Cara Mengatur Jam di HP Samsung All Type DIJAMIN Cepat

Advertisements
Cara Mengatur Jam di HP Samsung Semua Tipe Menyetel Waktu, Tanggal dan Zona Waktu
Cara Mengatur Jam di HP Samsung Semua Tipe Menyetel Waktu, Tanggal dan Zona Waktu

Cara mengatur jam di HP Samsung bisa dilakukan dengan beberapa metode. Yaitu secara manual dan otomatis, Anda tinggal menyesuaikan masing-masing seleranya. Meskipun kedengarannya mudah, namun beberapa orang masih merasa bingung harus melakukan apa saja untuk setting jam. Jika Anda adalah salah satu orang tersebut, pastikan membaca ulasan dibawah ini untuk memdapatkan solusinya.

Sama seperti merk lainnya, HP Android Samsung dibekali fitur penanda waktu disetiap serinya. Mulai dari seri lawas seperti Samsung J2 Prime sampai Samsung A23 yang merupakan seri terbaru. Ada kalanya kita perlu setting jam di HP agar tidak salah dalam melihat waktu.

Cara Mengatur Jam di HP Samsung dengan Mudah

Tanpa perlu basa-basi, langsung saja disimak cara mengatur jam di HP Samsung semua seri seperti A01, A03, A03S, A10, A11, A13, A20, A21S, A22, M20, A32 maupun seri lain seperti dibawah ini.

Setting Jam di Samsung Otomatis

Pada dasarnya, HP Samsung sudah dibekali pengaturan jam otomatis. Fitur satu ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan oleh Anda kapanpun jika ingin. Apabila di ponsel Anda belum berjalan otomatis, silahkan aktifkan terlebih dahulu supaya mendapat informasi waktu dengan benar.

Ikuti langkah-langkah mudah berikut ini untuk melakukan setting jam di HP Samsung secara otomatis

  • Pertama, siapkan HP Samsung milik Anda
  • Lalu buka menu Pengaturan di HP
  • Kemudian pilih opsi Manajemen Umum
  • Selanjutnya, klik menu Tanggal dan Waktu
  • Klik opsi Otomatis
  • Fungsinya untuk mengaktifkannya
  • Selesai

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah diatas, sekarang jam di HP Samsung akan menyesuaikan secara otomatis. Fitur ini berguna untuk memastikan jam yang ada di ponsel akurat sesuai zona waktu masing-masing.

Mengatur Jam di HP Samsung Manual

Selain mengaktifkan pengaturan jam di HP Samsung dengan otomatis, Anda juga bisa melakukan pengaturan secara manual. Dengan begitu Anda bisa menyesuaikan sendiri sampai detail kecil. Yaitu menyamakan menit dengan jam di HP lain.

Ikuti panduan singkat berikut ini untuk cara setting jam di HP Samsung secara manual

  • Pertama, ambil HP Samsung Anda
  • Buka menu Pengaturan di ponsel tersebut
  • Kemudian pilih opsi Manajemen Umum
  • Selanjutnya, klik tombol Tanggal dan Waktu
  • Kemudian klik Zona Waktu
  • Segera pilih Edit
  • Atur waktunya
  • Selesai

Melalui menu tersebut, Anda bisa mengedit tanggal, maupun mempercepat dan memperlambat jam. Tentunya semua bisa dilakukan dengan mudah.

Penting untuk menyesuaikan waktu dengan teliti, karena jika ada kesalahan maka itu bisa mengganggu beberapa fungsi di HP Samsung. Seperti tidak bisa mengakses internet dan gagal mengirim chat WhatsApp.

Cara Mengubah Format Waktu 24 Jam HP Samsung

Di beberapa HP Samsung, waktu yang ditampilkan mungkin masih memakai format AM dan PM. Sebagai orang Indonesia yang terbiasa mengenali waktu 24 jam, tentu format seperti itu dirasa merepotkan dan bikin bingung.

Untuk mengubah waktu di HP Samsung menjadi format 24 jam Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka menu Settings di HP Samsung
  • Klik General Management
  • Kemudian klik tombol Date and Time
  • Selanjutnya, aktifkan opsi Use 24-hour format
  • Apa ingin menonaktifkan format waktu 24 jam?
  • Anda tinggal menggeser slide ke kiri
  • Selesai

Aplikasi Widget Jam Terbaik di Android yang Bagus

Setelah mengetahui cara mengatur jam di HP Samsung, sekarang kami akam melengkapi ulasan ini dengan beberapa aplikasi widget jam untuk Anda. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif apabila Anda terlalu bosan dengan tampilan jam yang biasa saja.

Clock Live Wallpaper

Clock Live Wallpaper adalah aplikasi widget jam analog yang menawarkan pilihan lengkap dan pastinya menarik. Disini Anda bisa memilih tampilan jam seperti wallpaper berbentuk analog dan bergerak.

Di aplikasi Clock Live Wallpaper Anda dapat menentukan ukuran jam sesuai selera. Terdapat tiga pilihan ukuran, seperti medium, small, dan large. Tidak cukup sampai disitu, Anda juga dapat menentukan warna favorit untuk ditampilkan di jam analog tersebut.

Apabila kurang suka dengan bentuk tulisannya, Anda bisa mengganti dengan font sesuai selera. Bagaimana, komplit banget bukan? Buruan pasang aplikasi Clock Live Wallpaper lewat link yang ini.

LED Digital Clock LiveWP

Aplikasi widget jam di Android berikutnya adalah LED Digital Clock LiveWP. Sesuai namanya, aplikasi ini akan menampilkan jam digital di layar HP Samsung sebagai wallpaper. Tentu ada banyak kustomisasi yang bisa dilakukan oleh Anda.

Pertama, Anda dapat merubah warna jam digital dan mengatur ukurannya. Bahkan format waktu sekalipun bisa disesuaikan bagaimana baiknya lewat LED Digital Clock LiveWP. Penasaran? Yuk pasang LED Digital Clock LiveWP dari sini.

Neon Digital Clock Wallpaper

Apakah Anda menyukai segala sesuatu yang warna-warni dan berkilauan? Kalau begitu, percantik tampilan jam di HP dengan aplikasi Neon Digital Clock Wallpaper. Pengguna bisa memilih sendiri wallpaper berupa jam digital berwarna terang mirip seperti neon. Adapun pilihan warnanya terdiri dari biru, hijau dan pink.

Neon Digital Clock Wallpaper memungkinkan setiap pengguna untuk mengatur waktu, menyesuaikan warna, ukuran jam dan kilauan di jam digitalnya. Segera pasang aplikasinya dari link yang ini.

Digital Clock Live Wallpaper

Terakhir, Anda bisa menginstall aplikasi Digital Clock Live Wallpaper yang tidak kalah menarik dan fiturnya sama-sama lengkap. Pengguna dapat merubah ukuran jam, warna, background dan bahkan format waktu.

Selain menampilkan jam digital, Anda bisa juga melihat persentase baterai yang tersisa. Atur sendiri kapan ingin memunculkan atau menyembunyikan widget. Jangan tunda untuk memasangnya dari sini.

Baiklah cukup sampai disini dahulu pembahasan tentang cara mengatur jam di HP Samsung berbagai seri secara mudah dan cepat. Jika memang tertarik untuk mencoba, kami juga merekomendasikan beberapa nama widget jam untuk dipasang di HP Android milik Anda. Selamat mencoba!