Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Download

Advertisements
Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Download di HP Android
Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Download di HP Android

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download perlu diketahui bagi yang tidak sengaja menghapus sebuah aplikasi di HP Vivo, Samsung, Infinix, Oppo, Xiaomi, Realme, Lenovo, ASUS, Pocho, dan HP Android lain. Meski aplikasi tersebut dapat diunduh kembali, namun ada baiknya jika aplikasi dapat dikembalikan.

Bagaimana bisa aplikasi dapat didapatkan kembali tanpa perlu diunduh balik? Ternyata, smartphone diam-diam menyimpan data backup jika sewaktu-waktu aplikasi terhapus secara tidak sengaja. Data inilah yang nantinya akan dipulihkan.

Dengan metode ini, bahkan bagi Anda yang sedang tidak memiliki kuota untuk mengunduh ulang, dapat mengembalikan aplikasi yang hilang. Anda tidak akan perlu khawatir lagi jika aplikasi yang dimiliki terhapus, baik itu sengaja atau tidak sengaja.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Download

Lantas, seperti apa cara menginstall ulang aplikasi yang terhapus tanpa download? Setiap kategori aplikasi ternyata mempunyai metode berbeda-beda. Sebagai contoh, aplikasi WhatsApp yang memiliki data kontak dan chat, tentunya membutuhkan cara yang berbeda.

Namun untuk aplikasi yang di install melalui Play Store, dapat dipulihkan langsung dari sumber yang sama. Berikut penjelasan lengkap mengenai cara mengembalikan aplikasi disertai langkah-langkahnya.

Pasang Aplikasi D-Back for Android

Untuk aplikasi WhatsApp, Anda membutuhkan aplikasi khusus yang bernama iMyFone D-Back for Android. Tidak hanya untuk mengembalikan data dan dokumen yang hilang, aplikasi ini juga digunakan untuk memulihkan data WhatsApp.

Baca juga : Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Android Tanpa PC

Data WhatsApp yang terpulihkan meliputi media, chat, hingga stiker yang biasa digunakan pada aplikasi tersebut. Begini langkah-langkah menggunakan iMyFone D-Back untuk memulihkan aplikasi WhatsApp yang tidak sengaja terhapus.

  • Mula-mula, download iMyFone D-Back for Android di komputer atau laptop
  • Anda bisa mendapatkan aplikasi tersebut melalui link yang ini
  • Segera lakukan instalasi iMyFone D-Back for Android
  • Ikuti instruksi setup yang diberikan
  • Lalu jalankan software setelah proses instalasi selesai
  • Pada halaman utama, pilih Recover Phone Data
  • Fungsinya untuk mengembalikan data-data pada WhatsApp
  • Sambungkan smartphone dengan komputer atau laptop
  • Caranya dengan menggunakan kabel penghubung
  • Pastikan smartphone sudah di unlock terlebih dahulu
  • Pastikan smartphone terdeteksi
  • Kemudian tekan Start
  • Sekarang tunggu hingga proses scanning selesai
  • Terakhir, tinggal pilih data yang ingin dipulihkan
  • Termasuk data pada WhatsApp
  • Selesai

Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Download

Untuk kebanyakan aplikasi, cara memasang kembali aplikasi yang terhapus tanpa download adalah melalui Google Play Store. Seperti yang diketahui, Play Store menyimpan seluruh informasi mengenai aplikasi pada smartphone.

Selain itu, untuk mengunduh, menginstall, dan memperbarui aplikasi, semuanya juga dilakukan melalui Google Play Store. Maka dari itu, untuk memulai proses pemulihan aplikasi yang terhapus, bukalah Google Play Store pada smartphone Android.

Perlu diingat, jika aplikasi yang di install melalui situs pihak ketiga mungkin tidak akan terdeteksi di Google Play Store. Sehingga, satu-satunya cara adalah menggunakan aplikasi pemulih seperti aplikasi di atas.

Buka Pengaturan Akun di Google Play Store

Pada halaman utama Google Play Store, akan terlihat berbagai pilihan seperti biasa. Tetapi, opsi yang akan digunakan kali ini adalah tombol ikon dengan profil picture akun Google yang Anda gunakan.

Ketuk gambar profile picture akun Google tersebut, lalu pilih opsi pengaturan yang baru yaitu “Kelola aplikasi & perangkat”. Disinilah nantinya informasi mengenai aplikasi tersedia.

Akses My Apps & Games

Pada tahap selanjutnya, perhatikan kolom atas di bawah tulisan “Kelola aplikasi & perangkat”. Secara default, halaman yang dimunculkan adalah Ringkasan. Karenanya, pilih opsi Kelola untuk melihat informasi seluruh aplikasi.

Kolom “My Apps & Games” atau “Aplikasi & Game” akan tampak pada layar selanjutnya. Saat ini, Google Play Store hanya menampilkan aplikasi-aplikasi yang saat ini ada dan tersedia di smartphone.

Maka itu, untuk memperlihatkan aplikasi yang terhapus, ketuk tombol dengan tulisan Diinstall. Kemudian, pilih opsi Tidak Diinstall pada layar bagian bawah.

Masuk ke Library

Berikutnya, seluruh informasi mengenai aplikasi-aplikasi yang pernah diinstall di smartphone dengan akun Google ini akan ditampilkan. Hal ini termasuk aplikasi yang sebelumnya terhapus secara tidak sengaja.

Mengapa bisa? Hal tersebut karena Play Store masih menyimpan sebagai data tentang aplikasi pada penyimpanan internal smartphone. Jadi, aplikasi tersebut masih dapat diinstall kembali meski telah dihapus.

Selain menyimpan aplikasi yang pernah diinstall pada smartphone, Library juga dapat menghapus aplikasi secara permanen. Karena itu, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan dengan benar.

Perlu diingat jika aplikasi yang dipulihkan akan mengikuti versi terakhir sesuai kapan aplikasi tersebut terhapus. Sehingga untuk menggunakannya, aplikasi mungkin perlu diperbarui terlebih dahulu agar berfungsi semestinya.

Cara Mengembalikan Aplikasi Yang Terhapus Tanpa Download di Android

Untuk tahap terakhir cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download, tinggal centang kotak yang diberikan pada pilihan aplikasi, lalu ketuk tombol Install pada kolom atas.

Setelah aplikasi selesai diinstall, pastikan untuk mengecek aplikasi yang sudah dikembalikan terlebih dahulu. Pada sebagian aplikasi seperti games, aplikasi akan memberikan opsi pemulihan data setelah aplikasi dimainkan sebentar dari awal.

Baca juga : Aplikasi Recovery Data Gratis Terbaik

Karena itu, agar hal tersebut tidak terulang kembali, pastikan untuk lebih berhati-hati. Simpan aplikasi berharga serta data-data di dalamnya dengan baik.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download di HP Android berbagai merk seperti HP Vivo, Oppo, Samsung, Xiaomi, Infinix, Lenovo, Realme, Pocho, dll. Sangat menguntungkan ketika Google Play Store masih memberikan kesempatan untuk memulihkan aplikasi yang terhapus.