Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Advertisements
Cara Mengembalikan Chat WA WhatsApp Yang Terhapus Sebelum Backup
Cara Mengembalikan Chat WA WhatsApp Yang Terhapus Sebelum Backup

Bingung cari cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus sebelum di backup? Kadang kita ceroboh sehingga pesan WA terhapus. Ada beberapa cara memulihkan chat WA yang sudah dihapus di HP baru, baik di Android atau iPhone.

Ketika berkirim pesan melalui aplikasi WhatsApp, seringkali ada informasi penting didalamnya. Informasi tersebut dapat berupa tulisan, gambar, foto, ataupun video. Pada umumnya orang tidak ingin kehilangan pesan WA yang dianggap penting. Namun bagaimana jika chat WA tersebut terhapus sebelum di backup?

Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir. Alasannya adalah karena WhatsApp menyediakan beberapa cara mengembalikan chat WA yang sudah dihapus. Kabar baiknya lagi adalah cara mengembalikan chat WA yang hilang terbilang mudah. Berikut ini adalah beberapa cara mengembalikan pesan WA yang hilang.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus Lama

Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa solusi bagi Anda yang sedang mencari cara mengembalikan chat WA yang hilang. Ada cara yang kami tujukan bagi Anda yang sudah melakukan backup pesan. Adapula cara yang kami tujukan bagi Anda yang belum sempat melakukan backup. Dan masih ada cara-cara yang lain.

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus Lewat Google Drive

Diatas sudah kami katakan bahwa aplikasi WhatsApp memiliki fitur untuk mengembalikan pesan yang hilang. Tetapi untuk dapat menggunakan fitur tersebut, Anda harus mengaktifkannya fitur backup pesan terlebih dahulu. Selanjutnya scara berkala aplikasi WA akan melakukan backup pesan Anda. Apabila history pesan Anda hilang, Anda hanya perlu melakukan restore untuk mengembalikan pesan WhatsApp yang hilang.

Baca juga : Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Dalam 1 HP

Aplikasi chat WhatsApp memiliki setting default yakni menyimpan backup pesan di memori internal smartphone Anda. Tapi WA juga mendukung layanan cloud backup. Pengguna Android dapat melakukan backup chat di Google Drive, sedangkan pengguna iPhone dapat melakukan backup pesan di iCloud.

Nah bagaimana cara mengembalikan chat WA yang dicadangkan menggunakan layanan backup? Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Buka aplikasi WhatsApp. Pilih simbol titik 3 dipojok kanan atas. Lalu pilih “Settings”. Pilih “Chats”. Pilih “Chat backup”. Selanjutnya, dikolom “Google Account” masukkan akun google Anda. Ketuk “Back up to Google Drive” untuk menentukan seberapa sering aplikasi WhatsApp melakukan backup.

Anda dapat memilih “Never” agar aplikasi WA tidak melakukan backup chat Anda. Ada pula pilihan “Only when I tap Back up” jika Anda ingin menggunakan layanan backup ini secara manual. Selain itu tersedia pula pilihan “Daily”, “Weekly”, ataupun “Monthly”.

Masih pada halaman yang sama, Anda dapat menentukan pilihan “Back up over” untuk melakukan backup dengan jaringan selular atau hanya pada saat terhubung dengan WiFi. Anda juga dapat melakukan pengaturan mengenai backup pesan video pada menu “Include videos”. Setelah selesai mengatur semuanya, sekarang lakukan backup dengan menekan tombol “Back Up” berwarna hijau.

Kini Anda dapat menghapus aplikasi WhatsApp dan install kembali. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut. Setelah melakukan pengaturan awal, WhatsApp akan mengetahui di smartphone Anda terdapat file backup WA. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengembalikan chat WA Anda. Tekan tombol “Restore”. Semua chat Anda telah dipulihkan. Selesai.

Penyebab Gagal Mengembalikan Chat WhatsApp (WA) Yang Terhapus

Pada beberapa kasus, Anda bisa saja mengalami kegagalan restore saat mengembalikan pesan WhatsApp baik dari Google Drive maupun memori internal. Dibawah ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Anda menggunakan akun Google yang berbeda dengan akun Google Drive yang digunakan untuk menyimpan backup. Anda menggunakan nomor telepon yang berbeda dengan yang digunakan saat melakukan backup. File riwayat chat rusak atau corrupted sehingga pesan chat WA tidak dapat dipulihkan.

Melihat Chat WA Yang Tidak Di Backup

Jika Anda sudah melakukan backup, mengembalikan pesan WhatsApp yang terhapus akan terlihat sangat mudah. Tetapi bagaimana kalau Anda belum sempat melakukan backup? Adakah cara mengembalikan chat WhatsApp yang tidak di backup? Ternyata ada.

Untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus dan belum dibackup, Anda harus menggunakan fitur “Export Chat”. Hasil dari export chat ini adalah file berbentuk .txt. Perlu diketahui bahwa fitur export ini hanya dapat digunakan untuk satu percakapan. Jika Anda ingin menyimpan 3 percakapan, maka Anda harus melakukan 3 kali export.

Nah berikut ini adalah cara mengembalikan chat wa yang hilang tanpa dicadangkan. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Buka aplikasi WhatsApp. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas. Pilih “Settings”. Pilih “Chats”. Pilih “Chat history”. Pilih “Export chat”. Selanjutnya pilih percakapan mana yang hendak Anda export untuk kemudian disimpan.

Baca juga : Ciri-Ciri WhatsApp Disadap Dan Cara Mengatasinya

Setelah memilih percakapan yang hendak disimpan, Anda akan ditanya apakah hendak menyimpan history percakapan dengan media atau tidak. Berikutnya tentukan kemana Anda hendak mengexport file percakapan tersebut, bisa ke di export ke WhatsApp lagi, Save to Drive, Gmail, Messages, dll. Sebagai contoh file akan di export ke Google Drive.

Setelah Anda memilih “Save to Drive” maka file chat WA akan langsung di export ke folder Google Drive milik Anda. Seperti sudah kami katakan, file history chat WA tersebut disimpan dalam bentuk text (.txt).

Cara Memulihkan Chat WA Yang Sudah Dihapus Lama

Setelah melihat 2 cara diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa cara paling mudah mengembalikan chat WhatsApp ke ponsel baru adalah dengan memanfaatkan backup yang ada di Google Drive. Namun pada umumnya, backup Google Drive hanya menyimpan backup terbaru.

Lantas bagaimana jika kita ingin mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama? Semua tetap ada jalan keluarnya. Hanya saja Anda perlu mengetahui dimana letak folder penyimpanan database WhatsApp pada smartphone Anda. Apakah di memori eksternal (kartu SD) atau di memori internal.

Jika Anda memakai SD card, Anda bisa coba mencarinya di “sdcard/WhatsApp/Databases”. Kalau tidak ada, berarti database WA ada di memori internal Anda. Ketahui lokasi pastinya. Selanjutnya ikuti langkah berikut.

  • Download aplikasi File Manager lewat sini.
  • Buka aplikasi File Manager.
  • Masuk ke lokasi database WhatsApp.
  • Cari file msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12.
  • Anda mungkin menjumpai file dengan nama sejenisnya.
  • Ubah nama file tersebut menjadi msgstore.db.crypt12.
  • Hapus atau uninstall aplikasi WhatsApp.
  • Install kembali aplikasi WhatsApp.
  • Buka aplikasi WhatsApp.
  • Selesaikan pengaturan awal.
  • Aplikasi WA mengenali ada file backup.
  • Pilih “Restore”.
  • Selesai.

Didalam folder database, carilah file dengan nama “msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12” atau yang mirip-mirip. Biasanya history percakapan yang lebih lama bisa memiliki kode yang berbeda, bisa crypt10, crypt9, dst.

Untuk cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus di iPhone atau (iOS) kurang lebih memiliki cara yang sama. Anda bisa mencobanya sama seperti cara memulihkan pesan WA yang hilang pada ponsel Android. Cara mengembalikan chat wa yang hilang karena ganti hp juga sama. Dengan catatan HP baru Anda itu memiliki sistem operasi yang sama. Misal dari HP Android ganti HP baru ke HP Android. Atau dari HP iOS ke HP iOS.

Bagaimana kalau Anda berencana ganti HP dari Android ke iPhone atau sebaliknya dan ingin mengembalikan chat WA Anda? Hal ini masih belum bisa dilakukan. Backup chat WA dari HP Android akan dicadangkan ke akun Google Drive. Sedangkan backup pesan WA dari HP iOS akan dicadangkan ke akun iCloud. Meskipun begitu, sepertinya sudah ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda.

Baca juga : Cara Mengatasi WhatsApp Yang Diblokir Sementara & Permanen

Selama menggunakan aplikasi chat WhatsApp, pasti Anda pernah mengalami ketika teman Anda menghapus pesan yang sudah dikirim. Padahal Anda belum sempat membacanya. Pasti Anda merasa penasaran kan? Tenang saja, Anda bisa membaca ulasan kami tentang cara melihat pesan WhatsApp yang dihapus. Jadi Anda tetap bisa mengetahui apa yang sudah dikirim oleh teman Anda itu.

Itulah panduan cara mengembalikan chat WA yang sudah dihapus tanpa aplikasi. Semua ada jalan keluarnya yang penting Anda sehingga Anda tidak perlu panik jika history pesan WA penting Anda terhapus. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan dapat langsung menuju kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba!