Cara Mengedit Video di CapCut [Mudah TAPI Maksimal] AUTO VIRAL!

Advertisements
Cara Mengedit Video di CapCut Yang Lagi Viral Untuk Pemula Tanpa Template dan Dengan Template
Cara Mengedit Video di CapCut Yang Lagi Viral Untuk Pemula Tanpa Template dan Dengan Template

Mengedit Video di CapCut – Saat ini ada banyak sekali aplikasi edit video yang bisa Anda gunakan. Pada umumnya setiap aplikasi ini memiliki ciri khas masing-masing. Selain ciri khas, biasanya orang juga akan melihat fitur yang ditawarkan serta mudah tidaknya aplikasi tersebut digunakan.

Advertisements

Pada umumnya, orang lebih menyukai aplikasi yang simpel. Nyatanya meski menggunakan aplikasi sederhana, tapi banyak orang bisa membuat video yang menarik dan banyak ditonton seperti video-video viral di TikTok. Penasaran? Aplikasi tersebut adalah aplikasi CapCut. Buruan download!

Aplikasi Capcut banyak digunakan oleh pengguna TikTok untuk mengedit video. Cara penggunaannya yang mudah membuat orang menyukainya. Anda pun juga pasti bisa membuat video menarik seperti yang orang lain buat. Makanya segera simak cara mengedit video di Capcut yang lagi viral dibawah ini.

Apa Itu Aplikasi Capcut?

Sebenarnya banyak orang ingin membuat video dan upload di TikTok. Tapi kebanyakan dari mereka tidak tau harus menggunakan aplikasi apa untuk editing di HP. Nah Anda bisa mengedit video di HP menggunakan Capcut.

Beberapa kelebihan dari aplikasi Capcut adalah mudah digunakan dan dapat dipakai di HP. Jadi Anda bisa menggunakan Capcut untuk edit video dimana saja dan kapan saja asalkan ada HP digenggaman tangan Anda.

Oleh karena itu, dengan Capcut Anda bisa edit video untuk TikTok maupun untuk di upload ke sosial media yang lain. Capcut memang sebuah aplikasi editing video yang punya banyak fitur untuk mengedit video. Jadi sekalipun Anda mengedit video menggunakan HP Android, tapi hasil editan Anda tetap terlihat bagus.

Ada beberapa fitur menarik yang umum digunakan para pengguna Capcut, diantaranya adalah fitur potong video klip, fitur untuk memasang stiker, fitur untuk menambahkan backsound musik, fitur untuk mengatur posisi video, dan masih banyak fitur penunjang yang lain.

Dengan banyaknya fitur untuk edit video tersebut, maka Anda bisa membuat video dengan cepat hanya memakai satu aplikasi yaitu aplikasi Capcut.

Dan lebih praktisnya lagi, aplikasi ini sudah terhubung dengan berbagai media sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dll. Dengan begitu, hasil video yang Anda edit bisa langsung di upload ke media sosial.

Didalam penggunaan Capcut, Anda dapat mengerjakan edit video dengan multi timeline. Dengan begitu, maka Anda akan lebih mudah untuk menempatkan file. Selanjutnya, Anda tinggal menambahkan berbagai elemen video serta fitur-fitur yang ada sesuai dengan tema video yang dibuat.

Cara Download dan Instalasi Capcut

Seperti kita ketahui, kebanyakan sosial media saat ini mengutamakan konten video sebut saja TikTok, Instagram, Facebook, dll. Dengan hadirnya Capcut sebagai aplikasi editing video di HP, maka Anda bisa dengan mudah membuat video untuk di unggah ke berbagai media sosial tersebut.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Capcut untuk edit video TikTok, maka Anda harus melakukan download dan memasang aplikasi ini terlebih dahulu di HP Android. Ikuti beberapa langkah dibawah ini.

Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Capcut ini memiliki versi gratis dan versi berbayar. Beberapa hal yang jadi perbedaan kedua versi tersebut diantaranya untuk Capcut versi gratis, terdapat banyak iklan yang bisa mengganggu kenyamanan Anda saat melakukan editing video.

Sedangkan untuk versi pro, tidak ada iklan yang muncul. Selain itu, ada watermark pada hasil video editan menggunakan aplikasi Capcut versi gratis. Tapi jika Anda upgrade Capcut ke versi pro, maka tidak ada watermark pada video yang dihasilkan.

Cara Edit Video di Capcut Untuk Pemula

Diatas sudah disebutkan berulangkali bahwa aplikasi Capcut sangat mudah digunakan, bahkan oleh Anda yang masih awam. Banyak video viral yang ada di TikTok, Reels Instagram, dll juga dibuat oleh orang awam yang minim pengetahui tentang editing video. Jadi pastikan Anda berani untuk mencoba.

Untuk mulai mengedit video di Capcut, Anda bisa mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Capcut yang sudah Anda instal
  • Di menu New Project tekan icon +
  • Cari dan pilih video yang ingin di edit
  • Pilih Add
  • Video akan ditambahkan di Capcut
  • Tunggu sebentar
  • Akan tampil halaman Editor
  • Anda bisa menambahkan video lain
  • Caranya tekan icon + seperti diatas
  • Tambahkan lagu di video
  • Caranya pilih icon Audio
  • Pilih lagu yang Anda suka
  • Pilih Sound
  • Pilih lagu ke Your Sound
  • Atur timeline agar lagu sesuai
  • Jangan lupa mute suara video asli
  • Tambahkan ornamen lain
  • Misalnya stiker, efek, teks, dll
  • Jika sudah, export video
  • Perhatikan area kanan layar
  • Pilih Export
  • Pilih Frame rate
  • Pilih Resolusi
  • Tekan Export
  • Tunggu proses Export
  • Pilih Done
  • Selesai

Setelah selesai membuat video, Anda bisa langsung memilih untuk melakukan share di media sosial favorit Anda seperti TikTok, IG, FB, dll.

Kelebihan Capcut Untuk Mengedit Video

Aplikasi video editing Capcut memilih berbagai kelebihan sehingga layak digunakan untuk mengedit video untuk Anda yang masih pemula maupun yang sudah ahli (expert). Beberapa kelebihan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Fitur

Aplikasi Capcut memiliki fitur yang sangat banyak. Diantaranya adalah fitur sticker, font, filter, efek, template, dll. Dengan aneka macam fitur tersebut, tentu membuat video menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Efek

Meskipun sederhana dan ukurannya kecil, tapi Capcut memiliki 5 efek yang bisa membuat video Anda makin keren. Beberapa efek tersebut ialah efek film, efek transisi, efek dreamy, efek dramatic, dll. Sesuaikan tema video yang Anda buat dengan pilihan efek yang ada.

Animasi

Agar video Anda semakin bagus dan banyak disukai orang, Anda bisa bermain-main dalam hal kreativitas. Ada banyak animasi yang bisa ditambahkan ke dalam video Anda, agar video makin unik.

Filter

Selain itu ada pula pilihan filter yang siap Anda gunakan. Diantaranya ada filter warna, kehangatan, dan juga filter kecerahan.

Green Screen

Aplikasi Capcut memang tidak sekompleks aplikasi edit video lain seperti Kinemaster. Tapi Capcut sendiri sudah mendukung banyak fitur. Diantaranya ialah fitur green screen. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat video yang beda dari biasanya.

Demikianlah ulasan kami tentang Cara Mengedit Video di CapCut yang juga digunakan untuk pemula maupun untuk tugas sekolah. Anda bebas bisa mengedit video di Capcut tanpa template maupun menggunakan template. Manfaatkan aplikasi Capcut ini. Cukup dari HP Android Anda bisa edit video menarik.