Ciri-Ciri WhatsApp Disadap Dan Cara Mengatasinya

Curiga akun WA Anda di hack orang? Bagaimana cara mengetahui WhatsApp disadap hacker dari jarak jauh? Simak ulasan kami kali ini untuk mengetahui ciri-ciri WhatsApp disadap dan cara mengatasinya supaya WA di HP Android dan iPhone tidak disadap.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Orang Lain Dari Jarak Jauh

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Orang Lain Dari Jarak Jauh

Saat ini, WhatsApp bisa dibilang sudah menjadi aplikasi chatting terpopuler di dunia. Banyak sekali orang yang memakai aplikasi ini. Oleh karena itu, banyak pula informasi ataupun data penting yang telah dikirim menggunakan WhatsApp.

Melihat hal tersebut, tentunya ada pula pihak yang membuat aplikasi dengan tujuan untuk menyadap pesan yang dikirim melalui WhatsApp. Hal ini tergolong tindak kejahatan siber atau biasa disebut cyber crime. Dan tentunya kasus WhatsApp yang diretas dapat menimpa siapa saja.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Beserta Ciri-Ciri WA Di Hack

Ada banyak cara yang dapat digunakan hacker untuk menyadap WhatsApp Anda. Misalnya saja menyadap WhatsApp dengan WhatsApp Web, memakai jaringan Wifi, atau menggunakan aplikasi tertentu seperti WhatsWeb. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca juga ulasan kami tentang aplikasi penyadap WhatsApp dan cara menggunakannya.

Tentunya penting bagi kita untuk melindungi privasi akun WhatsApp agar hal-hal pribadi kita tidak sembarangan bisa diketahui orang lain. Lebih parahnya, akun WhatsApp kita justru bisa salah gunakan untuk melakukan tindak kriminal misalnya untuk menipu orang.

Ciri-Ciri WhatsApp Di Hack Antara Lain Chat WA Terbaca Otomatis

Pesan Langsung Terbaca Centang Dua Biru Itu Ciri Ciri WA Disadap

Pesan Langsung Terbaca Centang Dua Biru Itu Ciri Ciri WA Disadap

Biasanya kita mulai menyadari bahwa akun WA kita sedang di hack ketika muncul aktivitas aneh di WhatsApp kita. Ciri akun WA di hack yang pertama ialah ketika ada chat masuk, Anda yakin belum membukanya, tapi chat tersebut sudah ditandai terbaca atau memiliki 2 centang biru.

Kemungkinan besar akun WhatsApp Anda sedang disadap dari jarak jauh. Ada orang lain yang dapat mengakses smartphone Anda dan membaca chat yang masuk. Itulah cara mengetahui WhatsApp disadap yang pertama.

Pesan WhatsApp Otomatis Terkirim Adalah Tanda WhatsApp Di Hack

Ciri yang kedua ini mirip dengan ciri akun WhatsApp disadap yang pertama tadi. Hanya saja kali ini aktivitas aneh yang terjadi adalah ada pesan yang terkirim tapi Anda yakin bukan Anda yang mengirim pesan tersebut. Anda harus mulai berhati-hati jika hal ini terjadi pada akun WhatsApp Anda.

Cara Mengetahui WhatsApp Disadap Antara Lain Akun WhatsApp Log Out Sendiri

Hati Hati Apabila WhatsApp Sering Log Out Atau Forced Close

Hati Hati Apabila WhatsApp Sering Log Out Atau Forced Close

Pernahkah akun WhatsApp tiba-tiba log out sendiri? Sebagian besar orang menganggap hal tersebut wajar karena apliksasi WA mengalami crash. Tetapi bisa saja hal itu merupakan tanda bahwa akun WhatsApp Anda sedang dibuka di smartphone yang lain.

Sampai saat ini, WhatsApp tidak mengijinkan kita untuk mengaktifkan 1 nomor WA pada 2 smartphone yang berbeda. Oleh karena itu Anda perlu waspada jika sering terjadi forced close pada aplikasi WA Anda.

Terdengar Suara Bising Ketika Telepon WA

Ciri-ciri WA disadap yang selanjutnya adalah bila terdengar suara berisik ketika anda menelepon menggunakan Whats App. Anda perlu memperhatikan hal ini saat melakukan voice call ataupun video call. Waspadalah jika terdengar suara bising saat menelepon memakai aplikasi WA. Suara bising tersebut biasanya ditimbulkan oleh aplikasi penyusup yang dipakai untuk menyadap akun WA Anda.

Tidak Bisa Telepon Memakai WhatsApp

Pada beberapa kasus, WhatsApp yang sedang dibajak tidak bisa digunakan untuk menelepon. Jadi pastikan WA Anda bisa dipakai untuk menelepon ke akun WA lain.

Akun WhatsApp Web Aktif di Perangkat Lain

Cara Cek WA Di Hack Dari WhatsApp Web

Cara Cek WA Di Hack Dari WhatsApp Web

Ciri-ciri WhatsApp disadap yang berikutnya adalah muncul notifikasi bahwa ada yang memakai akun WhatsApp Anda melalui WhatsApp Web. Padahal Anda sedang tidak mengaktifkan WhatsApp Web di laptop atau komputer (PC). Anda dapat mengeceknya dengan cara dibawah ini.

Buka aplikasi WhatsApp. Pilih simbol tiga titik di pojok kanan atas. Lalu pilih “WhatsApp Web”. Nah selanjutnya Anda akan ditunjukkan informasi apakah akun WhatsApp Anda sedang aktif atau tidak. Informasi tentang WhatsApp Web tersebut biasanya juga muncul pada notifikasi bar di smartphone Anda.

Waspada WhatsApp Disadap Jika Suhu Smartphone Meningkat

Biasanya hacker dapat memata-matai aktivitas Anda dengan menyusupkan virus atau malware ke dalam file yang Anda download dari sumber yang tidak jelas. Meksipun Anda tidak melihatnya, namun virus atau malware tersebut terus beroprasi di smartphone Anda.

Hal ini akan membuat suhu smartphone Anda meningkat. Terkadang malah ada yang sampai overheat hingga smartphone menjadi hang. Anda perlu curiga apabila tanda-tanda smartphone Anda di hack ini terjadi.

Cara Mengecek WhatsApp Disadap Atau Tidak Dari Penggunaan Internet Yang Naik Drastis

Kuota Internet Cepat Habis Bisa Jadi WA Kena Hack

Kuota Internet Cepat Habis Bisa Jadi WA Kena Hack

Tanda WhatsApp Anda sedang dibajak yang berikutnya yakni ketika Anda merasa menggunakan internet secara normal, tapi kuota internet cepat habis. Jika hal ini terjadi, ada kemungkinan WA Anda sedang disadap dari jarak jauh. Anda harus cek secara manual melalui smartphone Anda.

Buka “Settings”. Pilih “Wireless & Networks”. Lalu pilih “Data Usage”. Dari sini Anda dapat melihat daftar aplikasi yang menggunakan kuota internet.

Konsumsi Baterai Sangat Boros

Waspada WhatsApp Disadap Jika Baterai Lekas Habis

Waspada WhatsApp Disadap Jika Baterai Lekas Habis

Selain kuota internet cepat habis, ciri WhatsApp disadap selanjutnya adalah ketika Anda menggunakan smartphone secara wajar tetapi baterai HP cepat habis. Tentunya hal ini berhubungan dengan virus atau malware yang disusupkan hacker ke smartphone Anda. Virus atau malware tersebut bekerja dibelakang layar sehingga menguras baterai ponsel Anda. Jika sudah begini, Anda dapat mencoba melacaknya dengan mengecek “Battery Usage” didalam menu “Settings”.

Bahaya Akun WhatsApp Disadap Atau Diretas

Pada umumnya, orang melakukan penyadapan dengan tujuan yang tidak baik. Akun WhatsApp yang dibajak dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentunya ada banyak kerugian jika akun WA Anda dibajak hacker. Berikut ini diantaranya.

  • Jika hacker tersebut teman sendiri, maka chat pribadi yang ada di WhatsApp dapat dijadikan bahan tertawaan.
  • Jika penyadap tersebut memang berniat jahat, isi pesan pribadi yang ada dalam akun WA tersebut dapat dijadikan alat untuk memeras.
  • Akun WA yang sudah diretas juga dapat dijadikan alat untuk menyebarkan berita palsu maupun memprovokasi orang lain.
  • Selain menyadap WhatsApp, biasanya hacker juga menyadap seluruh informasi didalam smartphone. Oleh karena itu informasi penting seperti username dan password email maupun data perbankan Anda bisa dicuri.

Terkadang juga ada orang yang berniat buruk, diantaranya ingin menghapus seluruh history percakapan WA beserta dengan file media didalamnya. Jika hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan cara mengembalikan history chat WhatsApp yang sudah dihapus. Dengan begitu Anda dapat mengembalikan semua pesan WA yang hilang beserta dengan gambar, foto, pesan audio, hingga video.

Cara Mengatasi Akun WhatsApp Yang Di Hack

Bagi Anda yang masih merasa smartphone dan akun WhatsApp Anda masih aman ataupun Anda yang sudah merasakan curiga dengan ciri-ciri WA disadap seperti diatas, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan. Cara mengatasi akun WhatsApp yang disadap antara lain dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Cara Mencegah WhatsApp Di Hack Dengan Menggunakan WhatsApp Resmi

Selain aplikasi WhatsApp resmi, ada banyak aplikasi yang tidak resmi yang banyak beredar. Sebut saja ada WhatsApp MOD. Selain WhatsApp MOD, ada pula aplikasi pelengkap WA seperti aplikasi untuk membuat stiker WA seperti yang sudah pernah kami ulas.

Aplikasi-aplikasi tersebut bukan bawaan resmi dari pihak WhatsApp dan bisa saja disisipi virus atau malware yang dapat digunakan untuk menyadap smartphone Anda. Jadi mulai sekarang hindari menggunakan WA yang tidak resemi.

Tingkatkan Sistem Keamanan Smartphone

Untuk mencegah WhatsApp dibajak orang, Anda dapat mengaktifkan sistem keamanan pada WhatsApp maupun smartphone. Anda dapat menggunakan password seperti password pola, PIN, maupun sidik jari (finger print). Hal ini dapat mempersulit hacker untuk menyadap smartphone ataupun akun WhatsApp Anda.

Cara Mencegah Akun WA Di Sadap Yaitu Aktifkan Verfikasi Dua Langkah

Cara Mengatasi WA Disadap Dengan Verifikasi 2 Langkah

Cara Mengatasi WA Disadap Dengan Verifikasi 2 Langkah

Untuk melindungi akun WhatsApp Anda dari penyadapan, Anda dapat menggunakan cara jitu yang satu ini. Jadi pihak WhatsApp sebenarnya sudah melengkapi aplikasi WA dengan sistem keamanan yang bernama 2 step verification atau fitur verifikasi dua langkah. Hanya saja fitur ini memang perlu diaktifkan terlebih dahulu.

Aktifkan Two Step Verification Untuk Mencegah WhatsApp Di Hack

Aktifkan Two Step Verification Untuk Mencegah WhatsApp Di Hack

Cara mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah ini sangat mudah. Buka aplikasi WhatsApp. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas. Pilih “Settings”. Pilh “Account”. Pilih “Two step verification”. Pilih tombol “Enable”. Lalu Anda akan diminta memasukan kode PIN beserta email pemulihan. Cegah WhatsApp disadap dengan fitur ini.

Log Out Dari WhatsApp Web

Kasus penyadapan WA paling sering terjadi menggunakan WhatsApp Web. Oleh karena itu, cara mencegah WhatsApp disadap menggunakan WhatsApp Web adalah dengan melakukan log out dari WhatsApp Web secara berkala. Hal ini penting dilakukan meskipun Anda tidak pernah menggunakan WhatsApp Web baik dari laptop maupun komputer (PC).

Log Out Dari WhatsApp Web Untuk Mengelakkan WhatsApp Di Hack

Log Out Dari WhatsApp Web Untuk Mengelakkan WhatsApp Di Hack

Cara melakukan log out dari WhatsApp Web yaitu buka aplikasi WhatsApp. Pilih simbol titik 3 di pojok kanan atas. Pilih “WhatsApp Web”. Pilh “Log out from all devices”. Lakukan langkah ini secara rutin misal seminggu sekali untuk memastikan tidak ada yang mengintip akun WhatsApp Anda menggunakan WhatsApp Web.

Menghindari Memakai WiFi Publik Untuk Mengelakkan WhatsApp Di Hack

Saat ini ada banyak tempat umum yang menyediakan WiFi publik. Semua orang ditempat tersebut dapat menikmati WiFi secara gratis. Namun, fasilitas ini sangatlah berbahaya dan rentan digunakan orang untuk menyadap akun WA ataupun smartphone. Jadi lindungi akun WhatsApp dan informasi penting di smartphone Anda dengan tidak menggunakan WiFi publik.

Demikianlah ulasan kami tentang cara mengetahui akun WA disadap lengkap dengan ciri-ciri WhatsApp disadap. Setelah membaca seluruh ulasan diatas, tentu Anda juga sudah mengetahui cara mencegah WhatsApp disadap oleh hacker dari jarak jauh. Lakukan tindakan pengamanan dari sekarang dan tetaplah waspada.

Leave a Reply