun menjadi lebih banyak.

Reset HP Android Jika WiFi Tidak Bisa Connect

Setelah cara lain digunakan tapi tidak juga efektif. Terpaksa Abda harus mencoba melakukan reset pada HP Android.

Masalahnya, melakukan reset akan menghapus semua datang yang ada pada Android. Semua file video, file gambar maupun file audio akan hilang. Begitu juga aplikasi yang telah terpasang pada Android dan data-data di dalam HP.

Keadaan Android akan kembali bersih dari berbagai file yang sebelumnya ada. Namun sisi baiknya adalah WiFi bisa digunakan kembali.

Mungkin Anda masih belum tahu cara reset pada Android? Begini cara yang harus dilakukan.

  • Tekan tombol Home, Off dan tombol Volume atas.
  • Tekan secara bersamaan.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul menu berwarna merah.
  • Gunakan tombol Volume atas dan bawah untuk mengatur arah.
  • Pilih Factory Reset dengan menggunakan tombol Home.
  • Klik Reset Data.
  • Tunggu hingga Android kembali menyala.
  • Pastikan sudah masuk ke mode normal.
  • Cek lagi kondisi WiFi.
  • Selesai.

Ada beberapa hal yang harus diingat saat melakukan reset ini. Bila diabaikan, bisa berakibat merugikan Anda.

  • Baterai harus dalam kondisi penuh.
  • Pilih Reset Data, jangan klik menu yang lain.

Jika saat melakukan reset, baterai habis di tengah jalan. Besar kemungkinan Android Anda mengalami bootlop.

Bootlop memang masih bisa diatasi dengan melakukan Firmware atau Flash. Namun ada juga kemungkinan akan terjadi masalah pada komponen MMC.

Bila MMC mengalami masalah, maka Android tidak bisa dinyalakan kembali. Kecuali MMC tersebut diganti.

Mengatasi WiFi Android Tidak Bisa On Bawa ke Service Center

Jika sudah melakukan Reset tapi WiFi tidak dapat menyala juga, maka langkah terakhir adalah membawanya ke Service Center.

Besar kemungkinan permasalahan pada WiFi timbul karena hardware yang rusak. Jadi harus diserahkan kepada teknisi yang lebih berpengalaman.

Anda dapat membawa Android pada Service Center yang sesuai dengan merk produsen HP Android. Namun memang dibutuhkan waktu agak lama agar kembali normal.

Penyebab WiFi Tidak Menyala di Andriod

Ada beberapa penyebab kenapa WiFi tidak muncul di HP Android sehingga internet tidak dapat menyala sama sekali. Akibatnya Anda terpaksa menggunakan kartu provider agar dapat membuka Internet.

Penyebabnya bisa karena panel bar yang mengalami error. Atau bisa juga diakibatkan oleh penyimpanan memori yang terlalu penuh.

Namun ada juga penyebab lain yaitu karena hardware yang bermasalah. Contohnya antena WiFi yang terlepas dari tempatnya.

Semoga ulasan mengatasi masalah Android tidak connect WiFi ini dapat membantu Anda ketika mengalami permasalahan serupa. Jika ada pengalaman yang serupa, bisa tinggalkan komentar Anda di bawah sini. Selamat mencoba!